Gadget  

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2024)

Samsung Galaxy Tab S6 Lite
Image credit: Samsung.com

Sobat! Di era digital saat ini, tablet telah menjadi salah satu gadget yang penting untuk berbagai keperluan, mulai dari belajar hingga hiburan. Kali ini, kita akan mengulas Samsung Galaxy Tab S6 Lite versi 2024, sebuah tablet Android yang menawarkan berbagai fitur menarik. Berikut ini adalah ulasan mendalam tentang kelebihan dan kekurangan dari tablet ini berdasarkan spesifikasinya.

Spesifikasi Umum

  • Tahun Rilis: 2024
  • Dimensi: 244.5 x 154.3 x 7 mm
  • Berat: 465 gram
  • Layar: 10.4 inci, PLS LCD, 1200 x 2000 piksel, Refresh Rate 90 Hz
  • Chipset: Exynos 1280
  • Memori: RAM 4 GB, Internal 128 GB, Slot MicroSD hingga 1 TB
  • Kamera Utama: 8 MP
  • Kamera Depan: 5 MP
  • Baterai: 7040 mAh dengan pengisian cepat 15W
  • OS: Android 14, One UI 6.1
  • Harga: Rp.5.499.000

Kelebihan Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2024)

Pertama mari kita ulas apa saja kelebihan dari tablet dari Samsung satu ini. Dengan kelebihan ini kamu bisa mengoptimalkan penggunaan dari perangkat dengan mudah.

Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

1. Desain dan Layar

Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2024) hadir dengan desain yang ramping dan ringan, dengan dimensi hanya 7 mm dan berat 465 gram, membuatnya nyaman untuk digenggam dan dioperasikan selama berjam-jam tanpa rasa lelah yang berarti.

Layar PLS LCD 10.4 inci memberikan resolusi yang tajam dengan 1200 x 2000 piksel dan kerapatan 224 ppi, menghasilkan warna yang cerah dan tajam. Refresh rate 90 Hz yang disertakan meningkatkan kelancaran transisi layar, sehingga penggunaan tablet ini menjadi lebih responsif baik saat scrolling maupun saat sesi gaming yang intens.

Layar besar ini juga sangat optimal untuk menonton film atau seri TV favoritmu dengan pengalaman visual yang imersif.

2. S Pen untuk Produktivitas dan Kreativitas

Fitur utama dari Galaxy Tab S6 Lite adalah dukungan S Pen yang intuitif. Pen stylus ini dirancang untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berbagai aktivitas digital, seperti mengambil catatan di kelas, mengorganisir tugas, atau bahkan membuat sketsa dan lukisan digital dengan detail yang halus.

S Pen ini sangat responsif dengan latency yang rendah, memberikan sensasi menulis dan menggambar yang mirip dengan pena pada kertas. Kelebihan ini membuatnya menjadi pilihan yang cocok tidak hanya bagi pelajar, tetapi juga bagi para profesional dan seniman digital yang memerlukan alat untuk mengekspresikan kreativitas mereka dengan lebih leluasa.

3. Konektivitas dan Samsung DeX

Samsung Galaxy Tab S6 Lite mendukung berbagai pilihan konektivitas yang membuat tablet ini sangat serbaguna. Fitur Wi-Fi dual-band memastikan koneksi internet yang stabil dan cepat, sementara Bluetooth 5.3 memungkinkan penggunaan aksesori wireless seperti keyboard, mouse, dan headphone dengan mudah.

USB Type-C di tablet ini tidak hanya untuk pengisian daya tetapi juga mendukung USB On-The-Go yang memungkinkan penggunaan eksternal storage atau perangkat lain. Fitur menonjol lainnya adalah Samsung DeX yang mengubah antarmuka tablet menjadi tampilan desktop saat dihubungkan dengan monitor atau TV.

Ini memudahkan pekerjaan multitasking dan menyediakan workspace yang lebih besar, sangat ideal untuk pekerjaan kantor atau presentasi.

4. Baterai yang Tahan Lama

Galaxy Tab S6 Lite dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar 7040 mAh yang mampu menunjang kegiatan sehari-hari tanpa perlu khawatir kehabisan daya. Fitur pengisian cepat 15W memungkinkan tablet ini kembali ke kapasitas penuh dalam waktu yang singkat, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama untuk melanjutkan aktivitas.

Kapasitas baterai yang besar ini sangat menguntungkan bagi pengguna yang sering berpergian atau memiliki mobilitas tinggi, karena dapat mengandalkan tablet untuk berbagai keperluan seperti bekerja, belajar, ataupun hiburan sepanjang hari.

Kekurangan Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2024)

Selanjutnya kamu juga harus mengetahui apa saja sih kekurangan dari tablet satu ini. Perlu di ingat ini adalah kekurangan versi androidponsel.com, jadi ada kemungkinan kamu tidak setuju dengan apa yang kami sampaikan, dan hal ini adalah lumrah, kamu juga bisa menyampaikan pendapat berbeda di kolom komentar.

Dengan mengetahui beberapa kekurangan tersebut, kamu akan bisa mengoptimalkan perangkat tersebut jadi lebih baik.

1. Performa

Chipset Exynos 1280 yang terpasang pada Galaxy Tab S6 Lite menawarkan performa yang cukup untuk penggunaan sehari-hari seperti menjelajah web, streaming video, dan menjalankan aplikasi ringan.

Namun, dengan hanya 4 GB RAM, Sobat mungkin akan mengalami beberapa hambatan saat melakukan multitasking dengan banyak aplikasi terbuka sekaligus atau saat menjalankan aplikasi yang membutuhkan sumber daya lebih besar.

Para gamer atau pengguna yang ingin melakukan editing video mungkin akan merasa kekurangan daya dari setup ini, terutama untuk game atau aplikasi yang membutuhkan grafis intensif atau pengolahan data yang kompleks.

2. Kamera

Samsung Galaxy Tab S6 Lite dilengkapi dengan kamera belakang 8 MP dan kamera depan 5 MP. Meskipun cukup untuk panggilan video dan foto-foto dasar, kedua kamera ini tidak dilengkapi dengan fitur canggih seperti optical image stabilization (OIS) atau aperture yang lebih besar untuk hasil foto yang lebih baik di kondisi cahaya rendah.

Ini bisa menjadi kekurangan bagi pengguna yang mencari kemampuan fotografi yang lebih maju dalam tablet mereka. Sobat yang menginginkan tablet untuk mengambil foto berkualitas tinggi mungkin harus mempertimbangkan alternatif lain.

3. Kurangnya Fitur Tahan Air

Tablet ini tidak memiliki sertifikasi ketahanan terhadap air dan debu, yang berarti pengguna harus lebih hati-hati saat menggunakannya di dekat air atau dalam kondisi berdebu. Ini bisa menjadi keterbatasan bagi Sobat yang sering bepergian atau yang menggunakan tablet mereka di luar ruangan, seperti di pantai atau saat hiking, di mana tablet bisa terpapar pada elemen-elemen ini.

4. Harga

Dengan harga sekitar Rp.5.499.000, Samsung Galaxy Tab S6 Lite mungkin dianggap mahal oleh beberapa kalangan, terutama jika dibandingkan dengan model-model lain di pasar yang mungkin menawarkan spesifikasi yang lebih tinggi atau fitur tambahan dengan harga yang serupa atau lebih rendah.

Hal ini membuatnya penting bagi calon pembeli untuk menimbang apakah fitur yang ditawarkan oleh Tab S6 Lite, seperti dukungan S Pen dan Samsung DeX, cukup berharga untuk kebutuhan dan anggaran mereka.

Kesimpulan

Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2024) menawarkan berbagai fitur yang menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk kebutuhan seperti belajar, bekerja, dan hiburan ringan. Keberadaan S Pen menambah dimensi baru pada penggunaan tablet ini, sangat cocok untuk pelajar atau profesional yang membutuhkan alat untuk mencatat atau menggambar dengan detail yang tinggi.

Fitur Samsung DeX juga menambah nilai produktivitas, memungkinkan Sobat untuk mengubah tablet menjadi sebuah setup mirip desktop yang bisa meningkatkan efisiensi kerja.

Namun, perlu dicatat bahwa dengan RAM 4 GB dan chipset Exynos 1280, performa tablet ini mungkin tidak cukup kuat untuk menjalankan aplikasi berat atau multitasking yang intens. Kamera yang terbatas pada 8 MP untuk kamera belakang dan 5 MP untuk kamera depan mungkin juga kurang memuaskan bagi penggemar fotografi atau mereka yang memerlukan kualitas gambar yang lebih tinggi untuk keperluan lain.

Mengingat harganya yang cukup tinggi, Rp.5.499.000, sangat penting bagi Sobat untuk menimbang dengan seksama apakah fitur-fitur yang ditawarkan oleh Tab S6 Lite sesuai dengan kebutuhan khusus Sobat atau tidak.

Jika Sobat membutuhkan lebih banyak power atau fitur-fitur khusus seperti ketahanan air, mungkin layak untuk melihat opsi lain di pasaran yang bisa menyediakan spesifikasi yang lebih tinggi dengan harga yang serupa atau bahkan lebih murah.

Saat memilih tablet, pertimbangkan juga layanan purna jual, ketersediaan aksesori, dan update software yang mungkin menjadi penting dalam jangka panjang. Sobat disarankan untuk membandingkan beberapa model, membaca review, dan bahkan mencoba langsung (jika memungkinkan) sebelum membuat keputusan akhir.

Ingatlah, memilih tablet bukan hanya tentang mendapatkan spesifikasi terbaik dengan harga terendah, tapi juga tentang mendapatkan perangkat yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Sobat. Happy shopping, guys! Semoga Sobat dapat menemukan tablet yang tepat yang mendukung segala aktivitas sehari-hari dengan nyaman dan efisien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Update Terbaru Langsung! OK No thanks