Apa itu dan Bagaimana Cara Instal XAPK

  • Whatsapp
Apa itu dan Bagaimana Cara Instal XAPK

Sobat AndroidPonsel, Pengguna HP Android tentu pernah mendengar file XAPK, apalagi jika Sobat ingin menginstal game diluar dari Google Play Store seperti misalnya mengunduhnya di ApkPure atau tempat lainnya.

Pada Android terdapat dua jenis file yang biasanya dapat dengan mudah kita unduh baik di website resmi Google Play atau di luar dari itu, yaitu ada APK dan XAPK. Kedua file tersebut masing-masing berbeda.

Bacaan Lainnya

Apa itu Apk dan XAPK ?

Apa itu dan Bagaimana Cara Instal XAPK

Apk atau disebut Android Package adalah format file yang digunakan OS Android untuk distribusi dan instalasi aplikasi serta middleware. Apk adalah file arsip dan .apk adalah ekstensi nama file di Android.

Sementara itu XAPK adalah gabungan file instalasi .apk dan OBB serta data lainnya, biasanya XAPK digunakan pada game atau aplikasi yang memerlukan data lebih besar.

OBB sendiri adalah data tambahan pendukung apk yang biasanya berukuran besar, seperti video atau tekstur yang memang tidak bisa dimasukan di APK.

Bagaimana Cara Instal XAPK ?

Selanjutnya jika Sobat sudah mengenal file XAPK, Sobat tentu harus mengetahui bagaimana cara instal file tersebut. Karena cara menginstalnya akan berbeda dengan file APK. Jadi Sobat harus perhatikan baik-baik setiap langkahnya.

Menggunakan Aplikasi XAPK Installer

Cara pertama dan termasuk cara yang paling mudah adalah menggunakan aplikasi pihak ke-tiga untuk dapat menginstal XAPK, cara ini tidak memerlukan tindakan apapun selain menginstal aplikasi bernama XAPK Installer.

Untuk itu Pastikan Sobat sudah menginstal XAPK Installer di link yang kami sediakan.

Cara instal aplikasi dari luar PlayStore, sobat diharuskan untuk mengaktifkan USB Debugging dan mode pengembang, untuk mengaktifkannya di setiap merek HP android akan berbeda jadi kami sarankan Sobat bisa Googling untuk mengetahui langkahnya. Jika Sudah, silahkan instal aplikasi seperti biasa.

Jika Sobat sudah menginstal XAPK Installer, pastikan Sobat sudah mengunduh XAPK yang ingin Anda instal.

Jika sudah mengunduh XAPK yang ingin di instal, Sobat bisa buka Filemanager dan Folder Download untuk mencari File XAPK yang ingin di instal.

Setelah itu klik XAPK dan nantinya akan ada jendela pop-up kemudian klik Instal. Setelah itu akan ada proses Installing OBB Files tunggu hingga selesai.

Catatan : Pada tahap penginsatalan ini tidak semua XAPK dapat di instal dengan baik, jika terjadi kegagalan ada banyak kemungkinan salah satunya adalah ponsel Sobat tidak support.

Tapi biasanya ada beberapa masalah yang biasa muncul ketika menginstal XAPK ini, berikut adalah rangkumannya;

1. Error
Biasanya error yang sering terjadi adalah karena pengaturan ponsel belum mengijikan aplikasi diinstal diluar selain dari Google Play, Sobat bisa mengaktifkan perijinannya di pengaturan dan ubah menjadi di izinkan.

2. File XAPK Korup atau Rusak
Selain itu kegagalan instal XAPK juga bisa disebabkan adanya kerusakan pada file XAPK, jadi salah satu jalan adalah dengan mengunduh ulang file tersebut.

3. Memori Penyimpanan Penuh
Nah ini biasanya yang biasa terjadi ketika terjadi kegagalan dalam penginstalan XAPK, jadi pastikan penyimpanan HP Sobat masih terbilang cukup luas untuk menginstal XAPK yang biasanya memiliki data yang cukup besar.

Akhir Kata

Bagaimana, Sobat sudah mengenal apa itu XAPK dan cara menginstalnya bukan? Sebenarnya masih ada cara lain dan aplikasi penunjang lainnya. Mungkin lain waktu kami akan menambahkannya di halaman ini, jadi pastikan Sobat menyimpan halaman ini dengan baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *