Cara Mudah Cek Bansos dengan SIKS.kemsos.go.id atau dengan SIKS-Dataku

  • Whatsapp
Cara Mudah Cek Bansos dengan SIKS.kemsos.go.id

Sobat ingin cek apakah sobat mendapatkan Bansos atau tidak namun bingung cara ceknya? Tenang di bawah ini kami mengulas bagaimana cara cek Bansos atau bantuan sosial dengan SIKS.kemsos.go.id.

Pemerintah Indonesia telah menyalurkan bantuan sosial tunai atau BST bagi keluarga yang terdampak pandemi COVID-19. Memang dengan adanya pandemi ini, banyak keluarga maupun individu yang terdampak, entah itu masalah ekonomi akibat potong gaji, dipindahkan, atau bahkan terkena PHK atau pemutusan hubungan kerja. Nah maka dari itu pemerintah sendiri mengajukan bantuan kepada masyarakat. Untuk mengeceknya sobat bisa cek di  cekbansos.siks.kemsos.go.id.

Adapun jumlah BST atau bantuan sosial tunai adalah sebesar Rp 500 ribu untuk setiap keluarga. Adapun program ini terdapat 9 juta Keluarga Penerim Manfaat (KPM) yang mendapatkan bansos ini.

Nah untuk mendapatkan BST tidak perlu mendaftarkan diri, karena keluarga yang termasuk dalam keluarga penerima manfaat atau biasa disebut KPM yang tercatat akan mendapatkan BST tersebut. BST akan terus disalurkan hingga bulan Desember 2020.

Nah disini sobat dapat mengecek apakah telah terdaftar sebagai penerima bansos tunai atau tidak, melalui situs web resminya di  https://dtks.kemensos.go.id/

Nah disini sobat bisa lihat di sisi atas, nantinya sobat akan diminta :

Cara Cek Bantuan Sosial

Cara Mudah Cek Bansos dengan SIKS.kemsos.go.id atau dengan SIKS-Dataku
SIKS.kemsos.go.id
  • Pilih ID, ada tiga jenis ID yaitu ID DTKS/BDT, Nomor PBI JK/KIS, dan NIK.  Adapun ID DTKS adalah ID Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Biasanya itu tersimpan di dinas sosial kabupaten kota. Jika tidak mempunyai, maka bisa memilih opsi NIK atau Nomor Induk Kependudukan atau nomor PBI JK/KIS. 
  • Masukkan Nomor Kepesertaan dari ID yang sobat pilih sebelumnya.
  • Masukkan Nama yang sesuai dengan KTP sobat dengan ID yang dipilih. 
  • Disini ada captcha, silahkan sobat lihat dan masukka kode captcha-nya.
  • Terakhir tinggal sobat pilih atau Klik deh tombol “Cari”. 

Selain melalui website resmi https://dtks.kemensos.go.id/, Sobat atau bansos juga bisa lho mengecek BST melalui aplikasi SIKS-Dataku yang dapat di download melalui google play store. Atau mudahnya sobat bisa klik disini untuk mengunduh aplikasinya > Download

SIKS.kemsos.go.id

cara mengecek penerima bantuan melalui aplikasi sama saja kok dengan mengecek melalui website. namun agar lebih maksimal kami sarankan sobat silahkan gunakan aplikasina ya! 

Baca Juga : Cara Daftar Online Bantuan (BLT) UMKM 2,4 juta Rupiah.

Akhir Kata

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara cek Bansos dengan SIKS.kemsos.go.id atau dengan SIKS-Dataku ? Silahkan deh sobat cek sekarang, siapa tahu sobat adalah penerima bantuan sosial. Selamat mencoba!

Pos terkait

Tinggalkan komentar di sini