Telko  

Cara Cek Kuota Indosat untuk Internetan Tanpa Khawatir

cek kuota indosat

Hey Sobat! Pernah gak sih kamu lagi asyik scrolling TikTok, eh tiba-tiba kuota internet abis? Bete banget kan? Tenang, kamu gak sendirian.

Kabar baiknya, Indosat punya solusi buat kamu yang doyan banget main TikTok tapi takut kuota cepet habis: paket Kuota TikTok Indosat! Dan buat kamu yang butuh internet tanpa batas, ada juga Paket Internet Indosat Unlimited lho!

Penasaran gimana cara cek kuota dan detail paketnya? Yuk, simak ulasan lengkapnya di artikel ini. Siap-siap, karena setelah ini, pengalaman internetan kamu bakal naik level!

1. Cek Kuota Indosat Lewat Dial USSD

Dial USSD Indosat

Paling gampang dan cepat, kamu bisa cek kuota Indosat dengan dial USSD yang sama seperti cek nomor Indosat. Ini cara tradisional yang masih efektif dan banyak digunakan.

Caranya? Gampang banget, guys:

  • Buka phone app di smartphone kamu. Ini app yang biasa kamu pakai buat nelpon.*Ketik 123# lalu tekan call. Ini kode USSD khusus buat akses menu layanan Indosat.
  • Ikuti instruksi yang muncul di layar. Akan ada beberapa pilihan menu. Pilih ‘Cek Kuota’ atau menu terkait untuk mengetahui sisa kuota kamu.
  • Sisa kuota akan ditampilkan. Informasi kuota internet kamu, termasuk detail pemakaian, akan muncul di layar.Gak perlu internet, gak perlu ribet. Mudah kan, Sob?

2. Gunakan Aplikasi MyIM3

Aplikasi Indosat
Image ss via play.google.com

Buat yang lebih suka digital, cek kuota lewat aplikasi MyIM3 adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ini menyediakan berbagai layanan yang bisa kamu akses dengan mudah. Caranya:

  • Download aplikasi MyIM3 di Google Play Store atau Apple App Store.
  • Buka aplikasi dan login menggunakan nomor Indosat kamu.Di dashboard, kamu akan langsung melihat sisa kuota internet kamu.Selain itu, kamu juga bisa:
  • Beli paket data Indosat. Pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan kamu, termasuk paket internet unlimited dan kuota TikTok Indosat.
  • Cek promo menarik. Ada banyak promo eksklusif yang bisa kamu manfaatkan.
  • Bayar tagihan. Jika kamu menggunakan pascabayar, kamu bisa langsung bayar tagihan di sini.Aplikasi MyIM3 memberikan kemudahan dalam mengelola akun Indosat kamu, termasuk cek kuota, beli paket, dan lain-lain. Semua jadi lebih mudah dan praktis, Sob!

3. Kirim SMS Cek Kuota Indosat

cek kuota via sms indosat

Alternatif lainnya yang praktis, Sob, kamu bisa cek kuota dengan mengirim SMS. Ini cocok banget buat kamu yang gak punya akses internet atau lebih suka cara yang simpel. Caranya gini:

  • Buka app SMS di smartphone kamu. Ini app yang biasa kamu pakai buat ngirim SMS.
  • Kirim SMS dengan format “Info” atau “Kuota” ke nomor layanan Indosat. Biasanya, format dan nomor layanan ini tertera di paket data yang kamu beli.
  • Tunggu SMS balasan. Dalam beberapa detik atau menit, kamu akan menerima SMS balasan yang berisi detail sisa kuota internet kamu.Metode ini bisa dibilang jadul, tapi tetap efektif dan banyak dipilih karena kemudahannya, Sob.

4. Cek lewat Website Resmi Indosat

login dashboard myIM3
image ss login dashboard myIM3

Kalo kamu lagi di depan laptop atau PC, cek kuota juga bisa lewat website resmi Indosat. Ini cara yang pas buat kamu yang lebih nyaman mengelola akun lewat layar yang lebih besar. Langkah-langkahnya:

  • Kunjungi website resmi Indosat di browser laptop atau PC kamu. Untuk mempermudah berikut url lengkapnya https://myim3app.indosatooredoo.com/#/login.
  • Login ke akun Indosat kamu. Kamu bisa login dengan menggunakan nomor Indosat yang kamu punya.Setelah login,
  • langsung cek dashboard untuk melihat sisa kuota internet. Di sini, kamu juga bisa melihat detail penggunaan, riwayat pembelian paket, dan lainnya.Kamu juga bisa mengelola akun kamu, seperti mengganti paket data, memperbarui informasi pribadi, dan sebagainya.Keuntungan menggunakan website adalah tampilannya yang lebih luas dan informasi yang ditampilkan lebih lengkap, Sob.

Tips Hemat Kuota

Gak mau kan kuota kamu cepat habis? Biar internetan makin lama, walaupun kita sudah berikan tips optimalkan kuota Indosat, tapi tips satu ini bisa sobat juga:

  1. Gunakan Wi-Fi: Ini nih paling dasar. Kalo ada Wi-Fi, segera switch dari data seluler. Wi-Fi biasanya menawarkan koneksi internet yang lebih stabil dan tentunya, gak nguras kuota seluler kamu. Jadi, kalo lagi di kafe, mall, atau di rumah, pastikan kamu terhubung dengan Wi-Fi.
  2. Nonaktifkan Update Otomatis Aplikasi: Banyak aplikasi yang secara default set untuk update otomatis. Ini bisa boros kuota banget, lho! Jadi, ubah settingan di smartphone kamu agar aplikasi hanya update saat terhubung dengan Wi-Fi. Caranya gampang:
    • Buka Google Play Store atau Apple App Store.
    • Masuk ke ‘Settings’.
    • Pilih ‘Auto-update apps’.
    • Pilih ‘Over Wi-Fi only’ atau ‘Don’t auto-update apps’.
  3. Pilih Streaming Hemat Kuota: Streaming video, apalagi yang HD atau 4K, itu rakus kuota banget, Sob. Untuk hemat, coba tips ini:
    • Kurangi streaming video dengan resolusi tinggi.
    • Di YouTube, misalnya, set video ke 480p atau lebih rendah.
    • Gunakan fitur ‘Data Saver’ yang biasanya ada di app streaming.
  4. Pakai Browser Penghemat Data: Browser juga bisa nguras kuota kamu, lho! Pilih browser yang punya fitur penghematan data, seperti:
    • Opera Mini: Dia punya ‘Opera Turbo’, yang bisa kompres data situs web hingga 90%.Google Chrome: Ada mode ‘Lite’ yang mengurangi pemakaian data saat browsing.
    Fitur ini berguna banget buat mengurangi pemakaian data saat kamu browsing.
  5. Batasi Penggunaan Media Sosial: Aplikasi media sosial kayak Facebook, Instagram, atau TikTok itu juga penyedot kuota, terutama kalo sering buka video. Coba batasi penggunaannya, atau gunakan versi lite dari app-app tersebut yang biasanya lebih hemat data.
  6. Matikan Data Seluler Saat Tidak Diperlukan: Terakhir, jangan lupa matikan data seluler kamu saat gak dipakai. Ini cara paling gampang buat hemat kuota!

Kesimpulan

Nah, Sob, itu dia cara cek kuota Indosat yang bisa kamu coba. Dengan mengetahui cara ini, kamu bisa internetan dengan lebih nyaman tanpa takut kehabisan kuota. Jangan lupa pakai tips hemat kuota yang sudah kami bagikan ya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!



Dapatkan berita teknologi terkini dari AndroidPonsel.com, pusat info tech paling update! Ikuti kami di Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks