Google Resmi Luncurkan Android 11 Edisi GO

  • Whatsapp
Android 11 GO

AndroidPonsel.com – Minggu lalu, Google telah resmi menghadirkan versi stabil Android 11 walaupun tahap awal baru tersedia untuk smartphone Google Pixel, namun beberapa brand sudah menyiapkan update untuk beberapa ponsel andalan mereka.

Jangan kawatir jika Ponsel Anda menggunakan edisi Andriod Go, pasalnya Google telah menghadirkan update untuk OS tersebut, yaitu Android 11 Edisi Go yang ditujukan untuk ponsel dengan RAM sampai dengan 2GB. Dilansir dari laman GSM Arena (11/09/2020), beberapa perangkat lama yang menjalankan Android 10 Edisi Go akan mendapatkan pembaharuan, namun sayangnya tidak ada daftar pasti perangkat mana saja yang akan mendapatkannya.

Bacaan Lainnya

Android 11 Edisi Go memang dikemas lebih ringkas dibandingkan versi Android 11, tapi beberapa fitur utama pada Android 11 hadir di versi Go, diantaranya adalah pemberitahuan yang dikelompokan dan privasi terkait izin aplikasi.

Dalam laporan yang disampaikan oleh GSM Arena, Google menjanjikan peluncuran aplikasi 20 persen lebih cepat dan menghadirkan sistem navigasi gerakan berbasis swipe.

Selain itu ada tambahan fitur baru lainnya yaitu, Folder Aman yang memungkinkan Anda melindungi file sensitif dengan PIN 4 digit di dalam aplikasi Google File.

Sebagai informasi tambahan, Android Go sekarang melayani lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia, termasuk di pasar Indonesia.

Dengan hadirnya upgrade Android 11 Go Edition tentu saja akan menambahkan pilihan smartphone dengan harga yang murah, karena OS ini memang diperuntukkan bagi ponsel Android dengan spesifikasi pas-pasan yang biasanya dijual dengan sangat terjangkau atau ponsel entry level.

Dilansir dari laman The Verge pada Jumat (11/9/2020), dengan Android 11 Go Edition Google fokus mendongkrak performa kecepatan pengoperasian aplikasi di perangkat. Google mengklaim bahwa Android 11 Go terbarunya ini lebih cepat 20 persen dibandingkan versi sebelumnya, yaitu Android 10 Go Edition.

Dikatakan sebelumnya, Android 11 Go Edition juga mendukung ponsel dengan RAM 2 GB, artinya ada kenaikan dari Android 10 Go Edition yang hanya mendukung ponsel dengan RAM 1,5 GB.

Perlu dicatat Android 11 Go Edition hanya bisa dijalankan oleh ponsel yang sejak awal dirancang khusus untuk Android Go.

Walaupun hanya berbekal spesifikasi pas-pasan, Android 11 Go Edition akan memungkinkan pengguna untuk menjalankan lebih banyak aplikasi atau disebut dengan multitasking karena didukung oleh memori ekstra sebesar 270 MB. Selain itu, khusus untuk Android Go 11 yang berjalan di memori RAM 2 GB juga memiliki penyimpanan tambahan hingga 900 MB.

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini