5 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

mengembalikan foto yang terhapus

Gak sengaja hapus foto di HP Android? Jangan panik, coba deh ikuti langkah-langkah cara mengembalikan foto yang terhapus yang akan saya jabarkan di sini.

Kebanyakan orang akan panik jika foto atau file terhapus di HP Android, apalagi itu adalah file penting. Nah berikut ini adalah beberapa tips untuk mengembalikannya.

Cara ini berlaku untuk semua jenis dan merk HP termasuk Samsung, Xiaomi, Vivo, OPPO, POCO, Huawei, Realme dan Lain sebagainya.

Sebagai tambahan, Sobat bisa memilih beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus yang kami jabarkan, mulai dari cara manual atau menggunakan aplikasi.

Namun kalian harus inget tidak semua aplikasi recovery foto atau file terpercaya, Jadi kalian harus benar – benar memili aplikasi yang aman dari virus.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengembalikan foto yang terhapus di Android tanpa harus root.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android
Cara Mudah Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Dalam artikel ini ada 5 cara untuk dapat mengembalikan foto yang terhapus, jadi sobat bisa mencobanya satu persatu. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Mengembalikan Foto Terhapus Di HP

Cara mengembalikan file yang terhapus di android ini cukup mudah. Pertama kamu buka file manager, kemudian cari dan klik titik tiga di pojok kiri bawah (menu).

Kemudian pilih pilihan ‘Tampilkan file tersembunyi’. Maka seharusnya akan muncul file .Thumbnails. Buka folder ini untuk melihat seluruh foto yang dibackup oleh smartphone.

Namun sayangnya ukuran file yang ada di folder ini terkadang berbeda ukuran dengan yang asli, karena agak sedikit lebih kecil.

Langkah ini bisa digunakan sebagai cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal android maupun di memori card, walaupun mungkin ada juga beberapa file yang sudah terhapus tidak ada disini.

Mengembalikan Foto dari Tempat Sampah Gallery

Ada beberapa smartphone yang memiliki tempat sampah pada Gallerynya, seperti Samsung misalnya. Sobat bisa coba melihat di tempat sampah dan mengembalikan foto tersebut.

Jadi ketika sobat tidak sengaja menghapus foto yang ada di Galeri, sebenarnya foto atau video tersebut tidak langsung terhapus, melainkan akan pindah ke tempat sampah sampai akhirnya secara otomatis terhapus secara permanen.

Nah kalau waktu penghapusannya tidak terlalu lama, sobat bisa cek tempat sampah tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Galeri pada HP.
  2. Kemudian Buka icon garis horizontal pada bagian kanan bawah.
  3. Sobat klik opsi Trash atau tempat Sampah.
  4. Cari Foto atau video yang terhapus.
  5. Pilih dan edit foto tersebut dan klik restore.
  6. Foto akan kembali ke galeri hp.

Mencari Foto Yang Terhapus Di Google Photos

Google photos atau google foto adalah salah satu produk google yang sangat populer. Jika memasang aplikasi ini di smartphone, maka kamu bisa menjadikannya sebagai galeri maupun sebagai penyimpan.

Kamu bisa memiliki ruang belasan gigabyte di Google Photos untuk menyimpan foto foto dari kamera dan media lain, dan juga google photos menyimpan foto kita di gallery maupun di cloud yang terhubung dengan email kita

Kamu hanya tinggal masuk ke aplikasi Google photos, kemudian klik ada tiga titik di pojok kanan atas. Kemudian sebagai cara mengembalikan file yang hilang, klik pilihan ‘Trash’. Maka kamu tinggal mencari foto yang terhapus dan memindahkan kembali ke folder penyimpanan.

Baca juga: 8 Cara Mengembalikan File Terhapus Permanen di Android

Gunakan Aplikasi Untuk Mengembalikan Foto

Ada beberapa aplikasi di playstore yang bisa kalian gunakan untuk melakukan restore foto maupun file yang terhapus, Na aplikasi ini bisa kalian coba gunakan untuk merestore atau mengembalikan file atau foto kalian yang terhapus

Aplikasi mengembalikan foto yang terhapus ini mampu mengembalikan foto yang sudah terhapus sejak waktu yang cukup lama. Kelebihan menggunakan aplikasi recovery foto adalah penggunaannya praktis dan mampu mencari file yang tidak bisa dicari secara manual.

Buka Menggunakan Laptop

Cara mengembalikan foto yang terhapus di android samsung tanpa root maupun pada hp Xiaomi, vivo dan oppo bisa menggunakan laptop.

Cara ini memerlukan USB cable untuk menghubungkan hp dengan Laptop, Setelah terhubung, klik kanan pada folder dimana foto-foto kamu hilang.

Kemudian pada pilihan bagian bawah pilih ‘previous version’. Langkah cara mengembalikan video yang terhapus di hp ini biasanya bisa dilakukan jika foto, video atau file terhapus belum lama karena file tersebut masih tersimpan

Gunakan Aplikasi Backup Data Android untuk Antisipasi

Cara ini terakhir ini adalah cara antisipasi apabila memang cara diatas belum bisa mengatasi masalah untuk mengembalikan foto kalian yang hilang.

Tapi yang namanya antisipasi bukan untuk mengembalikan ya, tapi lebih pada kedepannya sobat tidak perlu khawatir jika foto terhapus karena sudah di backup.

Backup data yang paling aman dan mudah adalah dengan penyimpanan data online (Cloud). Nantinya aplikasi ini bisa melakukan backup file, foto, video secara otomatis.

Sehingga jika file di smartphone hilang, kamu bisa mengembalikan foto tersebut dengan penyimpanan online ini.

Ini bisa menjadi langkah mengembalikan foto yang terhapus di hp samsung, hp oppo, vivo, xiaomi dan lain sebagainya. Bahkan meskipun sudah terhapus permanen, backup online ini bisa mengembalikan video yang terhapus permanen di hp. Akhirnya foto yang sudah dihapus muncul lagi di android.

Nah paling mudah sih untuk backup foto dan video online secara mudah menggunakan Google Photos. Sobat bisa memanfaatkan kuota gratis 15GB.

Akhir kata

Sekian informasi dan cara mengembalikan foto terhapus yang androidponsel.com bisa berikan melalui 5 langkah diatas, Semoga informasi diatas bisa membantu teman – teman semua dalam mengatasi masalah mengembalikan foto yang hilang di hp android samsung, vivo, oppo dan merk lainnya.

Baca juga: Cara Download Lagu Dari Youtube Paling Mudah Dan Cepat



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bergabung Di Komunitas Kami

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks