Apakah Money Game Adalah Bisnis Berbahaya? Ini Faktanya, Hati-Hati!

  • Whatsapp
Money Game Adalah

Money game adalah sebuah sistem yang digunakan untuk menggandakan uang yang bersumber dari dana anggota baru, biasanya dana ini disetorkan pada anggota lama atau yang sering dikenal dengan istilah top line. Uang ini nantinya akan menjadi keuntungan bagi upline atau anggota lama. Sedangkan untuk downline atau anggota baru jika ingin mendapatkan keuntungan yang sama maka harus merekrut anggota baru lainnya. Begitu seterusnya.

Jika ada yang mengatakan pada Anda bahwa money game adalah cara cepat untuk sukses dan kaya, maka sebaiknya Anda berhati-hati. Karena umumnya money game ini merupakan penipuan yang dilakukan secara halus, bahkan hingga saat ini prakteknya di Indonesia masih terus memakan banyak korban.  Untuk itu, mari kita ulas lebih jauh tentang money game tersebut agar dapat terhindar dari resiko terjebak di dalamnya.

Mengenal Money Games Lebih Dalam

Money Game Adalah

Seperti dijelaskan sebelumnya, money game adalah sebuah permainan uang yang mengharuskan seseorang untuk merekrut anggota baru agar dapat mendapatkan keuntungan. Salah satu bentuk praktek money game adalah MLM, yang dimana barang yang dijual hanyalah untuk kamuflase belaka. Meski begitu, tidak semua MLM ini bersifat money game, jadi Anda harus ekstra hati-hati dalam mempelajari skema bisnis sebuah MLM jika akan bergabung didalamnya.

Selama ini money game juga dikenal dengan istilah skema Ponzi atau skema piramida. Disebut Skema Ponzi karena money game ini awalnya dikenalkan oleh Charles Ponzi dari Italia. Struktur keanggotaan yang menyerupai segitiga sama kaki atau piramida menandakan bahwa Anda harus memiliki jumlah anggota yang seimbang di sisi kiri dan kanan. Hanya dengan begitu maka bonus Anda akan terus mengalir.

Bagi orang yang bergabung di awal mungkin memang akan mendapatkan banyak keuntungan dari para anggota baru, namun bayangkan jika orang yang bergabung pada titik atau posisi terakhir. Mereka secara otomatis akan semakin sulit untuk merekrut anggota baru.

Contoh sederhananya, jika di suatu tempat ada 10 orang yang tergabung dalam bisnis money game ini. Orang yang daftar pertama mungkin akan mendapat banyak keuntungan dari anggota ke-2 hingga ke-10. Lalu, bagaimana nasib anggota ke-9 dan ke-10? Tentu mereka hanya akan kehilangan uang dan tak akan mendapatkan keuntungan bukan?

Itulah sebabnya money game adalah skema bisnis yang dilarang untuk dipraktekkan. Sayangnya di Indonesia belum ada payung hukum yang jelas mengenai skema Ponzi ini,jadi masih banyak praktek yang sering ditemukan di lapangan.

Kenali Ciri Money Game

Jika Anda sudah memiliki pengetahuan, sebenarnya money game adalah sesuatu yang cukup mudah dikenali. Menurut APLI atau Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia ada beberapa kriteria sebuah bisnis dikatakan skema Ponzi atau money game, diantaranya:

  • Keuntungan bisnis didapatkan dari rekrut anggota baru, yang mengharuskan mereka menyetor sejumlah uang untuk membangun skema piramida.
  • Sistem recruiting menjadi sistem penghitungan utama besarnya keuntungan yang akan didapat anggota.
  • Upline akan lebih mementingkan merekrut anggota baru ketimbang menjual produk yang mereka tawarkan.

Sistem Money Game yang Sering Ditemui

Dalam prakteknya money game atau skema Ponzi ini memiliki tiga sistem dalam membangun struktur, diantaranya:

  • Sistem binary, dimana di bagian bawah upline terdiri atas dua kaki.
  • Sistem trinary dimana di bagian bawah upline biasanya memiliki 3 kaki.
  • Sistem hybrid, yang memadukan antara binary dan trinary. Sehingga mungkin akan ada kaki dua dan kaki tiga.

Sistem binary adalah sistem yang paling banyak digunakan oleh pelaku money game atau skema Ponzi terutama pada perusahaan MLM.  Bukan tanpa alasan, sistem binary ini dinilai lebih simple, lebih mudah dalam perhitungan bonus, serta lebih cepat dalam  proses akuisisi anggota baru. Karena dengan sistem binary ini Anda hanya perlu mendapatkan dua anggota saja untuk dapat meraih bonus.

Alih-alih mendapatkan keuntungan besar, Anda mungkin justru akan menerima banyak kerugian karena skema Ponzi ini. Kini Anda tahu bahwa money game adalah bisnis yang ilegal dan dapat merugikan Anda, jadi sebaiknya hindari dan pilihlah bisnis lain yang lebih meyakinkan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *