AndroidPonsel.com – Setelah beberapa lalu akun Jack Dorsey diretas oleh hackers, yang dilakukan lebih dari sekali, kini pembajakan akun media sosial tidak dapat berkembang. Namun kini yang menjadi korbannya adalah Facebook. Setelah ditelaah, rupanya pelaku peretasan adalah pelaku yang sama, saat meretas akun tim NFL dan ESPN di Super Bowl, yaitu OurMine.

Peretas meretas akses akun milik Facebook dalam dua media sosial yang dimilikinya, yaitu Twitter dan Instagram. Dilansir, akun Twitter milik Facebook Messenger turut menjadi korban peretasan Grup OurMine. Dalam sebuah kesempatan, disampaikan bahwa Twitter mengonfirmasi mereka diakses melalui platform pihak ketiga. Dalam hal ini, Khoros, yaitu platform yang sama digunakan saat akun NFL diretas beberapa waktu lalu.  Hal inilah yang telah mengunci akses pada mereka.

Dalam beberapa kesempatan lalu, Khoros mengatakan telah mengatasi kerentanan yang ada dalam platformnya, setelah terjadinya serangan dan perilaku mencurigakan. Namun tampaknya, OurMine memilili cara untuk menembus Khoros, dengan metode tersendiri. Melihat keadaan ini, dapat menjadi pengingat untuk memeriksa kembali apa saja layanan pihak ketiga yang diizinkan untuk mengakses akun di Twitter ataupun media sosial lainnya. Serta, memilah-milah mesin pencari apa yang tepat digunakan.

Baca juga: Pembaharuan Terbaru, Microsoft Your Phone Tambahkan Fitur Voice Call

Dilansir melalui laman engadget, terdapat sebuah akun Twitter bernama Jane Manchung Wong, yang turut menyaksikan peretasan yang dilakukan OurMine. Serta perlawanan yang dilakukan oleh Facebook, dalam menanggulangi peretasan tersebut. Dalam tweetsnya, Jane menyampaikan bahwa sangat menarik melihat pertarungan yang dilakukan oleh Facebook dan peretas. Di mana, peretas terus melakukan posting tweets sedangkan facebook terus menerus melakukan penghapusan pada tweets tersebut.

Dalam kesempatan yang sama juga nampak salah satu tweets yang disampaikan oleh OurMine. Di mana, OurMine memperkenalkan diri dan menyampaikan bahwa Facebook telah diretas. Namun OurMine juga menyampaikan bahwa keamanan akun Facebook, lebih baik dibandingkan Twitter. Tidak lupa OurMine meyampaikan layanan yang ditawarkannya untuk mengupgrade keamanan akun.

Keadaan ini terjadi berulang, sampai akhirnya sistem keamanan Twitter diperbaiki. Serta disaksikan oleh beberapa pemilik akun twitter yang turut menyampaikan pandangannya akan kejadian ini. Dari sini, penting untuk selalu berhati-hati, agar akun media sosial tidak mudah diretas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here