Poco M3 vs POCO X3 NFC Mana yang Lebih Bagus?

Perbandingan POCO M3 vs POCO X3 NFC

Saat ini, pengguna smartphone semakin meningkat. Hal itu juga seiring dengan dihadirkannya berbagai smartphone dari berbagai brand dengan menawarkan fitur yang menarik. Selain itu, harga yang ditawarkan juga bervariasi. Sebagai konsumen, tentunya kamu ingin mendapatkan smartphone dengan harga terjangkau namun kualitasnya bagus bukan?

Membandingkan Poco M3 dan Poco X3 NFC perlu dilakukan untuk mendapatkan smartphone dengan fitur dan harga terbaik. Poco merupakan produsen smartphone yang berada dalam naungan Xiaomi. Saat ini, telah hadir versi terbaru dari ponsel ini yaitu Poco M3. Keluaran terbaru ini tentu menawarkan fitur terbaru.

Perbandingan Poco M3 vs Poco X3 NFC

Jika dilihat dari fiturnya, Poco M3 adalah penerus dari Poco M2. Namun, Poco M2 saat ini tidak dijual di Indonesia. Poco M3 juga dapat disandingkan dengan Poco X3 NFX yang sudah ada di pasaran terlebih dahulu. Kedua ponsel tersebut termasuk dalam kelas menengah yang hadir dengan harga yang sangat terjangkau.

Desain, Layar, Ukuran dan Material Pembuatan Poco M3 vs Poco X3 NFC

Jika dilihat dari segi desain, Poco M3 memiliki tampilan yang berbeda jika dibandingkan dengan Poco X3 NFC. Desain notch kamera Poco X3 dibuat dengan punch hole, sedangkan Poco M3 menggunakan desain standar dengan waterdrop notch.

Beralih ke spesifikasi layar, baik Poco M3 maupun Poco X3 NFC sama-sama memiliki luas layar 6 inch. Poco X3 NFC memiliki layar yang lebih luas yaitu 6,67 inch sedangkan Poco M3 layarnya seluas 6,53. Poco M3 dan Poco X3 NFC menggunakan tipe IPS LCD. Perbedaan juga terlihat pada modul kamera.

Poco X3 NFC memiliki desain bulat dengan kamera yang disusun horizontal. Sedangkan Poco M3 didesain secara unik dengan modul kamera persegi panjang namun ekstensinya melebar hingga ke kanan. Pada bagian ini juga terdapat logo Poco yang dapat terlihat dengan jelas. Lalu sensor sidik jari ditempatkan di dekat tombol power untuk memberikan kesan yang intuitif.

Perbandingan Performa Chipset Prosesor dan RAM

Jika dilihat dari performanya dari segi Chipset Prosesor dan RAM, Poco X3 memiliki spesifikasi yang lebih unggul jika dibandingkan dengan Poco M3. Poco X3 memiliki prosesor Qualcomm terbaru yaitu Snapdragon 732G. Penggunaan prosesor tersebut pada Poco X3 juga diklaim sebagai yang pertama di tanah air.

Penyimpanan Poco X3 juga lebih besar dengan dibekali RAM 6 GB dan 8 GB. Sedangkan RAM M3 hanya 4 GB dan 6 GB. Dua ponsel ini memiliki kapasitas penyimpanan Poco X3 dan Poco M3 64 GB dan 128 GB.

Kamera dan Fitur Poco M3 vs Poco X3 NFC

Xiaomi Poco X3 ini memiliki total lima kamera. Empat kamera belakang terdiri dari kamera utama 64 MP dengan sensor Sony IMX682, kamera 2 MP untuk makro dengan jarak fokus minimal hingga 4 cm, kamera 13 MP untuk ultrawide dengan FoV 119 derajat, dan 2 MP sebagai depth sensor.

Kamera dengan resolusi 20 MP dapat digunakan untuk berswafoto. Kamera ini juga dilengkapi dengan teknologi 4-in-1 super pixel. Sedangkan Poco M3 hanya dibekali dengan tiga kamera belakang. Kamera utamanya memiliki resolusi 48 MP dengan focal length setara 26 mm dan diaframa f/1.79.

Kamera kedua dibuat untuk ultrawide dengan resolusi 2 MP dan cocok untuk depth sensor. Kemduian kamera ketiga memiliki resolusi 2 MP yang digunakan untuk foto makro. Jika akan berswafoto, maka dapat menggunakan kamera depan yang memiliki resolusi 8 MP. Kamera ini dibalut dengan desain waterdrop notch di layar.

Fitur dan Sensor Poco M3 vs Poco X3 NFC

Dilihat dari segi fiturnya, jika kamu sering menggunakan transaksi nirkabel, kamu akan lebih cocok menggunakan Poco X3 karena sudah dilengkapi dengan NFC. Sedangkan untuk Poco M3 belum memiliki fitur NFC.

Kapasitas Baterai dan Daya Pengisian

Baterai menjadi salah satu fitur yang diperhatikan. Setiap orang pasti memilih ponsel dengan baterai berkapasitas tinggi. Kali ini, Poco M3 hadir dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh dengan kemampuan fast charging 18W. Sedangkan untuk Poco X3, baterai yang digunakan berkapasitas 5.160 mAh dengan fast charge 33 W.

Harga Poco M3 vs Poco X3 NFC

Harga Poco X3 dengan kapsitas 64GB dan RAM 6GB dibanderol dengan harga Rp3.199.000 sedangkan untuk kapasitas 128GB dan RAM 8GB dibanderol dengan harga Rp3.599.000. Untuk Poco M3 memiliki harga di kisaran Rp1.899.000 untuk kapasitas 4GB dan RAM 64GB dan untuk versi 6GB dan RAM 128 GB dibanderol dengan harga Rp2.299.000.

Cek Harga POCO M3ShopeeLazadaBlibli
Cek Harga POCO X3ShopeeLazadaBlibli

Kelebihan dan Kekurangan Poco M3 vs Poco X3 NFC

Agar kamu lebih mudah untuk menentukan mana yang tepat antara Poco M3 dan Poco X3 NFC, maka berikut adalah kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan Poco M3

Perbandingan POCO M3 vs POCO X3 NFC (1)
Pilihan warna POCO M3
  • Memiliki performa Chipset yang tangguh
  • Dibekali dengan kapasitas baterai yang besar
  • Memiliki fitur pengisian daya yang cepat dan reserve charging
  • Dilengkapi dengan kamera resolusi 48 MP sehingga cocok untuk kamu yang suka berfoto
  • Sudah menggunankan dual speaker untuk kenyamanan kamu mendengarkan audio
  • Memiliki layar yang cukup lebar dengan kontras yang baik
  • Desain body yang menarik dan berbeda
  • Memiliki konektivitas yang lengkap

Kekurangan Poco M3

  • Tidak dilengkapi dengan refresh rate tinggi
  • Tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide

Kelebihan Poco X3 NFC

Perbandingan POCO M3 vs POCO X3 NFC (2)
Pilihan warna POCO X3 NFC
  • Memiliki desain yang yang unik
  • Memiliki layar yang luas dengan kualitas gambar yang tajam
  • Performa yang tinggi dengan chipset yang mumpuni
  • Memiliki lima kamera yang profesional
  • Kualitas audio sangat bagus karena sudah lulus uji Hi-Res audio
  • Dilengkapi dengan fitur fast charging dan kapasitas baterai cukup besar
  • Memiliki RAM dan memori dengan kapasitas yang besar
  • Fitur gaming yang optimal dengan Game Turbo 3.0 untuk optimasi frame rate
  • Memiliki fitur NFC sehingga memudahkan kamu untuk bertransaksi
  • Harga sangat terjangkau untuk ponsel dengan fitur yang unggul

Kekurangan Poco X3

  • Walaupun sudah cukup bagus, namun kualitas layar masih belum maksimal
  • Memiliki banyak kamera, namun hanya memiliki satu lensa untuk kamera depan
  • Terdapat iklan di lockscreen walaupun masih dapat dinonaktifkan ketika kamu merasa terganggu
  • Memiliki banyak bloatware sehingga kurang efisien karena dapat memperlambat kinerja ponsel

Kesimpulan

Jika kamu ingin tampil beda, maka kamu dapat memilih Poco M3 karena memiliki desain yang belum pernah diadopsi oleh brand manapun. Tentunya jika kamu suka berswafoto, akan lebih baik menggunakan X3 karena sudah memiliki fitur ultrawide. Walaupun begitu, kapasitas baterai X3 tidak lebih besar jika dibandingkan dengan M3.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks