Cara Mengatasi SIM Card yang Tidak Terbaca (Semua Merek Handphone)

  • Whatsapp
Kartu SIM Tidak Terbaca

Sobat sedang mengalami masalah kartu SIM Card yang tidak terdeteksi atau tidak terbaca pada smartphone sobat? jika iya, mungkin artikel cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca untuk berbagai merk HP termasuk Xiaomi, Oppo, Sony, Samsung, LG bahkan iPhone ini bisa membantu Sobat.

SIM Card menjadi hal yang penting dalam penggunaan perangkat elektronik atau biasa disebut smartphone atau handphone. SIM Card sendiri berfungsi sebagai provider yang melayani koneksi jaringan yang memungkinkan pengguna bisa mengirim pesan (SMS), Telephone, berselancar di internet, dan yang lainnya.

Bacaan Lainnya

Namun kerapkali pengguna juga dihadapkan dengan permasalahan SIM Card yang tidak bisa terbaca atau tidak dapat terdeteksi pada perangkat. Tentunya hal itu bisa sangat mengganggu pengguna dalam hal yang pekerjaan maupun urusan yang lainnya. Tapi tenang, jika saat ini sobat sedang mengalami masalah seperti, sobat bisa menyimak ulasan yang kami berikan di bawah untuk membantu mengatasi SIM Card yang tidak terdeteksi di HP.

Penyebab SIM Card yang Tidak Terbaca

Sebelum itu, sobat perlu ketahui dahulu beberapa sebab mengapa kartu sim atau sim card tidak bisa terbaca pada perangkat, berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

1. Chip Kuning SIM Card Rusak

Hal ini bisa terjadi karena kuningan atau chip yang ada di sim card terkena air atau tergores, atau juga terbanting. Kuningan di SIM card sendiri merupakal komponen yang sangat penting yang berisikan data-data.

2. Komponen Konektor SIM Card di Handphone Rusak

Hal ini bisa saja menjadi penyebab SIM Card tidak terbaca. Sebab jika konektor di handphone rusak, SIM card tidak akan mudah terbaca, slot sim card tidak terdeteksi atau bahkan tidak bisa sama sekali dalam artian slot SIM Card rusak.

3. Masa SIM Card yang Sudah Habis

SIM Card yang sudah habis masa penggunaanya bisa mengakibatkan sim Card sudah tidak dapat berfungsi lagi, yang mana nantinya tida dapat terbaca di perangkat.

4. Error Sistem Pada Smartphone

Error pada sistem bisa mengakibatkan terganggunya kinerja pada smartphone.

Sebenarnya masih banyak penyebabnya, namun yang lebih sering adalah seperti diatas. Nah beginilah cara yang sobat coba untuk mengatasi SIM Card yang error (Semua Merek Handphone).

Cara Mengatasi SIM Card yang Tidak Terbaca

Bersihkan SIM Card

cara mengatasi kartu sim tidak terbaca

Cara pertama yang bisa sobat coba untuk mengatasi SIM Card yang tidak terbaca adalah dengan membersihkan SIM Card sobat. Apapun merek handphone sobat seperti Xiaomi, Asus, Oppo, Samsung, Iphone, dan lainnya, SIM Card yang kotor juga bisa menyebabkan tidak terbaca di perangkat. Silahkan deh sobat bersihkan debu-debu atau kotoran micro dengan menggunakan alat yang halus. Usahakan jangan dengan alat yang kasar, karena bisa menyebabkan goresan dan kerusakan pada sim card.

Test Handphone Dengan SIM Card Yang Lain

cara mengatasi kartu sim tidak terbaca

Bisa jadi sim card sobat yang rusak, disini sobat silahkan test atau masukkan SIM Card lainnya ke dalam handphone sobat. coba dilihat hasilnya. Jika terbaca SIM Card yang lain, maka yang bermasalah adalah SIM Card lama sobat. namun jika tidak terbaca, mungkin ini karena perangkat sobat yang bermasalah atau lebih parahnya lagi slot sim card tidak terdeteksi atau rusak.

Baca Juga : SD Card Tidak Bisa Diformat? Simak Pembahasan Ini!

Atur Ulang Jaringan

cara mengatasi kartu sim tidak terbaca

Mengatur ulang jaringan di perangkat bisa membantu mengatasi sim card yang tidak terbaca lho. Mengapa begitu? Hal ini bisa saja terjadi karena jaringan pada provider yang error. Cara ini bisa di lakukan oleh semua merek handphone seperti Xiaomi, Asus, Oppo, Samsung, Iphone, Realme, Redmi, Huawei, dan lainnya. Bagaimana cara mengatur ulang jaringan?

Sobat bisa buka menu Settings, lalu pilih “Network & Internet”. Jika sudah, disini sobat bisa pilih “Mobile network” lalu ke “Access Point Names.”. Nah disini sobat hanya perlu mengatur ulang jaringan sesuai dengan jaringan operator yang sobat gunakan. Sobat bisa mencari caranya di kanal Youtube maupun google, karena tiap-tiap operator atau provider memiliki cara settings yang berbeda.

Update System Handphone

blank

seperti yang disebutkan diatas penyebab sim card tidak terbaca karena error sistem, maka disini sobat bisa melakukan update system pada smartphone sobat untuk mengatasi bug-bug yang mengakibatkan error pada sistem di handphone. bagaimana cara update sistem perangkat?

  • Pertama, silahkan Sobat pergi ke menu  Settings atau bisa klik ikon gerigi pada menu di handphone sobat.
  • Selanjutnya gulir ke bawah dan temui opsi “About Phone”
  • Nantinya akan ada notifications atau pemberitahuan tentang sistem sobat untuk diperbarui.
  • Klik “Perbarui” atau “Update”

Konsultasi Ke Call Center Provider

slot sim card tidak terdeteksi

 Cara ini bisa sobat coba untuk mengatasi SIM Card yang tidak bisa terbaca. Bisa saja SIM Card sobat tidak terbaca karena memang masa aktifnya sudah habis atau sudah mati seperti yang sudah dijelaskan diatas. Dengan Konsultasi ke call center, sobat akan mengetahui bagaimana keadaan jaringan, juga mengetahui keaktifan SIM Card sobat. Cara ini menurut kami cukup efektif untuk sobat lakukan. Silahkan deh sobat coba cara ini jika cara-cara diatas tidak bisa.

Bawa ke Jasa Service Terpercaya

slot sim card tidak terdeteksi

Cara ini bisa menjadi alternatif jika sobat tidak bisa-bisa juga untuk mengatasi SIM Card yang tidak bisa terbaca. Silahkan sobat bisa bawa ke jasa service terpercaya. Kami sarankan sih sobat bawa ke jasa service sesuai dengan merek Handphone sobat agar lebih aman dan berhasil. Karena tiap komponen pada tiap jenis handphone, memiliki perbedaan.

Factory Reset  / Kembali Ke Setelan Pabrik

Yang terakhir adalah cara yang paling ekstrim yang sangat tidak kami sarankan. Cara ini bisa sobat lakukan jika memang semua cara di atas (Mengatasi SIM Card yang tidak terbaca) tidak mendapatkan titik terang.

Dengan mengembalikan ke setelan pabrik, handphone sobat atau sistem pada handphone akan kembali seperti semula sama seperti ketika dahulu sobat beli. Bagaimana cara factory reset?

  • Masuk ke Settings atau bisa klik ikon gerigi pada handphone sobat
  • Scroll ke bawah, kemudian tap Setelan Tambahan.
  • Lalu tap Cadangkan & setel ulang.
  • Lalu tap Kembalikan ke setelan pabrik.
  • Tap setel ulang telpon.
  • Selesai.

Sebenarnya cara untuk factory reset berbeda-beda pada setiap jenis handphone. Handphone Asus, Realme, iPhone, Huawei, ataupun Xiaomi misalnya,  mereka memiliki step-step dan penulisan kata pada menu yang berbeda-beda. Namun secara garis besar, cara factory reset sama seperti cara diatas yang dijelaskan. Silahkan deh sobat coba sendiri.

Kami Sarankan Sobat Back Up data-data terlebih dahulu untuk melakukan cara terakhir ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Limit Google Drive Sehingga File Tidak Bisa di Download

Akhir Kata

Yup, semoga cara mengatasi kartu sim tidak terbaca diatas berhasil untuk mengatasi SIM Card yang tidak terbaca pada perangkat sobat. Silahkan sobat coba ya😊

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *