Cara mengatasi Pembayaran Google Play Store yang Tidak Berhasil

  • Whatsapp
Pembayaran google play store yang tidak berhasil

Play Store ibarat menjadi ‘toko’ pada smartphone android. Pada play store sendiri, terdapat jutaan aplikasi yang bisa pengguna unduh dan dimiliki. Aplikasi pada play store bermacam-macam rupa, misalnya seperti aplikasi games, aplikasi edukasi, aplikasi musik, dan sebagainya.

Sebagian besar aplikasi pada android adalah free atau gratis, dan sebagiannya untuk dapat dinikmati aplikasinya pengguna harus membayar kepada pengembang melalui google play store sendiri. Namun tidak jarang juga ditemui permasalahan pengguna kepada play store, misalnya saja masalah transaksi pembayaran untuk membeli sebuah aplikasi namun tidak berhasil atau metode pembayaran di Google Play ditolak sehingga pembayaran menjadi gagal.

Bacaan Lainnya

Nah permasalahan ini banyak menjadi keluhan para pengguna play store, namun jangan khawatir. Karena disini kami akan membagikan tips dan cara mengatasi masalah pembayaran di google play store yang tidak berhasil atau ditolak.

Mekanisme pembayaran di google play store. Berikut caranya :

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi masalah pembayaran yang ada di Play Store, berikut adalah cara untuk melakukan pembelian aplikasi dan lainnya,

  1. Di ponsel atau tablet Android sobat, silahkan buka aplikasi Google Play Store.
  1. Sobat bisa pilih item atau aplikasi yang ingin sobat beli. Lalu ketuk harganya.
  1. Selanjutnya sobat bisa ketuk “metode pembayaran saat ini”.
  1. Pilih metode pembayaran lain atau tambahkan metode pembayaran baru. Misalnya melalui paypal, melalui bank, melalui voucher, dan sebagainya.
  1. Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan pembelian.
  1. Selesai!

Cara Untuk Mengatasi Pembayaran Tidak Berhasil atau Ditolak Pada Google Play Store

1. Cek Koneksi Internet & Jaringan.

Cara mengatasi Pembayaran Google Play Store yang Tidak Berhasil

Hal pertama yang bisa sobat coba untuk mengatasi pembayaran yang tidak berhasil pada play store adalah mengecek jaringan internet pada handphone. Biasanya ditemui beberapa kasus pembayaran yang gagal karena jaringan atau sinyal internet kurang kuat, sehingga play store tidak merespon pembayaran atau transaksi.

2. Gunakan metode pembayaran lain.

pembayaran google play store yang tidak berhasil

Cara pertama yang bisa sobat coba untuk mengatasi pembayaran tidak berhasil pada play store adalah dengan mengganti metode pembayaran lain. Misal terjadi error pada pembayaran kartu kredit, sobat bisa pilih metode lain misal pembayaran dengan redeem code, dan sebagainya. Sobat bisa coba yang sekiranya sobat bisa dan miliki.

3. Cek Kartu Kredit

Cara mengatasi Pembayaran Google Play Store yang Tidak Berhasil

Jika sobat mengalami pembayaran tidak berhasil dengan metode pembayaran kartu kredit, sobat bisa cek ulang apakah kartu kredit sobat masih berlaku ataupun tidak, dan mengalami error atau tidak. nah biasanya ditemui pesan seperti ini pada transaksi pembayaran yang gagal di play store

  • “Tidak dapat memproses pembayaran: saldo kartu rendah”
  • “Tidak dapat menyelesaikan transaksi. Gunakan metode pembayaran lain”
  • “Transaksi Anda tidak dapat diselesaikan”
  • “Tidak dapat menyelesaikan transaksi: kartu sudah tidak berlaku”
  • “Perbaiki info kartu ini atau coba kartu lain”

Nah sobat bisa cek kartu kredit sobat, dan bisa tanyakan pada layanan bank terkait, mungkin bisa saja terjadi error sehingga menyebabkan aktivitas transaksi dihentikan sementara.

4. Restart Handphone

Cara mengatasi Pembayaran Google Play Store yang Tidak Berhasil

Cara lainnya untuk mengatasi pembayaran yang gagal pada google play store adalah sobat bisa merestart atau memulai ulang perangkat, atau dengan kata lain adalah menyegarkan sistem. Mungkin saja sistem pada perangkat sobat yang membuat pembayaran tersebut dan aktivitas lainnya terganggu. Langsung saja deh sobat coba untuk merestart perangkat, lalu coba kembali untuk melakukan pembayaran.

5. Lepas SIM Card Yang Bukan Untuk Pembayaran Via Pulsa

pembayaran google play store yang tidak berhasil


Nah yang terakhir bisa sobat lakukan adalah melepas sim card yang bukan untuk pembayaran (Jika pembayaran memakai pulsa).

Jika provider sobat Telkomsel, membayar aplikasi play store memang bisa menggunakan pulsa. Nah Masalah pembayaran tidak berhasil di google play salah satunya disebabkan oleh hal ini. Jika ada 2 sim yang terpasang di ponsel sobat, keluarkan salah satu dan pastikan hanya sim 1 yang digunakan untuk pembayaran. Meskipun saldo maupun pulsa mencukupi pada sim 1 yang terpasang, bisa saja perangkat membaca sim card yang ke-2 yang mana menyebabkan kesalahan pembacaan kartu sim.

Baca Juga : Cara Mengatasi SIM Card yang Tidak Terbaca (Semua Merek Handphone)

Cara mengubah pembayaran google play dengan pulsa

Sebagai tambahan, jika Sobat menggunakan alat pembayaran menggunakan kartu kredit, kalian bisa dengan mudah mengganti alat pembayaran di Google Play menggunakan pulsa. Berikut adalah langkah mudah untuk melakukan perubahan alat pembayaran,

  1. Di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Google Play Store
  2. Kemudian klik Menu, lalu pilih Metode pembayaran.
  3. Terdapat bagian menu “Tambahkan metode pembayaran”, pilih metode pembayaran yang ingin ditambahkan, dalam hal ini pembayaran diubah menggunakan pulsa dan ikuti petunjuknya
  4. Metode pembayaran baru akan ditambahkan ke Akun Google Sobat.

Cara mengubah pembayaran Google Play dengan menggunakan pulsa ini berlaku untuk beberapa operator seperti Simpati, Telkomsel, XL, Indosat atau bahwa 3 (Tree).

Metode pembayaran google play Telkomsel tidak tersedia

Jika Sobat adalah pengguna Telkomsel dan mengalami masalah pembayaran Google Play yang tidak tersedia, Sobat bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah paling penting pastikan dahulu apakah pulsa Sobat mencukupi untuk membeli item/aplikasi atau tidak, jika sekiranya cukup dan masih mengalami masalah pembayaran bisa mengikuti langkah di bawah ini.

  1. Pertama coba terlebih dahulu hapus data yang ada di Google Play Service dan Google Play Store, Caranya masuk ke : Setelan > Aplikasi > Google Play Service / Google Play Store > Hapus Data
  2. Langkah kedua, silahkan Sobat keluarkan satu per satu akun yang ada dalam perangkat, Caranya masuk ke : Setelan > Akun > Google > Hapus Akun
  3. Langkah selanjutnya silahkan untuk mencopot terlebih dahulu kartu SIM yang Sobat gunakan dan pastikan menggunakan slot SIM 1 saja.
  4. Selanjutnya hidupkan kembali perangkat dan pastikan HP tidak menggunakan jaringan WiFi karena disini sobat harus menggunakan jaringan dari data selular.
  5. Setelah itu masuk kembali ke salah satu akun terlebih dahulu : Setelan > Akun > Google

Sebagai informasi tambahan, biaya yang akan dikeluarkan dalam melakukan pembelian aplikasi menggunakan pulsa adalah sebagai berikut : biaya aplikasi + pajak (10%) + biaya servis provider (2%).

Cara mengatasi masalah pembayaran Google Play yang tidak tersedia ini bisa juga digunakan untuk pengguna operator seperti XL, Indosat, Simpati dan Tree 3.

Baca juga: Cara Mengatasi Google Play Store Yang Loading Terus Menerus

Akhir Kata

Yup, langkah-langkah diatas adalah cara untuk mengatasi pembayaran google play store yang tidak berhasil. Silahkan deh sobat ikuti, selamat mencoba dan semoga berhasil! 😊

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *