Cara Aktifkan Dark Mode WhatsApp dan Fungsinya

  • Whatsapp

Mode gelap WhatsApp sudah resmi diluncurkan! Sobat sudah mencobanya? Jika belum coba deh cek WhatsApp kalian sudah ada menunya atau belum, oh ia mode gelap ini hadir untuk smartphone Android dan iOS. Cara aktifkan Dark Mode WhatsApp, kalian bisa cek di Setting >> Chats-Theme >> Pilih dark Theme.

Akhirnya setelah lama di tunggu-tunggu WhatsApp meluncurkan juga fitur mode gelap di aplikasinya. Setelah Instagram yang lebih dahulu menghadirkan fitur tersebut kini WA sudah memilikinya, dengan begitu sekarang tinggal sosial media Facebook saja yang belum meluncurkan fitur yang sedang trend ini.

Read More

Apa Sih Fungsi Dark Mode?

Fungsi Dark Mode Whatsapp

Sebelum kalian mengetahui cara aktifkan Dark Mode WhatsApp, sebaiknya kalian harus tahu dulu apa sih fungsi Dark mode atau mode gelap pada smartphone? Fitur ini bukan cuma untuk keren-kerenan, ada fungsi dan tujuan kenapa fitur ini di buat. Berikut rangkumannya.

Menghemat Baterai

Dilansir dari laman Forbes, berdasarkan penelitian dengan menggunakan Dark Mode menunjukan smartphone memiliki baterai yang lebih tahan lama. Dikatakan juga dengan menggunakan warna hitam, smartphone tidak terlalu bekerja keras untuk menyalakan LED atau OLED yang ada pada Layar. Nah ini membantu smartphone menghemat energi. Tapi yang perlu diperhatikan, ini hanya berlaku untuk smartphone yang sudah menggunakan panel OLED bukan LCD.

Jika kalian punya pandangan berbeda terkait masalah menghemat baterai, silahkan untuk memberikan komentar kalian ya.

Membantu Mengurangi Mata Lelah Pada Penggunanya

Pernah gak kalian merasakan mata lelah karena terlalu lama melihat layar smartphone? Nah itu memang benar adanya, karena menatap layar smartphone yang terang itu memaksa mata kita bekerja lebih keras sehingga membuat mata menjadi tegang.

Dengan adanya fitur dark mode ini, fokus mata terhadap layar menjadi lebih mudah dan membuat mata bekerja keras dan mata menjadi lebih nyaman untuk melihat layar. Sobat sudah merasakan manfaat dark mode pada WhatsApp?

Kemampuan Membaca Meningkat

Setelah mata tidak mudah lelah, tentu saja dengan dark mode kemampuan membaca menjadi lebih baik. Ini tidak main-main lho, karena disampaikan langsung oleh Jurnal dari The Impact of Web Page Text-Background Color Combinations on Readability Retention, Aesthetics, and Behavioral Intention, dengan mengatakan kombinasi warna terang seperti putih dengan latar gelap bisa membuat seseorang menjadi lebih fokus membaca. Nah untuk yang hobi membaca tentu saja ini akan sangat efektif.

Membuat Tampilan Menjadi Menarik

Tentu saja, kita sebagai pengguna WhatsApp merasa bosan dengan tampilan dan warna Wahstapp yang gitu-gitu saja. Nah dengan adanya Wtasapp fitur Dark Mode, maka kita bisa membuat tampilan lebih menarik daripada tampilan sebelumnya.

Cocok Digunakan Di Ruangan Yang Banyak Orang

Maksud dari cocok digunakan di ruang yang banyak orang yaitu biasanya beberapa pengguna atau sobat merasa risih dan khawatir jika ada pesan privasi terbaca oleh orang lain jika membuka Whatsapp ditempat keramaian misalnya seperti di dalam kereta ataupun di dalam busway. Nah dengan adanya fitur dark mode, kita jadi bisa meminimalisir pesan yang terlihat oleh orang lain.

Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp

Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp

Sekarang karena fitur mode gelap atau dark mode WhatsApp sudah dirilis resmi, Ada baiknya Sobat update terlebih dahulu ke WhatsApp versi terbaru. Jika Sudah Berikut adalah cara mengaktifkan dark mode WhatsApp dengan sangat mudah.

1. Pertama Sobat buka WhatsApp setelah itu klik titik tiga yang tersusun vertikal di bagian pojok kanan atas dan pilih Setelah / Setting. (cara aktifkan mode gelap WhatsApp ini menggunakan bahasa Indonesia)

langkan 1 cara aktifkan mode gelap WhatsApp
langkan 1 cara aktifkan dark mode WhatsApp

2. Cara aktifkan mode gelap WhatsApp selanjutnya Pilih Chat >> Tema >> dan Pilih Gelap Kemudian OKE

langkan 2 cara aktifkan dark mode WhatsApp
langkan 2 cara aktifkan mode gelap WhatsApp

Lihat perubahannya, WhatsApp Sobat akan memiliki latar belakang hitam atau sudah dalam mode gelap. Tentu saja ini akan sangat nyaman di mata ya dan akan menghemat baterai (tapi tergantung penggunaan juga ya).

Dark Mode pada Samsung Android 10

Sementara untuk handphone Android yang sudah menggunakan OS android 10 caranya lebih mudah lagi. Karena OS versi 10 ini sudah memiliki fitur mode gelap yang akan mengubah secara keseluruhan sistem menjadi dark mode termasuk WhatsApp dan aplikasi lain yang sudah mendukung fitur tersebut.

Jika Sobat pengguna smarphone Samsung yang sudah menjalankan OS Android 10. Caranya hanya cukup melihat di navbar bagian atas dan cari dark mode atau mode gelap, setelah itu klik untuk mengaktifkannya. Secara otomatis semua sistem handphone akan beralih ke mode gelap termasuk WhatsApp, Instagram dan aplikasi lainnya.

Cara Aktifkan Mode Gelap WhatsApp
Menu Mode Gelap pada Samsung Galaxy A71 yang sudah berjalan dengan Android 10

Bagaimana apakah Sobat sudah bisa mengaktifkan mode gelap WhatsApp? Jika belum ada menu dark mode, sebaiknya coba cek terlebih dahulu apakah WhatsApp yang digunakan sudah versi terbaru atau belum, dan pastikan juga smartphone yang Sobat gunakan sudah mendukung.

Simak juga ulasan lainnya tentang Cara dark Mode Instagram Untuk Semua HP Android

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apakah Dark Mode Mendukung di Whatsapp Web atau PC?

Untuk pengguna Whatsapp PC atau Whatsapp Web, fitur dark mode atau mode gelap mendukung untuk digunakan. Caranya sama seperti setelan melalui ponsel, dengan cara pergi settings > chats > theme > Dark Mode.

WhatsApp Dark Mode iOS berapa?

Untuk masalah iOS berapa yang bisa mendukung fitur dark mode, nah Fitur dark mode pada pengguna iPhone hanya bisa dinikmati untuk sistem operasi iOS 13 ke atas.

Apakah Bisa Mengganti Tema Custom Sendiri?

Sejauh ini pihak Wahstapp belum memberikan fitur custom sendiri tema. Namun jika sobat tetap ingin bisa custom tema, sobat bisa menggunakan Whatsapp Mod APK yang tersedia di internet. Namun sebelum menggunakan Whatsapp Mod, kenali dulu resikonya kedepannya. Sobat bisa simak artikelnya di postingan kami beberapa waktu lalu.

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang dark mode WhatsApp serta cara mengaktifkannya. Bagaimana? sangat mudah bukan? Semoga cara mengaktifkan dark mode WhatsApp ini bisa mempermudah kalian untuk menggunakan fitur tersebut. Jangan lupa untuk memberikan tanggapan pada kolom komentar di bawah ini.

Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *