Menonton sebuah film menjadi sebuah alternatif pilihan untuk beberapa orang untuk melepas penat setelah seharian bekerja. Tak hanya film dalam negeri, seseorang biasanya akan mencoba untuk menonton aneka tayangan luar negeri karena memiliki gaya penyajian yang berbeda. Namun, kendala akan bahasa sepertinya menjadi salah satu permasalahan serius yang dihadapi oleh penonton. Hal inilah yang kemudian menjadikan subscene menjadi pilihan situs download terbaik bagi masyarakat.

Salah satu efek kesan yang ditinggalkan ketika seseorang tengah menonton film adalah kemampuan akting dari para aktor dan aktris untuk membawakan perannya masing-masing. Hal ini dapat ditemukan feelnya ketika Anda memahami bahasa yang digunakan. Sayangnya, tak semua situs download film menyediakan subtitle secara langsung. Sehingga Anda harus mengaksesnya secara terpisah melalui situs khusus. Sebagai referensi, berikut akan kami sajikan rangkaian informasi mengenai download subtitle indonesia film secara terperinci.

Sekelumit Tentang Sub Scene

Sebagian besar dari Anda mungkin belum memahami apa itu subscene. Perlu Anda ketahui bahwa situs tersebut merupakan tempat Anda bisa mendapatkan aneka jenis subtitle film dari berbagai jenis bahasa. Tak hanya itu saja, jenis terjemahan film yang tersedia pun terbagi dalam beberapa jenis pilihan menyesuaikan siapa yang menerjemahkan. Teks yang tersedia pun biasanya berbeda-beda ditandai dengan beberapa warna seperti biru, kuning, hijau, putih, dan pink. Anda bisa menyesuaikan sendiri ingin menggunakan warna apa untuk terjemahan film Anda. Sebagai situs terpercaya tak heran jika banyak masyarakat yang mengaksesnya. Namun, tahukah Anda bagaimana cara mengunduh file dari situs tersebut?

Cara Download Subtitle Indonesia

Pecinta film luar tentu sudah tidak asing dengan salah satu situs penyedia terjemahan ini. Meski pada dasarnya situs unduh film menyediakan dua jenis yakni hardsub dan softsub. Namun, pengguna lebih banyak memilih jenis softsub karena ukuran filenya tidak terlalu besar. Hal inilah penyebab banyaknya pelanggan yang mengunjungi situs subcene ketika akan mengunduh softsub. Sebagai tambahan informasi, berikut rincian cara mengunduh file tersebut.

Buka Situs Subscene

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengunjungi situs tersebut. Anda bisa membukanya melalui komputer atau smartphone. Ketikkan saja situs tersebut pada browser dan enter, tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Pastikan alamat yang Anda masukkan benar ya.

Pilih Bahasa yang Digunakan

Untuk mempermudah Anda dalam melakukan pencarian subtitle indonesia. Alangkah lebih baiknya jika Anda lakukan terlebih dahulu pengaturan bahasa. Hal ini akan mempermudah proses dan tidak memakan waktu yang banyak karena situs menampilkan softsub secara keseluruhan dalam berbagai bahasa. Anda hanya perlu melakukan perubahan tersebut pada menu change filter. Jika sudah, maka silakan ceklist di bagian check box pada jenis bahasa yang Anda inginkan dan diakhiri dengan mengeklik save. Pada situs ini Anda pun bisa melakukan pemilihan softsub yang memperdengarkan adegan khusus (mengetuk pintu, misalnya) atau tidak. Cukup pilih pada bagian menu hearing impaired.

Ketikkan Judul Film yang Dimaksud

Pada bagian ini, Anda hanya perlu mengetikkan judul film yang akan Anda download subtitle film nya. Perlu Anda ingat bahwa bagian ini tidak termasuk case sensitive sehingga ukuran huruf maupun tata ejaan tidak berpengaruh. Jika sudah, maka silakan Anda pilih kriteria yang sesuai dengan keinginan Anda karena lazimnya akan terdapat beberapa pilihan warna text. Warna tersebut terdiri atas kuning, putih, hijau, biru maupun pink. Selain cara tersebut, Anda bisa menggunakan alternatif lainnya yakni cukup mengetikkan pada browser sunscene.com diikuti dengan nama judul film yang ingin dicari subtitle nya. Bagaimana, mudah bukan? Hal ini tentu akan lebih efektif untuk dilakukan.

Tunggu Proses Unduh

Apabila proses nomor tiga sudah Anda lewati, maka tahapan selanjutnya adalah proses pengunduhan. Sebelum mengeklik unduh, pastikan bahwa softsub di situs subscene yang telah dipilih adalah yang terbaik. Anda bisa memeriksanya pada bagian rating, jika abu-abu menandakan belum adanya penilaian dari pengguna, dan jika rating berwarna hijau maka pengguna lain telah menilai bahwa softsub tersebut bagus. Selanjutnya silakan tunggu beberapa saat hingga proses download subtitle selesai. Pastikan koneksi internet Anda lancar dan stabil.

Lakukan Extract Folder

Setelah selesai melewati proses pengunduhan, saat ini Anda tetap belum bisa menggunakan fitur softsub tersebut. Pasalnya file tersebut masih berupa gabungan artinya harus dilakukan extract terlebih dahulu. Untuk itu, silakan lakukan pengextractan selama beberapa saat.

Baca juga: Cara Download Subtitle Indonesia untuk Film dan Drama

Cara Memasang Subtitle yang Sudah di Unduh

Seperti halnya yang sudah disinggung pada penjelasan di muka. Ketika proses pengunduhan softsub melalui subscene telah selesai dilakukan, Anda tidak serta merta bisa langsung mengoperasikannya. Terdapat beberapa langkah lagi yang harus Anda ikuti. Berikut beberapa ketentuan yang harus Anda lakukan agar softsub dapat berjalan dengan baik.

Cari  Letak Penyimpanan Folder

Pertama, silakan lakukan pencarian file yang sudah di download sebelumnya. Lazimnya file tersebut berada pada folder download sesaat setelah dilakukan proses pengunduhan. Selanjutnya Anda bisa memindahkan pada folder film yang dimaksud atau tetap menyimpannya di folder download.

Extract Folder yang Dimaksud

Setelah itu, silakan extract file yang berisi softsub film tersebut karena masih berupa gabungan file. Anda cukup mengeklik kanan pada mouse ketika kursor telah diarahkan pada folder yang dimaksud. Jika sudah maka silakan pilih menu extract all files agar file dapat terdeteksi di komputer Anda.

Copy File yang Ada Didalamnya

Pada folder tersebut biasanya akan terdapat beberapa pilihan subtitle download. Terdiri atas warna-warna yang pernah disinggung sebelumnya, Anda diharuskan memilih salah satu diantaranya. Penyesuaian atas background layar di film dapat menjadi pertimbangan utama yang bisa dijadikan patokan. Jika kondisi film cenderung gelap maka penggunaan warna kuning atau hijau tak masalah. Beda halnya jika film tersebut menghadirkan scene terang, maka agak kurang bijak jika memilih warna terang pula karena dapat menyebabkan mata sakit.

Rename File

Terakhir, setelah melewati beberapa proses tersebut Anda hanya perlu melakukan pengcopyan file yang dipilih sebelumnya. Sandingkan dengan film yang dimaksud agar mempermudah proses. Agar file subtitle tersebut terus berdampingan dengan film serta dapat digunakan dengan baik, maka Anda harus melakukan rename file. Silakan copy name file film tersebut dan ganti/ pastekan pada name file subtitle. Jika sudah silakan lakukan uji coba agar terlihat berhasil tidaknya proses.

Penjelasan mengenai situs subscene meliputi fungsi, cara download serta cara pengoperasiannya tersebut semoga dapat menambah khasanah pengetahuan Anda. Perlu diingat bahwa informasi tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu, sehingga penting bagi Anda untuk senantiasa update agar bisa mengoptimalkannya dengan baik. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here