Cara Mengatasi USB HP Yang Tidak Terbaca

  • Whatsapp
usb hp tidak terbaca
Photo by Daniel Romero on Unsplash

Komputer dari awal kemunculan hingga saat ini masih menjadi perangkat yang sangat dibutuhkan. Untuk komputer generasi saat ini bisa dikatakan sangat canggih sebab komputer saat ini dapat memuat informasi ‘apapun’ dan terkoneksi dengan apapun melalui kabel maupun nirkabel (tanpa kabel). Namun kadangkala permasalahan yang sering kita temui baik dari generasi dahulu sampai sekarang yaitu permasalahan tentang USB, USB yang tidak terbaca atau ter-recognize misalnya.

Permasalahan itu dapat kita katakan bukan permasalahan yang sepele, karena fitur USB sendiri merupakan peranan penting bagi komputer untuk tersambung atau terkoneksi dengan beberapa macam perangkat penting, termasuk handphone Android.

Sambungan USB android tidak terbaca di komputer

Namun seperti pada umumnya, setiap permasalahan pasti mempunyai solusi, nah buat sobat yang sedang mengalami permasalahan ini jangan khawatir! Kami punya beberapa cara untuk mengatasi permasalahan USB yang tidak terbaca khusus untuk sobat. Tertarik? Simak terus ya dan pastikan ikuti dengan detail😊

Ubah setting android ke mode MTP

Nah permasalahan biasanya terjadi pada beberapa handphone. Ketika sobat menyambungkan handphone ke PC, USB akan menjadi mode charging pada mode awal atau deafult. Hal ini yang membuat PC atau Laptop tidak dapat membaca perangkat yang tersambung. Untuk mengatasi itu, sobat bisa mengubah setting saat awalan USB disambungkan, bagaimana caranya?

  • Colok kembali USB ke PC / Laptop
  • Lihat pada menu di jendela handphone, pilih yang gambar USB dan nantinya akan muncul opsi seperti ini
blank

Nah jika sobat ingin mentransfer atau menerima file, sobat bisa pilih opsi “Transfer File”, dan jika ingin memilih yang lain disitu terdapat beberapa pilihan. Silahkan sobat pilih.

Jika cara diatas belum bisa juga, ikuti cara selanjutnya yaitu

Mengaktifkan USB Debugging

blank

USB Debugging bisa dikatakan seperti akses administrator pada handphone. Cara ini sebenarnya cukup belum diketahui orang banyak, namun dari beberapa komentar orang cara ini dapat membantu USB yang tidak terbaca pada windows menjadi terbaca. Silahkan sobat coba dahulu, berikut caranya :

  • Sobat silahkan pergi Setelan atau Settings HP.
  • Jika sudah, sobat masuk ke Tentang HP / About HP.
  • Selanjutnya cari Nomor Bentukan.
  • Terakhir sobat harus menekan berkali-kali sampai muncul pesan “Anda telah menjadi seorang pengembang”.

Oiya mode ini tersedia pada semua model handphone android. Jika belum bisa juga, silahkan ikuti cara selanjutnya dibawah ini yaitu dengan

Flash Ulang HP

blank

Flashing sendiri merupakan suatu proses yang ditujukan untuk mengganti sistem HP Android yang rusak atau sudah lama dengan sistem yang masih normal ataupun yang terbaru. Nah memang barangkali sistem sobat yang mengalami bug atau error sehingga USB tidak terbaca. Namun Flashing sendiri harus menggunakan laptop atau PC. Bagaimana caranya?

Namun sebelum itu, flashing pada handphone sendiri mempunyai cara yang berbeda-beda tergantung merek handphone karena adanya perbedaan sistem pada setiap provider.

Nah cara umunya adalah sobat bisa mencari tahu melalui Youtube atau Blog. Karena disana tersedia berbagai cara flashing dari masing-masing handphone. Kami sarankan sobat bisa mencarinya di youtube, sebab lebih mudah jika dijelaskan dengan video sehinga kita dapat mengetahui step by step dengan jelas. Sobat bisa mencarinya dengan keyword “Cara Flashing Handphone (merk handphone sobat)”, contoh “Cara Flashing handphone Samsung yang Mati Total”‘

Ganti USB dengan yang baru

Nah barangkali memang USB handphone sobat yang mengalami kerusakan, biasanya ada kabel yang terputus maupun konektor yang rusak. Nah kami sarankan sobat membeli kabel data yang original ya supaya dapat mengatasi permasalahan ini. Kabel data original selain kuat juga dapat menambahkan beberapa fitur transfer, karena pada beberapa kabel data android hanya bisa dipakai untuk mode charging saja.

Mengatasi USB Komputer Tidak Terbaca

Selain pada handphone, Sobat juga harus melakukan pengecekan jika ternyata USB yang ada di PC atau laptop yang mengalami kerusakan. Untuk itu Sobat bisa melihat setiap langkahnya di bawah ini.

Bersihkan Port USB

Jika USB HP tidak terbaca, barangkali port sobat kotor dipenuhi dengan debu dan kotoran sehingga membuat perangkat menjadi tidak terbaca. Pastikan sobat cek dahulu dan bersihkan ya menggunakan kuas kecil atau bisa menggunakan cotton bud, tapi jangan menggunakan air walaupun sedikit sebab dikhawatirkan malah menambah permasalahan. Pastikan sobat juga membersihkan konektor USB dari flashdisk atau kabel data juga ya, barangkali kedua itu juga dihinggapi kotoran. Namun jika masih belum teratasi juga, sobat silahkan simak cara selanjutnya dibawah ini.

Update Device Manager

Cara selanjutnya termasuk jika menghadapi masalah usb HP tidak terdeteksi di windows 10, yaitu dengan cara update device manager, bagaimana caranya?

  • Pertama buka tool pencarian / search, lalu search Device Manager
sambungan usb android tidak terbaca di komputer
  • Selanjutnya pilih Universal Serial Bus controllers yang ada di paling bawah, lalu klik.
usb hp tidak terbaca
  • Lalu klik kanan Device, dan pilih Properties
  • Nantinya di bagian atas terdapat opsi Driver, sobat pilih dan langsung klik.
  • Terakhir Update Driver dan tunggu beberapa saat, jangan di close ya!
usb hp tidak terdeteksi di windows 10

Baca Juga: Cara Mudah KOmpres File PDF menjadi 300 Kb

Namun jika cara itu belum berhasil juga, kami punya beberapa cara lainnya untuk sobat, silahkan simak dibawah ya!

Matikan Fast Startup

Nah fitur Fast Startup bisa saja membuat Windows 10 sobat kesulitan membaca flashdisk atau usb hp sehingga tidak terdeteksi.

Cara menonaktifkannya mudah banget kok,

  • Silahkan sobat buka Control Panel dari menu Windows,
hp tidak terbaca di laptop
  • kemudian pilih opsi Hardware and Sound, lalu sobat klik opsi Power Options.
  • Lalu selanjutnya di daftar opsi paling kiri, cari dan klik “Choose what the power button do”.
usb android tidak terbaca
  • kemudian sobat klik opsi “Change setting that are currently available”.
usb android tidak bisa connect ke pc
  • Kemudian Cari opsi Fast Startup dan klik Turn Off atau hingga tanda centang menghilang. kemudian sobat klik Save changes untuk menyimpan perubahan, dan terakhir restart PC sobat!
usb storage android tidak terdeteksi
  • Selesai!

jika sambungan USB masih tidak terbaca di komputer, simak cara lainnya yaitu dengan

Uninstall Flashdisk

Jika sobat sudah mencoba untuk update driver maupun cara diatas lainnya tetapi tidak berhasil juga, sobat bisa ini memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca dengan cara uninstall perangkat. Bagaimana caranya?

Caranya

  • Sobat cabut flashdisk dari PC atau laptop kemudian tekan tombol Windows + X dan pilih opsi Device Manager dari daftar.
  • Selanjutnya ketika Device Manager terbuka, sobat silahkan klik opsi Disk drives yang ada di daftar dan cari perangkat flashdisk sobat.
  • Lalu silahkan sobat klik kanan dan pilih opsi Uninstall Device. Nah jika driver berhasil di-uninstall, restart PC atau laptop sobat ya!
  • Terakhir jika sudah menyala, coba sambungkan flashdisk sobat ke Port USBnya.

Jika belum bisa teratasi juga, kami punya cara lain yaitu dengan

Uninstall Hidden Devices

Nah terkadang perangkat yang tidak terbaca bisa saja tersembunyi di Device Manager.

                Bagaimana cara meng-uninstallnya?

  • Pertama, sobat coba buka Windows dan search Device Manager pada tools search / pencarian
hp tidak terbaca di pc
  • Jika duah masuk, sobat pilih tab View yang ada diatas.
usb hp tidak terdeteksi di laptop
  • Selanjutnya sobat silahkan klik Show Hidden Devices,
  • Nantinya akan keluar berbagai perangkat yang tersembunyi, kemudian sobat pilih uninstall device yang ingin sobat hapus / uninstall.
  • Selesai.

Bawa Ke Jasa Service

Nah cara terakhir jika cara-cara diatas tidak bisa atau tidak bekerja, sebaiknya sobat bawa ke jasa service ya, kemungkinan komponen yang ada di Port USB sobat mengalami kerusakan.

Namun sebelum itu jangan terburu-buru untuk bawa ke jasa service, pastikan sobat juga mengecek flashdisk sobat terlebih dahulu, barangkali konektor USB flashdisknya yang mengalami gangguan ada kerusakan bukan port USB pada laptop atau PC sobat.

Baca Juga : Mengatasi HP Mati Total

Akhir Kata

Nah mungkin pembahasan diatas adalah beberapa cara terbaik mengatasi usb handphone android ataupun usb komputer / laptop yang bisa kami berikan untuk sobat, namun jika sobat memiliki cara lain jangan lupa beritahu kami semua ya melalui kolom komentar dibawah. Terima kasih dan selamat mencoba! 😊

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *