Langkah Praktis Belajar Membuat Aplikasi Android dengan Mudah

  • Whatsapp
cara membuat aplikasi android dengan android studio
cara membuat aplikasi android dengan android studio

Ingin membuat beragam aplikasi namun terbatas pengetahuannya tentang coding. Belajar cara membuat aplikasi dengan android studio dalam artikel ini.

Tak hanya berkaitan dengan dunia IT saja, bahkan semua  bidang kehidupan kini juga erat kaitannya dengan beragam perkembangan teknologi yang ada. Salah satu bentuk inovasi dari perkembangan tersebut adalah adanya android sebagai salah satu jenis platform open soruce. Melalui adanya android tersebut Anda pun bisa membuat inovasi dengan beragam aplikasi. Kini Anda pun bisa belajar membuat aplikasi android dengan mudah dan praktis. Informasi selengkapnya dapat Anda simak pada artikel berikut ini.

Belajar Membuat Aplikasi Android Melalui 3 Aplikasi Open Source

cara membuat aplikasi android
cara membuat aplikasi android

Sebagai tambahan referensi Anda sebelum mengetahui cara untuk membuat aplikasi android, ada baiknya Anda menyimak referensi seputar aplikasi android tersebut.

Simple Calender

Aplikasi android sebagai suatu kebutuhan yang banyak dicari oleh masyarakat dewasa ini mempunyai beragam jenis sesuai dengan kebutuhan. Terdiri atas aneka sajian fitur yang disusun dengan bahasa pemrograman, Anda dituntut untuk dapat mengenal apa saja fitur-fitur yang menyertai aplikasi tersebut. Sebagai contoh, berikut ini Anda akan disajikan aplikasi android simple calender yang mempunyai fitur sederhana. Aplikasi ini merupakan gabungan dari susunan kotlin, sangat baik bagi Anda yang ingin mempelajari kotlin melalui aplikasi tersebut.

Google Android App

Referensi selanjutnya dapat Anda peroleh dengan mempelajari aplikasi google android app. Aplikasi ini sangat cocok digunakan dalam acara konferensi karena sajian ratusan demonstrasi dari pihak developer. Jadi akan lebih baik jika Anda tengah menginginkan pembuatan aplikasi android yang cukup kompleks untuk bisa mempelajari fitur google android app.

OmniNote

Ingin membuat aplikasi android yang dapat memuat catatan secara lengkap? Sebelum membuatnya ada baiknya Anda mempelajarinya melalui aplikasi omninote. Jenis ini tak hanya menyediakan fungsi catatan saja, namun terdapat juga fungsi melampirkan gambar, audio, dan lain sebagainya.

5 Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding

Ingin membuat beragam aplikasi android namun terbatas pengetahuan coding? Tenang, kini membuat aplikasi android ternyata tak lagi harus tentang coding loh. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat membantu pembuatan aplikasi android Anda.

App Pie

Aplikasi pertama yang dapat Anda pilih adalah App Pie. Aplikasi ini dapat membantu Anda membuat aneka aplikasi android tak terkecuali game. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu drag dan drop di dalam fitur yang disediakan tanpa harus mendwonloadnya terlebih dahulu. App Pie tersedia dalam beragam pilihan seperti free, basic ($7/ bulan), gold ($19/ bulan), dan premium ($33/ bulan).

App Maker

Cara membuat aplikasi android selanjutnya adalah melalui app maker. Tak jauh berbeda dengan jenis sebelumnya, Anda dapat membuat aneka aplikasi android berbasis android, ios dan lain sebagainya dengan kreativitas tinggi.

Appery.io

Termasuk ke dalam salah satu situs web pertama yang mengembangkan aplikasi dengan fitur mobile enterprise dengan backend service, appery.io sudah tidak perlu Anda ragukan lagi keberadaannya. Anda dapat membuat aneka aplikasi android dengan beragam pilihan fitur yang disediakan seperti starter, standard, pro, premium dan enterprise. Meski golongan pertama sudah cukup memberikan ruang bagi Anda yang ingin membuat aplikasi, namun terdapat pembatasan dalam ruang geraknya seperti maksimal hanya bisa mengakses hingga 1.000.000 API call saja dan membutuhkan penyimpanan 1 GB.

iBuild App

iBuild App sangat ramah bagi Anda yang baru saja mempelajari bagaimana cara membuat aplikasi android. Tampilan user friendly serta tidak mengharuskan adanya pemahaman coding semakin mempermudah siapa saja yang ingin membuat aplikasi android. Disamping itu, beragam template yang tersedia cukup menarik bagi siapa saja yang ingin membuat aplikasi android melalui web tersebut.

Parallel Space

Langkah mudah cara membuat aplikasi android lainnya dapat Anda lakukan melalui aplikasi parallel space. Aplikasi ini dapat Anda download melalui beberap web yang menyediakan link tersebut. Setelah Anda mempunyai aplikasi tersebut, silakan Anda menambahkan tema yang dapat Anda download melalui play store. Cara kerja aplikasi ini sangat mudah, Anda hanya perlu membuat kloningan dari aplikasi yang tersedia di perangakt untuk selanjutnya dapat Anda buat sendiri aplikasi androidnya. Keunggulan dari jenis ini adalah tampilan yang user friendly dan cocok bagi pemula, mudah pengoperasiannya tanpa harus memahami coding, ukuran aplikasi sangat ringan yakni hanya 2 MB saja, serta dapat mendukung seluruh aplikasi di google playstore untuk dijadikan kloning.

7 Cara Membuat Aplikasi Android dengan Android Studio

cara membuat aplikasi android dengan android studio
cara membuat aplikasi android dengan android studio

Kini Anda akan disajikan informasi baru seputar pembuatan aplikasi android dengan android studio. Mungkin Anda masih awam dengan nama tersebut, untuk itu alangkah baiknya jika Anda memperhatikan penjelasannya berikut ini.

Lakukan Penginstallan Android Studio

Untuk bisa memahami cara membuat aplikasi android dengan android studio, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi android studio tersebut. Link download aplikasi tersedia biasanya tersedia dalam website tertentu, aatu Anda juga bisa langsung mengetikkan download android studio di web source. Lakukanlah penginstalan aplikasi tersebut dengan mengikuti instuksi sistem.

Mulai Membuat Project

Apabila sudah terinstall dengan sempurna, Anda bisa langsung membuat project baru dengan mengeklik bagian IDE Android Studio dan melengkapi data-data yang dibutuhkan. Setelahnya klik Next dan pastikan bagian phone and tablet di beri tanda ceklist. Ikuti instruksi sistem selanjutnya hingga tertera tulisan Finish.

Edit Pesan Utama yang Ada di Layar

Langkah selanjutnya mengenai cara membuat aplikasi android dengan android studio adalah mengedit pesan utama yang ada di layar. Caranya Anda bisa mengarahkan tab Desain yang ada pada activity_main.xml untuk selanjutnya dapat Anda ketikkan di pesan utama tersebut, misalnya dengan ucapan selamat datang di aplikasi kami atau hal lainnya.

Tambahkan Tombol

Setelah menyelesaikan tahapan kedua adalah membuat tombol fungsi di aplikasi yang Anda buat. Masih di tab yang sama, silakan Anda pilih di menu pallete dan klik tombol. Atur letak tombol tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Selanjutnya silakan klik properties dan pilih menu text untuk mengubah text button menjadi kalimat yang Anda inginkan, misalnya berupa kalimat halaman berikutnya.

Buatlah Activity Baru

Anda dapat membuat aktivitas baru seperti pada tahapan tiga dan empat ketika memang diperlukan dalam aplikasi android yang Anda buat. Tata letak activity baru ini biasanya ada pada layar kedua atau halaman berikutnya di aplikasi.

Anda bisa Menambahkan Method on Click

Untuk mendapatkan fungsi tombol on click agar terhubung ke halaman berikutnya, Anda dapat menambahkan kode-kode java yang terkait. Misalnya saja berupa kode import android.content.Intent; import android.support.v7.app.AppCompactActivit; dan lain sebagainya.

Test dan Run Aplikasi Tersebut

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengetes aplikasi android yang Anda buat sebelumnya dengan mengeklik pilihan menu run app. Pastikan Anda sudah memiliki emulator, jika belum Anda dapat memilih emulator yang disediakan di aplikasi android studio. Jika sudah demikian, bisa dipastikan bahwa aplikasi android Anda sudah dapat berjalan dengan sempurna.

Itu dia penjelasan mengenai langkah praktis belajar membuat aplikasi android dengan mudah. Dalam pembuatannya Anda dapat memanfaatkan aplikasi android studio sesuai dengan cara membuat aplikasi yang sudah dibahas sebelumnya. Semoga bermanfaat.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini