Cara Mengatasi Gmail Yang Tidak Sinkronisasi di Android

  • Whatsapp
Cara Mengatasi Gmail Yang Tidak Sinkronisasi (1)

Gmail tentunya menjadi hal yang penting bagi pengguna smartphone saat ini. Gmail sendiri bisa membantu pengguna dalam urusan pekerjaan, perkuliahan, pembelajaran, dan lainnya. Bukan hanya urusan pekerjaan, gmail juga tentunya bisa mengaitkan beberapa akun aplikasi, jadi ketika pengguna berganti HP, akun tidak akan hilang. Begitupula game, hampir semua game android mempunyai fitur Bin Account ke gmail atau akun google.

Nah tentunya Gmail yang tidak tersinkron akan mengalami beberapa masalah yang bisa menghambar pekerjaan para user atau pengguna, seperti Tidak bisa mengirim email, atau email macet saat dikirim, Tidak menerima email baru, Tidak bisa membuka atau membaca email, Error yang memunculkan “Akun tidak disinkronkan”, dan bisa membuat Aplikasi Gmail sangat lambat.

Bacaan Lainnya

Bagaimana sih cara mengatasinya? Jika penasaran, yuk simak ulasan di bawah in!

Cara Mengatasi Gmail yang Tidak Sinkronisasi di Android

Update Aplikasi Gmail

Cara pertama yang bisa sobat coba untuk mengatasi Gmail yang tidak dapat sinkron adalah dengan mengupdate aplikasi gmail pada perangkat sobat. Mengupdate bisa menambah fitur baru dan memperbaiki bug-bug yang sebelumnya terjadi pada Gmail.

Cara update aplikasi Gmail sangat mudah,

  • Pertama sobat bisa buka Play Store di handphone sobat,
  • lalu pilih ikon garis tiga di pojok kiri atas jendela play store,
  • Selanjutnya sobat bisa pilih “My Apps & games”
  • Nah disini sobat bisa perbarui beberapa aplikasi termasuk Gmail
  • Selesai.

Baca Juga : Cara Hack HP Android Jarak Jauh Paling Ampuh

Mulai Ulang Perangkat / Handphone

Cara lainnya untuk mengatasi gmail yang tidak bisa sinkron adalah sobat bisa coba untuk memulai ulang atau reboot perangkat handphone sobat. Memulai ulang sama saja me-refresh atau menyegarkan kembali handphone.

Sobat bisa memulai ulang handphone dengan cara menekan tombol power yang lama, lalu pilih Reboot atau restart, dan tunggu beberapa saat hingga handphone hidup kembali. Lalu sobat coba buka gmail.

Bersihkan Ruang Penyimpanan Handphone

Hal yang tidak kalah penting untuk mengatasi gmail yang tidak bisa disinkronisasi salah satunya adalah membersihkan ruang penyimpanan handphone sobat. memori yang penuh akibat banyaknya file, akan membuat kinerja handphone melambat. Sehingga bisa mempengaruhi berbagai aktivitas pada perangkat sobat.

Silahkan deh sobat hapus file maupun aplikasi yang sekiranya sudah tidak terpakai atau kurang berguna.

Hapus Informasi Gmail Sobat

Cara terakhir ini bisa sobat ikuti, namun perlu di catat bahwa langkah-langkah berikut mungkin akan menghapus draf pesan serta tanda tangan, nada dering, dan setelan lainnya. Ikuti langkah berikut jika langkah-langkah di atas tidak berhasil.

  • Di perangkat, sobat silahkan buka aplikasi Setelan Aplikasi Setelan.
  • Selanjutnya, Tap Aplikasi & notifikasi lalu pilih Info aplikasi.
  • Lalu tap atau klik Gmail lalu Penyimpanan.
  • Jka sudah, pilih Hapus data lalu Oke.
  • Terakhir, silahkan Mulai ulang perangkat sobat.
  • selesai

Baca Juga : 2 Cara Membuat Akun Email Gmail di HP Android

Akhir Kata

Nah begitulah pembahasan mengenai cara mengatasi Gmail yang tidak Sinkronisasi di android. Silahkan sobat bisa ikuti cara-cara diatas dengan benar. Selamat mencoba! ?

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini