Cara Mengembalikan Akun WhatsApp Yang Dibajak

  • Whatsapp
Cara Mengembalikan Akun WhatsApp Yang di bajak

Sobat mengalami masalah terhadap akun Whastaap atau merasa akun di retas? Jangan khawatir! Sobat bisa ikti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui cara mengembalikan akun WhatsApp yang Dibajak dengan mudah!

WhatsApp saat ini mampu merajai platform komunikasi di hampir belahan dunia. WhatsApp sendiri memiliki desain tampilan yang sederhana, tapi dengan fitur-fitur di WA yang sangat berguna, tentu saja ini menjadi alsan mengapa WA digemari dan sangat populer di kalangan pengguna handphone.

Bacaan Lainnya

Dengan begitu banyaknya fitur yang disediakan WhatsApp, maka WhatsApp menjadi platform chatting terpopuler di dunia. Disamping kepopulerannya, WhatsApp mempunyai desain yang sederhana yang mana pengguna bisa dengan mudah menggunakannya.

Namun terkadang ada beberapa permasalahan yang kerap kali ditemui oleh para pengguna WA. Salah satunya adalah, Whatsapp yang yang diretas atau dibajak oleh oknum yang tidak diketahui.

Ciri-Ciri Akun WhatsApp yang Ingin dan Sudah Dibajak

cara mengembalikan akun whatsapp di bajak
image by freepik.com

Nah perlu sobat ketahui dengan seksama, bahwa pada beberapa kasus terdahulu bahwa Ciri whatsapp yang akan dibajak biasanya WhatsApp akan mengirimkan notifikasi yang isinya nomor telepon tidak terdaftar di WA.

Nah isi pesan tersebut kira-kira seperti ini:

“Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon ini. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon yang lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk kembali ke akun Anda.”


Maka jika muncul pesan pop up seperti itu, nantinya pada bagian bawah akan tersedia dua opsi yaitu “verifikasi” atau “Ok”. Jika sobat memilih opsi “Oke” maka secara otomais akun WhatsApp akan beralih ke hacker atau oknum yang tidak bertanggung jawab.

Jika memilih “verifikasi” maka WhatsApp akan mengirimkan sobat nomor PIN 6 digit ke SMS. Nah disini sobat bisa input nomor tersebut dan sobat dapat kembali akun sobat!

Menurut pendiri komunitas Ethical Hacker Indonesia, Teguh Aprianto yang di wartakan Kumparan.com, Sobat harus memastikan apakah perangkat Sobat bebas dari spyware atau tidak, sebelum Sobat masuk kembali ke akun WhatsApp.

“Untuk sadar atau enggak (adanya spyware), cara paling gampang itu monitor penggunaan data kita harian,” kata Teguh.

Teguh menjelaskan, lonjakan penggunaan internet itu disebabkan oleh upload data secara otomatis dari aplikasi spyware di ponsel pengguna ke server milik hacker. Sobat bisa mengecek riwayat penggunaan data internet kamu melalui Pengaturan > Data > Riwayat Penggunaan Data.

Kalau ternyata Sobat menemukan ada lonjakan data internet yang tidak wajar, besar kemungkinan smartphone Sobat telah tertanam spyware. Kalau demikian, Teguh menganjurkan agar melakukan reset factory (reset pabrik) sebelum masuk kembali ke akun WhatsApp. Tujuannya agar aplikasi spyware yang terinstal di ponsel dapat terhapus terlebih dahulu.

Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Dibajak

cara mengembalikan akun whatsapp di bajak

Menurut pakar dari firma keamanan siber Vaksincom, Alfons Tanujaya, ada tiga tahapan sederhana untuk Sobat mengembalikan kembali akun yang telah dibajak hacker atau oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Caranya simpel. Pertama instal ulang WhatsApp. Kedua, masukkan nomor HP Anda. Ketiga, ketika terima SMS notifikasi segera disetujui untuk mengambil kembali akun Anda. Akun akan otomatis kembali dan logout dari perangkat lain,” kata Alfons, kepada kumparan, Rabu (13/5).

Nah lebih jelasnya, berikut langkah-langkah sobat untuk mengembalikan akun Whatsapp sobat yang dibajak, silahkan ikuti ya :

  • Pertama, silahkan sobat buka WhatsApp di HP sobat.
  • kemudian, sobat bisa Login dengan nomor telepon yang telah didaftarkan.
  • pastikan nomor tersebut aktif dan dapat di hubungi ya! Karena nomor tersebut untuk menerima verifikasi.
  • Nah jika sudah, silahkan sobat masukkan kode 6 digit yang WhatsApp kirim ke SMS untuk verifikasi nomor.
  • Yup, maka secara otomatis oknum yang membajak atau meretas akun Whatsapp sobat akan kehilangan akses ke akun sobat. disini sobat sudah mengambil alih akses akun Whatsapp.
  • Silahkan sobat amankan akun dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah (2-step authentication).
  • Selesai!

Tips Menjaga Keamanan WhatsApp Dari Kami

cara mengembalikan akun whatsapp di bajak
image by freepik.com

Agar WhatsApp sobat selalu aman untuk digunakan dan dijauhkan dari serangan hacker atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya, sobat bisa ikuti tips yang kami ulas berikut ini :

  • Kunci ganda HP sobat, mulai dari PIN, Sidik Jari, dan sebagainya.
  • Selalu Log out jika habis menggunakan whatsapp web di komputer atau laptop.
  • Jangan mengakses web yang tidak jelas.
  • Jangan Menginstall aplikasi yang tidak resmi dan tidak jelas
  • Abaikan jika ada pesan masuk untuk verifikasi, jika bukan dengan pihak whatsapp resmi.
  • Jika sobat mendaftar salah satu aplikasi misal shopee, atau apapun itu, jika saat melakukan verifikasi mereka mengirimkan Kode OTP lewat whatsapp. Sobat jangan pernah bagikan OTP kepada orang lain. Cukup sobat saja yang harus tahu.
  • Jangan menggunakan Whatsapp MOD.

Nah kira-kira tips pencegahannya seperti itu.

Baca Juga : Cara Spam Chat di WhatsApp

Akhir Kata

Diatas adalah cara mengembalikan akun whatsapp yang dibajak serta ciri-cirinya dan tips agar akun whatsapp sobat aman. Silahkan sobat simak dengan saksama ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *