Cara Mengatasi Google Play Store Yang Loading Terus Menerus

  • Whatsapp
Mengatasi Google Play Loading

Play store sobat saat ini tidak bisa dibuka karena loading terus menerus? Padahal sedang butuh untuk download suatu aplikasi? Jika iya, pas banget! Artikel ini akan membahas cara mengatasi Google Play Store yang Loading terus menerus, mungkin bisa membantu sobat!

Play store merupakan suatu platform yang sangat penting di handphone android, play store memuat jutaan aplikasi yang bisa diunduh oleh pengguna, juga pengguna bisa upload atau jual aplikasi melalui play store. Namun kadangkala, dari sekian banyaknya fitur yang play store tawarkan, masih banyak dijumpai beberapa masalah yang membuat pengguna kesulitan mengaksesnya. Misalnya saja play store tidak bisa di buka, tidak bisa mendownload, loading yang terus-terusan, dan banyak lainnya.

Bacaan Lainnya

Nah untuk mengatasi play store yang loading terus menerus, kami akan berikan solusi yang bisa sobat ikuti yang kemungkinan besar sekali akan berhasil. Berikut ulasannya!

Mengatasi Play Store Loading Terus

1. Menghapus Cache & Data Play Store

Cara Mengatasi Google Play Store Yang Loading Terus Menerus

Cara pertama jika sobat mengalami gangguan untuk mengakses play store adalah dengan menghapus cache serta data Play Store. cara ini menurut kami sangat efektif, karena Tindakan ini akan me-refresh aplikasi seperti dari awal. Bagaimana cara hapus cache dan hapus data?

  • Pertama, silahkan sobat buka Settings atau Setelan di perangkat atau handphone sobat.
  • Jika sudah, pilih “Aplikasi & notifikasi” atau “System Apps” dan pilih “Lihat semua aplikasi.”
  • Disini sobat bisa scroll ke bawah, lalu ketuk pada Google Play Store.
  • Selanjutnya silahkan ketuk “Penyimpanan” lalu klik tombol “Hapus Cache”
  • Jika sudah menghapus cache, sobat bisa menghapus datanya dengan menekan tombol “Hapus data.”
  • Terakhir, coba sobat buka kembali Play Store untuk mengeceknya.
  • Selesai!

Baca juga: Cara Memperbesar Ukuran Teks di Google Chrome Android Dengan Mudah!

2. Memastikan Jaringan Internet atau Wifi Kuat.

Cara Mengatasi Google Play Store Yang Loading Terus Menerus

Kadangkala masalah sepele ini bisa memicu play store yang tidak bisa dibuka atau loading terus menerus. Biasanya jaringan yang lemah akan membuat play store terus terusan loading. Silahkan sobat memastikan internet sobat berjalan baik atau tidak. Sobat bisa test speed internet, bisa coba buka browser, bisa coba dengan hotspot atau wifi lain, atau buka aplikasi online yang lainnya, jika memang tidak bekerja pada aplikasi lain, yup berarti internet sobat bermasalah.

3. Menonaktifkan VPN

Cara Mengatasi Google Play Store Yang Loading Terus Menerus

Cara selanjutnya untuk mengatasi play store yang tidak bisa di buka adalah dengan menonaktifkan VPN. Kadagkala banyak pengguna yang sehabis menggunakan VPN lupa kembali mematikan VPNnnya. Ini bisa menghambat pengguna mengakses platform tertentu.

Jika memang sobat masih menyelakan wifi, langsung saja sobat bisa mematikan VPN sobat terlebih dahulu, lalu sobat silahkan buka kembali play store. Nah jika terbuka, coba sobat download aplikasi tertentu untuk mengecek apakah Google Play Store berjalan baik atau tidak.

4. Reboot / Restart Handphone

blank

Selanjutnya yang bisa sobat coba jika google play store masih terus-terusan loading dan tidak dapat terbuka yaitu sobat bisa reboot atau restart handphone sobat. Me-reboot handphone atau perangkat bisa memberikan ‘kelegaan’ kepada sistem handphone, karena reboot sendiri ibarat seperti sistem yang sedang lelah bekerja lalu di ‘tidurkan’ dahulu agar membuat kinerja sistem berjalan baik dan normal kembali.

Untuk me-reboot handphone, sobat bisa tekan lama tombol power, lalu nantinya akan muncul beberapa pilihan, sobat bisa memilih restart atau reboot dan tunggu hingga handphone hidup kembali. Jika sudah hidup, silahkan sobat buka aplikasi play store apakah berjalan baik atau masih loading terus-terusan.

Baca Juga :

5. Membuat Akun Google Baru

Cara Mengatasi Google Play Store Yang Loading Terus Menerus

Cara selanjutnya jika play store sobat masih mengalami loading terus menerus adalah sobat bisa coba buat akun google yang baru. Terkadang akun google kita bisa mengalami masalah, sehingga bisa  membuat terhambatnya pengguna dalam mengakses beberapa hal. Seperti mengakses play store. Silahkan deh sobat buat akun google yang baru. Bagaimana caranya?

  • Pertama, silahkan sobat buka Halaman Pembuatan Akun Google, atau bisa klik disini
  • Selanjutnya sobat bisa masukkan nama sobat.
  • Pada kolom “Nama pengguna”, masukkan nama pengguna yang sobat inginkan untuk Akun Sobat.
  • Selanjutnya sobat bisa Masukkan dan konfirmasi sandi.
  • Klik Berikutnya.
  • Lalu silahkan verifikasi nomor ponsel sobat dengan kode yang dikirim melalui SMS.
  • Klik Verifikasi.
  • Selesai!

Silahkan sobat login dengan akun yang baru, dan coba buka play store untuk mengeceknya.

6. Perbarui Sistem Handphone

Cara Mengatasi Google Play Store Yang Loading Terus Menerus

Cara selanjutnya jika soba masih mengalami play store yang terus-terusan loading adalah dengan memperbarui sistem handphone sobat. memperbarui sistem bisa sangat membantu, nantinya sistem yang terbaru bisa mengatasi bug-bug yang sering muncul, menghapus virus, memperbaiki tingkat keamanan data, dan sebagainya.

Maka dari itu, jika handphone sobat belum diperbarui sistemnya, silahkan deh sobat perbarui dahulu. Dan jika sudah diperbaharui, sobat bisa buka play store dan cek apakah masih loading terus menerus ataukah sudah berjalan seperti biasa.

7. Setel Ulang Pabrik

Cara terakhir yang paling ekstrim namun pasti berhasil adalah dengan menyetel ulang pabrik pada handphone sobat. setel ulang pabrik berarti membuat sistem seperti saat pertama kali sobat membeli perangkat ini, alias kembali ke sistem awal atau orisinil.

Untuk menyetel ulang pabrik atau me-reset handphone sendiri, caranya sedikit berbeda pada tiap-tiap perangkat atau handphone. Sobat bisa mencarinya melalui google atau youtube sesuai degan merek dan jenis handphone android sobat.

Note : Kami tidak menyarankan cara terakhir yang setel ulang pabrik. Karena ini bisa menghapus seluruh data yang tersimpan di perangkat. Agar lebih aman, sebelum melakukan reset atau setel ulang pabrik, alangkah baiknya data-data di backup terlebih dahulu agar data tetap aman dan tidak terhapus secara permanen.

Baca Juga : Fitur Baru Google Play Games, Permudah menambahkan teman untuk membantu pengguna bermain bersama

Akhir Kata

Yup pembahasan diatas adalah cara mengatasi Google Play Store Loading terus-menerus atau permasalahan lainnya yang berkaitan dengan play store. Sobat bisa ikuti cara tersebut dengan mudah.

Selamat mencoba dan semoga berhasil! 😊

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *