Apa itu Aplikasi Modifikasi (MOD) dan Apa Saja Bahayanya

  • Whatsapp
Aplikasi Modifikasi

Bicara tentang MOD Apk atau Aplikasi Modifikasi, nampaknya sudah tidak asing lagi bagi kalangan pengguna perangkat Android. Banyak sekali orang mungkin termasuk sobat yang menggunakan aplikasi Mod, seperti MOD game, MOD Whatsapp, Mod Instagram, Mod Spotify, happymod, grab Mod, Gojek Mod dan banyak lagi lainnya.

Nah tidak sedikit juga orang yang belum mengetahui tentang apa itu aplikasi mod, kegunaan, serta bahaya yang di dapat / risiko ketika menggunakan aplikasi Modifikasi tersebut. Untuk itu, sobat perlu simak ulasan di bawah ini tentang Aplikasi MOD.

Bacaan Lainnya

Apa itu aplikasi MOD (Modifikasi) ?

aplikasi modifikasi

Perlu sobat pahami, MOD sendiri memiliki kepanjangan dari Minor Operating Departement, yang merupakan sebuah aplikasi resmi atau aslinya yang dimodifikasi dan dikembangkan oleh developer pihak ketiga / tidak resmi yang pada dasarnya mengubah aplikasi resminya sehingga memiliki fitur tambahan bahkan beberapa diantaranya mampu mengubah sesuatu yang harusnya berbayar menjadi gratis.

Lebih lanjut, Modifikasi aplikasi tersebut berupa pengubahan beberapa file sistemnya seperti di tambah, edit, maupun hapus sehingga menghasilkan versi MOD yang fiturnya berbeda dan cenderung lebih unggul daripada aplikasi resmi yang dikembangkan oleh developer resminya.

Aplikasi yang dimodifikasi sedemikian rupa oleh kalangan programmer atau hacker ini, kebanyakan mempunyai tujuan untuk membuka fitur premium atau menjadikan fitur berbayar menjadi gratis untuk semua penggunanya, sehingga akan merugikan pihak pengembang resminya.

Aplikasi Mod sendiri terdiri dari dua macam yang kami ketahui, pertama MOD yang mengalami sedikit modifikasi seperti membypass limit/trial sehingga bisa digunakan secara terus menerus, dan yang ke dua aplikasi MOD yang mengalami perubahan besar-besaran baik dari segi desain/tampilan, fitur sehingga nampak berbeda sekali dengan aplikasi versi originalnya contoh Whatsapp MOD yang sedang ramai-ramainya diperbincangkan.

Kenapa Ada Aplikasi Modifikasi?

Pertanyaan ini banyak dipertanyakan oleh pengguna Android, tentu saja jawabannya banyak. Tapi kami coba rangkum beberapa pernyataan kenapa ada aplikasi Mod :

  • Adanya keluhan dari pengguna tentang aplikasi resmi, misal sering bug, sering error, fitur yang terbatas, terdapat banyak iklan, dan lainnya.
  • Banyak permintaan dari pengguna
  • Adanya forum hacker dan cracker. Nah banyak sekali forum-forum hacker si media sosial maupun secara langsung yang membahas tentang memodifikasi aplikasi, maka dari itu sering tercipta ide dari mereka untuk memodifikasi aplikasi resmi.
  • Menjadi ajang uji coba maupun uji kemampuan dari para developer / vendor.
  • Sistem pada beberapa aplikasi yang kurang kuat kemanannya. Namanya sistem, pasti ada saja celah yang bisa ditembus. Ya ini adalah salah satu alasan mengapa bisa menjadi aplikasi Mod.

Bagaimana Bisa Aplikasi di Modifikasi?

Mengapa bisa di modifikasi? Jawabannya karena pada OS Android termasuk dalamnya seperti aplikasi, memang sejak awal perjanjian bahwa sistem aplikasi yang mencakup di OS Android, bersifat Open Source.

Alasan inilah mengapa banyak developer atau vendor berlomba-lomba untuk memodifkasi sistem di dalam aplikasi. Namun developer resmi pemilik aplikasi, terlebih aplikasi besar seperi game Mobile Legend, atau PUBG dan Free Fire tidak tinggal diam. Mereka terus memperbaiki sistem yang ditembus, juga menindak lanjuti player atau penggunanya yang kedapatan menggunakan Mod Cheat.

Terlebih jika Mod Aplikasi yang membuat item berbayar, menjadi gratis semua, atau mendapatkan diamond dalam jumlah besar tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Tindakan ini tidak akan didiamkan oleh para vendor aplikasi resminya.

Nah garis besarnya kami jabarkan tahapan bagaimana cara membuat aplikasi modifikasi yang dilakukan oleh pengembang / programmer :

1. Decompiler

Nah umumnya langkah pertama yang mereka lakukan adalah dengan decompiler pada aplikasi jadi atau diekstract sehingga memunculkan banyak data yang siap untuk dimodifikasi.

2. Disasembly

Untuk langkah selanjutnya, mereka akan mengubah atau mengkode ulang fungsi libgame. Jika sobat ingin mengikuti untuk membuat mod, ya sobat harus mengetahui fungsi dari masing-masing part. Hal ini sangat sulit dilakukan jika sobat sama sekali tidak punya basic programming.

3. Patcing

Langkah lainnya adalah programmer akan me-replace kode file asli dengan kode file baru sesuai dengan kode yang telah mereka buat saat disassembly

4. Recompile

Yang terakhir adalah langkah yang menjadikan sekumpulan partfile menjadi bentuk compiler yang bisa di eksekusi langsung oleh mereka. 

Kira-kira begitulah caranya. Sobat ingin mencoba membuat aplikasi modifikasi? Pahami ilmu programming dahulu ya!

Bahaya Menggunakan Aplikasi MOD

Bagi sobat yang ingin menggunakan aplikasi Mod, tentu saja sobat harus paham bahaya atau risiko yang di dapat. Apa saja kah itu?

  • Membawa Virus atau Malware berbahaya.

Ini bukan sekedar dongeng belaka. Jangan salah, apk mod yang selama ini sobat lihat aman-aman saja, nyatanya banyak beberapa mod apk membawa virus atau malware yang membahayakan sistem perangkat sobat.

  • Adanya indikasi SPY / mata-mata. Ini juga sangat berbahaya dan mengancam privasi sobat. bukan hanya isi galeri sobat saja yang dapat dilihat, namun mungkin seperti ativitas transaksi sobat, dompet digital, atau yang berhubungan dengan keuangan, bisa jadi sudah terekam dan sewaktu-waktu dapat diambil alih oleh hackker.
  • Tidak menjanjikan Aman 100%
  • Ancaman Akun yang Ter-banned Permanen.

Tentu saja hal ini sudah banyak dirasakan oleh para gamers. Banyak dari mereka yang sudah kehilangan akun-akun kesayangan mereka seperti akun Mobile Legend, PUBG, Free Fire, dan games lainnya karena terdeteksi menggunakan cheat maupun aplikasi Modiikasi. Juga Whatsapp sering memberi notifikasi tentang akun yang akan di banned jika kedapatan dan terdeketsi menggunakan aplikasi modifikasi.

  • Terdapat POP UP iklan tidak jelas, seperti iklan Judi, iklan pembesar alat kelamin, dan iklan nyeleneh lainnya.
  • Dan risiko berbahaya lainnya.

Cara Install Semua Mod Aplikasi

Untuk menginstall aplikasi modifikasi sebenarnya tidak jauh berbeda dengan menginstall aplikasi resmi melalui Google Play Store. Namun ada beberapa perbedaan ketika mengintallnya, karena pada aplikasi Mod tidak tertaut oleh Play Protect, jadi perangkat sobat akan membaca aplikasi mod sebagai aplikasi yang tidak dikenal.

Lalu bagaimana cara membuka perizinannya?

  • Pertama, silahkan sobat buka settings atau pengaturan di ponsel.
  • Jika sudah, pilih manajemen aplikasi
  • Sobat bisa temukan pilihan “Izinkan Aplikasi Tidak dikenal”. Jika sudah ketemu, sobat bisa klik toggle button hingga berubah menjadi on.
  • Nah aplikasi Mod tinggal diinstal saja seperti biasa.
  • Selesai!

Akhir Kata

Sudah mengerti apa itu Aplikasi modifikasi (MOD) beserta bahaya yang di dapatkan bukan? Semoga bahasan ini menjadi pertimbangan sobat saat ingin menggunakan aplikasi MOD ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *