BlueStacks App Player

BlueStacks App Player – Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

  • Diposting oleh:
  • Diposting pada:
  • Kategori:
    MacOS, WindowsMacOS, Windows
  • Sistem:
    Windows, MacOS
  • Pengembang:
    Bluestacks
  • Harga:
    USD 0

Asalnya aplikasi Android hanya kompatibel dengan perangkat berbasis seluler seperti smartphone dan tablet. Jika ingin menginstal dan menggunakan aplikasi Android di PC/laptop, sobat membutuhkan bantuan perangkat lunak tertentu semisal Bluestacks atau yang lainnya.

Bluestacks sendiri merupakan emulator Android yang membantu pengguna PC/laptop untuk bisa menginstal dan menggunakan aplikasi Android di perangkat tersebut.

Jika ingin bermain game Android di PC/laptop misalnya, sobat tidak akan bisa langsung menginstal aplikasi game tersebut begitu saja layaknya smartphone atau table. Hal tersebut hanya memungkinkan jika sobat menginstal emulator Android terlebih dahulu, lalu menginstal aplikasi Android di dalam emulator tersebut.

Apa Itu Bluestacks?

Bluestacks adalah software emulator Android yang bekerja di PC/laptop.  Fungsinya adalah untuk memudahkan berbagai aplikasi Android dapat berjalan di PC/laptop. Dalam arti lain, ini adalah Android di komputer/laptop.

Perangkat lunak ini buatan perusahaan teknologi yang berlokasi di Amerika serikat yang didirikan pada tahun 2011 oleh seseorang yang bernama Rosen Sharma. Nama perusahaan tersebut adalah Bluestacks, sedangkan nama perangkat emulator Androidnya adalah Bluestacks App Player.

Saat ini emulator ini termasuk salah satu software emulator yang cukup populer di Indonesia. Peminatnya sangat banyak, mencapai jutaan orang dari kalangan gamer Android yang senang bermain game di PC/laptop.

Bluestacks dapat berjalan di PC/laptop yang menggunakan sistem operasi Windows dan Mac. Selama komputer sobat menggunakan salah satu dari kedua sistem operasi tersebut, berarti sudah bisa menginstal Bluestack.

Awalnya gamers menggunakan bluestacks untuk memainkan game Android di PC/laptop. Seiring dengan berjalannya waktu, banyak developer aplikasi Android yang menjadikan Bluestacks sebagai alat bantu untuk uji coba aplikasi Android sebelum diupload di Google Play Store. https://youtu.be/N2A5WtX2AVA

Fitur-fitur Bluestacks

Kehadiran Bluestacks tidak sekedar memudahkan pengguna PC/laptop untuk menginstal dan menggunakan aplikasi Android di perangkat tersebut, tetapi juga hadir dengan beragam fitur yang tentunya sangat bermanfaat bagi pengguna.

Di antara fitur-fitur tersebut adalah sebagai berikut :

1. Ramah Pengembang

Bagi seorang pengembang Android, keberadaan software Bluestacks tentu sangat penting. Pasalnya, pengembang bisa memanfaatkannya untuk mengecek sejauh mana kinerja dari aplikasi Android yang dikembangkannya.

Dukungan Developers Test Support yang terdapat pada software emulator Android yang satu ini memudahkan pengembang untuk menyelesaikan pengujian dengan lancar.

Tentunya pengujian tersebut sangat penting untuk menguji kelayakan sebuah aplikasi Android sebelum diupload di Google Play Store.

2. Menyerupai Perangkat Android

Saat mengakses beranda Bluestacks App Player, sobat bisa melihat tampilan layar berandanya menyerupai tampilan beranda perangkat Android. Bahkan, tampilan menu dan ikon yang ada terlihat serupa.

Oleh karena itu, setiap kali sobat berhasil memasang sebuah aplikasi, ikon aplikasi tersebut akan muncul di layar beranda Bluestacks.

3. Ramah Gamer

Saat ini para gamers dapat melakukan streaming langsung ke Twitch atau Facebook menggunakan Bluestacks. Streaming tersebut bisa dilakukan tanpa melalui proses yang berbelit- belit.

Tentu saja keberadaan fitur ini sangat bermanfaat dan efisien bagi para gamers yang ingin melakukan streaming sepanjang permainan.

4. Pembaruan Cepat

Keberadaan software Bluestacks terbukti sukses. Hal inilah yang mendorong perusahaan selalu melakukan pembaruan cepat untuk versi terbaru. Tentunya kehadiran versi terbaru selalu dibarengi dengan adanya penambahan fitur- fitur terbaru.

5. Instalasi Aplikasi yang Mudah

Sangat mudah jika sobat ingin menginstal aplikasi di Bluestacks. Terlebih lagi dengan adanya dua metode berbeda yang bisa dipilih ketika ingin melakukan penginstalan.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan Google Play Store, sedangkan cara kedua adalah dengan mengunduh APK aplikasi dan menginstalnya menggunakan Bluestacks.

6. Ramah Integrasi

Bluestacks dengan mudah mengintegrasikan mouse, kamera, mikrofon, sensor, dan yang lainnya. Semua ini dalam rangka mempermudah penggunaan aplikasi Android di perangkat Windows.

Kelebihan dan Kekurangan Bluestack

BlueStacks

Setiap produk pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tidak terkecuali Bluestacks. Oleh karena itu, sebelum menggunakan software ini, sebaiknya sobat ketahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Aplikasi Lain : Project Playtime Game Horor Yang Menegangkan

Kelebihan Bluestacks

1. Ekosistem Game Lengkap

Terdapat sekitar 2 juta game di dalam Bluestacks generasi terbaru. Oleh karena itu, sobat bebas memilih dan mengunduh game yang ingin dimainkan.

Tentu saja game-game populer seperti FF, PUBG, Among US, dan yang lainnya bisa sobat mainkan di dalam emulator Android ini.

Selain menyediakan jutaan game, fitur gaming juga tersedia di Bluestacks. Misalnya saja fitur FPS Lock, kontrol yang intuitif, dan yang lainnya.

2. Manajemen RAM Lebih Baik

Manajemen RAM yang lebih baik termasuk salah satu kelebihan yang dimiliki oleh emulator Android ini. Bahkan diklaim kalau konsumsi RAM-nya jauh lebih baik dibandingkan emulator lainnya seperti Nox, LDPlayer, dan MEmu.

Terdapat fitur manajemen RAM seperti Trim Memory pada software ini. Dengan bantuan fitur tersebut, pengguna dapat mengurangi konsumsi RAM ketika bermain game.

3. UI yang Mudah Digunakan

Keunggulan yang satu ini menjadikan pengguna Bluestacks tidak ingin beralih ke emulator Android lainnya. Saking mudahnya, sobat bisa mengakses berbagai fitur yang terdapat di halaman utama aplikasi.

Sobat juga bisa meletakkan aplikasi favorit atau yang baru diinstal ke halaman utama. Cara pengaturannya mirip dengan pengaturan yang ada pada smartphone.

4. Eco Mode

Agar penggunaan CPU dan GPU bisa berjalan lancar, pihak Bluestacks menyematkan fitur yang bernama Eco Mode ke dalam software ini. Dengan bantuan fitur tersebut, sobat bisa lebih memaksimalkan penggunaan aplikasi yang tetap lancar, tanpa membebani perangkat PC atau laptop.

5. Multi Tasking

Fitur multi-tasking tidak hanya ditingkatkan pada game saja, tetapi juga ada aplikasi emulator Android yang satu ini. Untuk memanfaatkan fitur ini, sobat hanya perlu mengaktifkan Multi-instance Bluestacks.

Dengan mengaktifkannya, sobat bisa memiliki kendali penuh kepada pengguna ketika ingin menjalankan lebih dari satu aplikasi.

Kekurangan Bluestacks

1. Membutuhkan Daya yang Lebih Besar

Salah satu kekurangan yang paling terasa ketika menggunakan aplikasi ini adalah konsumsi daya sangat besar. Hal inilah yang menyebabkan daya baterai cepat habis.

2. Komputer Cepat Panas

Konsekuensi dari konsumsi daya yang sangat besar menjadikan PC/laptop yang menggunakan Bluestacks jadi cepat panas. Akibatnya, pengguna harus sering mematikan komputer untuk mendinginkannya. Jika dipaksakan meskipun panas, tentu perangkat akan cepat rusak.

3. Kinerja Komputer Jadi Lebih Lambat

Jika PC/laptop untuk mengakses Bluestack memiliki RAM berukuran kecil, tentu akan memberikan efek negatif berupa melambatnya kinerja komputer.

4. Tidak Bisa Multi-Touch

Meskipun Keberadaan Bluestack memungkinkan pengguna untuk memainkan game-game Android atau menggunakan aplikasi Android lainnya di PC/laptop, tetap saja perangkat yang sobat gunakan tidak bisa multi-touch karena bukan smartphone atau tablet.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu Bluestacks, fitur-fiturnya, serta kelebihan dan kekurangan yang terdapat padanya. Semoga ulasan ini bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum sobat memutuskan apakah akan menggunakan Bluestack atau tidak.

Rating

4.3

( 100 Votes )
Silahkan Rating!
BlueStacks App Player – Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *