Teknik Mempelajari Cara Membuat Aplikasi Android dengan Coding Terlengkap

  • Whatsapp
membuat aplikasi android sederhana
membuat aplikasi android sederhana

Perkembangan aplikasi semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat. Aneka jenis aplikasi android mulai dari game, aplikasi standar maupun aplikasi lainnya kini banyak dikembangkan. Beragam fitur unggulan dengan konsep desain yang menarik semakin mempertegas bahwa aplikasi tersebut patut untuk dipilih dan dipergunakan. Kini, Anda pun bisa membuat beragam jenis aplikasi android tersebut dengan mudah. Cukup membuka tutorial membuat aplikasi android, Anda sudah bisa mempraktikkannya sendiri di rumah. Pembahasan lengkap mengenai hal tersebut akan disampaikan pada bab selanjutnya di artikel ini. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Tips Membuat Aplikasi Android Sederhana

membuat aplikasi android sederhana
membuat aplikasi android sederhana

Ketika Anda mempunyai sebuah keinginan untuk membuat aplikasi android yang sederhana, ada baiknya Anda membaca beberapa tips berikut ini.

Bacaan Lainnya

1. Kenali Jenis Aplikasi yang Akan Dibuat

Hal pertama yang menjadi dasar dan harus benar-benar Anda perhatikan adalah jenis aplikasi yang akan Anda buat. Pastikan Anda mengenal dengan baik jenis aplikasi harapan Anda, terkait fitur, kegunaan dan lain sebagainya karena akan menentukan bagaimana struktur pemrograman dan pembuatannya. Misalnya saja untuk jenis aplikasi jual beli sudah tentu akan berkaitan dengan sistem transaksi, fitur e-wallet dan lain sebagainya.

Hal ini akan berbeda ketika jenis aplikasi yang akan Anda buat adalah aplikasi musik, tentu harus menampilkan aneka jenis lagu, fitur online maupun offline dan lain sebagainya. Hal inilah yang harus Anda pahami dengan baik karena dapat menentukan kualitas dari aplikasi yang Anda buat. Pastikan aplikasi yang Anda buat dapat digunakan atau terhubung dengan platform lainnya.

2. Pilihlah Perangkat Lunak yang Tepat

Tips kedua yang harus Anda perhatikan adalah memilih perangkat lunak yang akan Anda gunakan untuk membuat aplikasi android sederhana. Lazimnya ketika seseorang akan membuat aplikasi, maka ia harus benar-benar memahami bahasa pemrograman atau coding. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir ketika Anda kurang memahaminya karena terdapat software khusus yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi android baik itu berbayar maupun gratis, seperti appery.io, iBuild, App Makr dan lain sebagainya.

3. Lakukan Uji Aplikasi yang Sudah Dibuat

Hal lain yang harus Anda perhatikan ketika akan membuat aplikasi android sederhana adalah melakukan uji aplikasi. Anda dapat menggunakan android Anda untuk mengujinya yang bertujuan untuk memastikan apakah ada bug atau tidak dalam aplikasi yang dimaksud. Anda dapat melakukan uji tersebut tidak hanya satu kali saja untuk memaksimalkan efektivitas.

4. Kenali Pangsa Pasar

Ketika Anda akan membuat aplikasi android, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu siapa sasaran yang ingin Anda tuju. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran fitur maupun tampilan yang harus disajikan dalam aplikasi.

5. Pilih Material Design yang Tepat

Disamping keempat hal sebelumnya, tips selanjutnya berkaitan dengan pemilihan desain yang tepat. Pastikan untuk menjadikan aplikasi yang Anda kembangkan dapat dipilih oleh masyarakat. Untuk itu, Anda harus membuatnya terlihat berbeda dibandingkan dengan yang lain melalui penyajian fitur yang lengkap.

4 Cara Membuat Aplikasi Android dengan Coding

cara membuat aplikasi android dengan coding
cara membuat aplikasi android dengan coding

Terdapat beberapa pilihan yang harus Anda tempuh untuk bisa membuat sebuah aplikasi android. Salah satu langkah yang bisa Anda coba adalah menggunakan teknik membuat aplikasi android dengan coding. Berikut ini adalah tools yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Xamarin

Jenis tools pertama yang bisa Anda coba adalah xamarin. Tools ini bisa digunakan untuk membuat aneka aplikasi android, ios maupun windows phone. Xamarin memiliki dua jenis IDE yakni xamarin yang sudah terintegrasi dengan xamarin studio maupun microsoft visual studio. Masing-masing jenis tersebut sangat bermanfaat bagi para programer yang menguasai bahasa pemrograman C# karena memungkinkan aplikasi dapat terhubung ke berbagai platform. Xamarin sebagai salah satu cara pembuatan aplikasi android dengan coding memiliki keunggulan dibandingkan dengan platform lainnya yakni memperbolehkan Anda untuk membuat aplikasi native ios dan android yang berasal dari visual studio.

2. Android Studio

Android studio merupakan salah satu tools yang bisa Anda coba untuk membuat aplikasi android. Tools ini merupakan pengembang aplikasi android berdasarkan intellij IDEA. Salah satu keunggulan dari android studio adalah terdapat dukungan dari google cloud platform, yang memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan google cloud messaging dan app engine.

3. Eclipse

Merupakan bagian dari Integrated Development Environtment (IDE), eclipse merupakan suatu tools pengembang aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai jenis bahasa pemrograman, seperti javascript, php, python, Abap, C++ dan lain sebagainya. Untuk bisa menggunakannya diperlukan adanya lingkungan pengembang, seperti eclipse java JDT untuk java dan scala. Melihat kelengkapan fitur yang disediakan tak heran jika eclipse termasuk ke dalam cara membuat aplikasi android dengan coding yang paling diminati.

4. Apache Cordova

Aplikasi terakhir yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah apache cordova yang mendukung program android, ios, blackberry, dan windows phone. Selain hal tersebut, ternyata apache cordova juga mendukung aneka jenis bahasa pemrograman seperti javascript, css, dan html. Keunggulan dari tools ini adalah adanya penyediaan fitur API plug-in yang berfungsi untuk mengembangkan aneka jenis aplikasi android dengan baik.

Ragam Tutotial Membuat Aplikasi Android dengan Mudah

Setelah Anda menyimak beberapa jenis tools yang bermanfaat dalam proses pembuatan aplikasi android. Saat ini ada baiknya Anda mulai menyimak beberapa ragam tutorial cara membuat aplikasi android secara mudah.

1. Tutorial Aplikasi Kalkulator Sederhana

Tutorial yang pertama adalah pembuatan aplikasi kalkulator. Dalam proses pembuatannya Anda akan disajikan beberapa poin penting seperti pengaturan layout, icon, text, dan juga terkait pengkodingan java.

  • Untuk bisa membuat aplikasi android tersebut terlebih dahulu Anda harus masuk ke tools android studio, pilihlah kalkulator.
  • Selanjutnya lakukan perubahan ikon dan buat layout pada activity_main.xml.
  • Terakhir Anda bisa mengatur gaya letak tombol dengan memasukkan kode pemrograman tertentu.

2. Tutorial Membuat Splash Screen dengan Mudah

Mungkin Anda belum mengetahui secara betul apa itu splash screen. Perlu Anda ketahui bahwa splash screen merupakan tampilan utama layar ketika pertama kali membuka aplikasi, yang bisa berupa logo, nama aplikasi maupun lainnya. Untuk membuatnya Anda dapat menyimak tutorial membuat aplikasi android menggunakan android studio berikut ini.

  • Pertama, Anda akan diminta untuk membuat project baru dengan mengeklik creat new project. Ikuti segala langkah-langkah yang diinstruksikan oleh sistem.
  • Selanjutnya aturlah tata letak layout aplikasi pada activity_main.xml. Masukkan kode-kode pemrograman yang terkait dengan jenis aplikasi tersebut.
  • Ketiga, aturlah activity home dan activity style pada activity_home.xml dan activity_style.xml.
  • Jika sudah diatur secara keseluruhan, ikuti langkah splash screeen dengan memasukkan kode-kode java di mainactivity.java. Jangan lupa untuk memasukkan pula androidmanifest.xml yang ada pada bagian manifest.
  • Terakhir Anda bisa langsung melakukan running aplikasi di smartphone yang Anda miliki secara langsung maupun menggunakan emulator genymotion atau android virtual device.

Nah itu dian ulasan lengkap mengenai teknik mempelajari cara membuat aplikasi android dengan coding terlengkap. Terdapat beragam jenis aplikasi lain yang tersedia, namun hanya kami sediakan beberapa rekomendasi tools terbaik. Semoga pembahasan tersebut dapat membantu Anda untuk membuat aplikasi android. Selamat mencoba.

Baca juga:

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini