Tips dan Cara Menggunakan Aplikasi TikTok Untuk Pemula

  • Whatsapp
Cara Menggunakan TikTok untuk Pemula

Sobat ingin menggunakan aplikasi TikTok namun belum paham atau mengetahuicara-caranya? Tenang! Kami akan membagikan tips sederhana dan cara menggunakan TikTok bagi pemula.

Seperti yang kita tahu, TikTok saat ini sangat diminati banyak orang, terlebih kaula-kaula muda seperti sobat. Bukan hanya di negara Indonesia, User TikTok juga berasal dari berbagai negara-negara di belahan dunia. Seperti India, China, Amerika Serikat, Inggris, rusia, dan lainnya.

Bacaan Lainnya

Dahulu aplikasi TikTok memang jarang diminati, karena video yang di upload oleh user terkesan monoton KURANG MENARIK. Namun sekarang, berkat para kreator-kreator, kini user atau pengguna TikTok berlomba-lomba berkreasi untuk membuat video yang keren yang juga informatif. 

Nah sobat juga pasti ter-triggered ingin membuat konten TikTok karena melihat kreator-kreator yang keren. Mungkin juga jika sobat mempunyai bisnis, pemasarannya juga bisa menggunakan tik tok lho dengan pengemasan yang ala-ala TikTok yang keren.

Lalu, bagaimana sih menggunakan Tik Tok untuk pemula seperti sobat? mari simak tips di bawah ini!

Cara Menggunakan Aplikasi TikTok Untuk Pemula

  • Pertama, silakan sobat unduh atauu install dahulu aplikasi tik tok, sobat bisa mengunduhnya melalui Google Play Stor, atau jika sobat sudah menginstall sebelumnya, alangkah baiknya diperbarui dahulu ya!
  • Jika sudah, silahkan sobat login terlebih dahlu. Jika sobat belum memiliki akun TikTok, sobat bisa buat akun terlebih dahulu. Jika kesulitan, sobat bisa baca tutorial cara membuat akun TikTok di sini
Cara Menggunakan Aplikasi TikTok Untuk Pemula
  • Nah selanjutnya  jika sobat sudah login dengan akun, sobat akan masuk ke beranda atau biasa disebut FYP (For disebut FYP (For Your Page). Ini adalah halaman dimana video orang-orang dengan pencarian teratas dan dengan konetn yang sedang hits yang akan muncul di FYP. Tidak hanya akun yang populer yang bisa masuk FYP, akun sobat yang pemula juga bisa asal konten dan tag-an sobat mengikuti arus yang sedang hits.
Cara Menggunakan Aplikasi TikTok Untuk Pemula
  • Nah disini sobat bisa like, komentar, dan share postingan orang jika memang sobat menyukainya. Bukan hanya itu, sobat juga bisa duet video dengan orang yang muncul di FYP. Jika ingin duet namun tidak tahu caranya, sobat  bisa baca tutorialnya di sini!
  • Selanjutnya ada menu Explorer, menu ini berisi rekomendasi-rekomendasi video, tagar (Hashtag), dan soundtrack. Jika sobat ingin mencari akun orang atau juga ingin mencari lagu atau sondtrack, sobat bisa mencarinya di tab pencarian diatas. Tinggal tulis saja keywordnya.
Cara Menggunakan Aplikasi TikTok Untuk Pemula
  • Nah ini adalah contoh jika sobat mengetik keyword judul lagu. Daftar lagunya akan keluar beserta video-video orang yang menggunakan soundtrack tersebut.
Cara Menggunakan Aplikasi TikTok Untuk Pemula
  • Jika sobat ingin menggunakannya, sobat bisa pilih “Use this sound”. Nah disini sobat bisa buat video dengan soundtrack ini. sobat bisa merekam langsung, ataupun mengambil video yang sudah jadi melalui galeri.
Cara Menggunakan Aplikasi TikTok Untuk Pemula
  • Jika sobat ingin buat video dengan tanpa soundtrack, sobat bisa pilih ikon tanda tambah di menu awal, laluu silakan deh sobat buat video sesuka sobat. Jika sudah membuat video, sobat juga bisa mengeditnya seperti menambahkan filter atau effect, menambahkan animasi, mengatur volume, menambahkan voice effect, menambahkan text, dan menambahkan stiker, dan lainnya.
Cara Menggunakan Aplikasi TikTok Untuk Pemula
  • Ketika di publish, video sobat akan tersimpan di halaman profil sobat.
Cara Menggunakan Aplikasi TikTok Untuk Pemula
  • Nah jika ada orang yang like atau comment di video sobat, nantinya akan ada notifikasi yang masuk. Contohnya seperti di bawah ini.
Cara Menggunakan Aplikasi TikTok Untuk Pemula

Note : Akun Tik Tok sobat bisa di private atau protect layaknya instagram. Jadi yang bisa lihat profil sobat adalah orang yang hanya follow sobat. dan juga video yang sobat upload bisa disembuntikan dari khalayak, dengan memilih “private” pada halaman ketika sobat ingin publish / upload video. Jadi video tersebut hanya sobat sendiri yang bisa melihat.

Baca Juga : Cara Mudah Download Video TikTok Tanpa Watermark

Cara Membuat Tulisan di Video TikTok

Selanjutnya, Sobat bisa menambahkan tulisan pada Video TikTok yang kalian buat, caranya sangat mudah!

  • Jika Sobat sudah membuat Video di TikTok Seperti pada langkah yang sudah dijelaskan di bagian atas Sobat bisa menambahkan banyak Efek dan juga tulisan pada Video kalian.
  • Sobat dapat mengedit video menambahkan tulisan, efek, filter, dan stiker ke dalamnya. Setelah selesai mengedit, ketuk tombol selanjutnya.
  • Jangan lupa pilih “Siapa yang dapat melihat video saya”: Kalau mau video dapat dilihat semua orang jangan diubah pengaturannya ya.
  • Kalau tidak mengijinkan orang lain mengunduh video TikTok yang Sobat punya pilih opsi “private” atau “pribadi”
  • Sekarang Sobat dapat memposting video TikTok dengan tulisan

Akhir Kata

Bagaimana? Mudah bukan cara menggunakan TikTok untuk pemula? Oh iya jika ingin hasil yang maksimal, kami sarankan sobat juga mengeditnya melalui aplikasi atau software editing video. Karena di TikTok sendiri tools yang ditawarkan tidak begitu banyak dan lengkap. Jika ingin maksimal sobat bisa edit melalui adobe premiere, viva video, power director, dan lainnya yang menurut sobat worth it. Okedeh, selamat membuat konten! ?

Editor: Slamet

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini