Cara Menggunakan Kuota Belajar Dengan Mudah!

  • Whatsapp
Cara Menggunakan Kuota Belajar gratis

Sobat ingin mendapatkan kuota belajar gratis namun tidak tahu cara menggunakan dan mengaktifkannya? Jika begitu, simak ulasan cara menggunakan kuota belajar yang kami jabarkan dibawah ini ya!

Tidak terasa, Pandemi Covid-19 sudah berlangsung sejak lama di negara Indonesia ini. Pandemi ini menganggu keberlangsungan kehidupan banyak orang, seperti menganggu ekonomi dan pendidikan. Banyak masyarakat yang ikut terdampak akibat covid-19 ini, dengan itu pemerintah berinisiatif membantu masyarakat walaupun sangat sedikit. Misalnya saja untuk bantuan sosial pangan yang membagikan tapi beberapa kali dalam sebulan.

Bacaan Lainnya

Dan untuk pendidikan sendiri yang mana untuk membantu pembelajaran siswa maupun mahasiswa, pemerintah hanya bekerja sama dengan provider Telkomsel dan Indosat untuk menyediakan kuota gratis untuk membantu pembelajaran jarak jauh atau daring. Nah maka dari itu, banyak pengguna yang ingin menagktifkan atau menggunakan kuota belajar, namun banyak juga dari pengguna provider tersebut tidak tahu bagaimana cara menggunakan atau mengaktifkannya. Tenang saja, androidponsel akan membahasnya!

Cara Menggunakan Kuota Belajar

kuota belajar gratis

Yup, Program yang berlaku mulai 21 Agustus 2020 sampai akhir Desember mendatang ini di khususkan untuk mendukung para pelajar dan mahasiswa untuk mengakses materi. Para pelajar atau mahasiswa nantinya bisa mengakses Rumah Belajar, Zenius, Quipper, Udemy, Duolingo, Sekolah.mu, Cakap, Bahaso, Cambridge, AyoBlajar, Zoom, CloudX, UMeetMe, Microsoft Teams, Cisco Webex, Google Meet, Google Classroom dan ratusan e-learning kampus atau sekolah.

Sebelum mengetahui bagaimana cara menggunakan kuota gratis untuk belajar tersebut, tentu saja Sobat harus melihat cara penggunaannya di masing-masing profider yang Sobat gunakan, berikut adalah beberapa cara berdasarkan profider telekomunikasi yang ada di Indonesia.

Cara mengaktifkan atau menggunakan kuota belajar Telkomsel

Menggunakan Via Dial/Call

  • Pertama, solahkan sobat buka menu panggilan atau dial sobat
  • Kemudian sobat silahkan tekan *363*844#.
  • Setelah itu sobat bisa pilih “1”.
  • Nah disini sobat bisa beli paket 10 GB Kuota Belajar Rp 10.
  • Selanjutnya sobat pilih “1. Beli”’.
  • Terakhir silahkan Konfirmasi pembelian.
  • Yup, pembelian kuota belajar berhasil!

Menggunakan Aplikasi My Telokomsel

  • Pertama, silahkan sobat unduh aplikasi My Telkomsel di Play Store.
  • Lalu silahkan sobat buka dan jalankan aplikasi MyTelkomsel. Disini sobat bisa pilih menu “Belanja”.
  •  Kemudian pilih atau klik menu “Internet”.
  • Nantinya akan ada pilihan kategori “Pendidikan”. Silahkan sobat klik pilihan tersebut.
  • terakhir pilih “Kuota Belajar Rp10”. Lalu Konfirmasi pembelian.
  • Yup, pembelian kuota belajar berhasil!

Baca Juga : Paket Internet Telkomsel, “Paket Sakti dan Murah” dengan Kualitas Unggulan!

Namun sayangnya, kuota belajar telkomsel ini tidak bisa digunakan untuk mengakses beberapa media sosial. Hmm, sayang banget ya?

Mengaktifkan Kuota Belajar Indosat (IM3 Oredoo)

Nah paket data belajar untuk mendukung belajar jarak jauh atau online juga disediakan oleh Indosat melalui IM3 Ooredoo dengan paket IMClass 30GB dengan harga Rp 5.000 selama 30 hari.

Untuk mendapatkan paket data ini sobat bisa membeli paket melalui cara berikut:

  • Pertama, sobat bisa buka menu panggilan atau dial sobat
  • Lalu silahkan ketikkan kode ini *123*369#
  • Lalu nanti ikuti instruksinya.
  • Selesai, sobat sudah mendapatkan kupta belajar

Selain melalui menu dial atau panggilan, sobat juga bisa membeli atau mengaktfkan melalui aplikasi myIM3 dengan pilihan paket data bernama IMClass.

Oh iya kami ingatkan lagi, untuk mengaktifkannya sobat hanya perlu memiliki saldo pulsa sebesar 5000 saja!

Baca Juga : Cara Cek Nomor HP Indosat Dengan Mudah!

Kuota Belajar Gratis dari XL Axiata

Untuk pelanggan XL yang ingin mendapatkan program kuota belajar gratis hanya bisa didapatkan oleh pengguna kartu Axis dengan nominal kuota sebesar 30GB.

Kuota data gratis pelanggan XL tersebut dibagi ke dalam dua paket, yaitu 15 GB untuk kuota conference yang bisa dipakai mengakses aplikasi belajar online, seperti Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom.

Sementara, sisa 15 GB lagi yang merupakan Kuota Edukasi diperuntukkan mengakses aplikasi-aplikasi yang menyediakan bahan pendukung pelajaran, misalnya Udemy, Ruangguru, Zenius, dan Sekolahmu. Kuota ini juga bisa dipergunakan untuk mendapatkan materi belajar yang disediakan Rumah Belajar Kemendikbud di website belajar.kemendikbud.go.id dan Spada Indonesia Kemendikbud di spada.kemdikbud.go.id atau lmsspada.kemdikbud.go.id.

Kuota Belajar Gratis Hutchison 3 Indonesia (Tri)

Untuk pengguna Tri, perusahaan menyediakan kuota data gratis dengan total 30GB untuk siswa, guru, mahasiswa, dan dosen. Kuota data gratis ini bisa dinikmati pelanggan baru maupun lama.

Berikut rincian dari kuota tersebut;

  • 10 GB untuk mengakses semua aplikasi,
  • sedangkan 20 GB merupakan kuota pelajar yang sebagai penunjang saat mengunjungi aplikasi dari Ruangguru, Edmodo, Zenius, dan Google Classroom dalam 24 jam selama 30 hari.

Tapi kuota data gratis Tri tersebut hanya akan diberikan pada bulan pertama. Sementara untuk bulan ke-2 sampai ke-3 hanya akan mendapatkan cashback sebesar 20% setiap isi ulang pulsa selama periode September – Desember 2020 atau sesuai dengan periode pengadaan bantuan kuota internet dari Kemendikbud.

Untuk mendapatkan paket internet ini, pelanggan hanya perlu mengaktifkan dan mendaftarkan kartu Tri sebelum tanggal 31 Agustus 2020 melalui pendataan di sekolah ataupun universitas. Kuota 30 GB dari Tri akan diberikan saat bantuan kuota internet dari Kemendikbud telah diaktifkan.

Akhir Kata

Bagaimana? Cukup mudah cara menggunakan kuota belajar gratis atau cara mengaktifkannya bukan? silahkan deh sobat ikuti langkah-langkah di atas untuk mendapatkan kuota belajar yang bisa dipakai untuk membantu pembelajaran sobat. Selamat mencoba! 😊

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini