Waspada ! Aplikasi Barcode Scanner Ini Kedapatan Menyebarkan Malware

  • Whatsapp
Aplikasi Barcode Scanner Ini Kedapatan Menyebarkan Malware

Aplikasi pemindai barcode populer dengan lebih dari 10 juta unduhan di Google Play Store kedapatan menginfeksi perangkat Android dengan malware yang dibawanya. Aplikasi bernama Barcode Scanner telah dihapus dari Play Store, namun kemungkinan masih ada banyak perangkat yang belum menyadari telah terinfeksi virus karena aplikasi tersebut.

Sesuai dengan namanya, aplikasi Barcode Scanner adalah aplikasi sederhana yang memungkinkan para penggunanya memindai barcode dan kode QR. Sperti yang dilaporkan Malwarebytes, aplikasi tersebut menerima pembaruan pada bulan Desember dimana terdapat penambahan kode berbahaya yang tidak ada di versi aplikasi sebelumnya.

Bacaan Lainnya

Google Play Protect mampu mendeteksi malware pada aplikasi tersebut untuk kemudian menghapusnya dari Play Store. Para peneliti Malwarebytes mengkonfirmasi bahwa aplikasi tersebut ditandatangani dengan sertifikat yang sama dengan versi sebelumnya. Hal tersebut menguatkan bahwa aplikasi itu berasal dari pengembang yang sama yakni LavaBird LTD.

Jika ponsel Anda terkena serangan malware, Anda dapat mengatasinya dengan menginstal aplikasi anti-malware. Sebagian software dilengkapi dengan fitur yang berbeda yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Beberapa aplikasi  yang  dapat digunakan dan terbukti ampuh memproteksi ponsel anda diantaranya :

  • Malwarebytes

Malwarebytes tersedia untuk Android maupun iOS, aplikasi ini berfokus pada pencegahan penipuan dan melindungi ponsel dari serangan virus. Untuk Android ada dua paket yang dapat Anda pilih yakni versi gratis dan versi premium.

Untuk versi gratis Anda akan mendapatkan fitur seperti penghapusan virus, audit privasi, serta pemindaian yang dapat dilakukan kapan saja. Sedang tambahan fitur seperti pencegahan dari penipuan online, termasuk ransomeware, scam, malware serta deteksi URL phising akan didapat para pengguna premium.

  • Sophos Home

Sophos Home merupakan piranti lunak yang digunakan oleh perusahaan Fortune 500 untuk mengamankan perusahaannya dari serangan – serangan malware dengan memanfaatkan standar keamanan pada tingkat industri.

Fakta tersebut membuat aplikasi ini sangat terpercaya, namun sayangnya tak ada versi gratis dari aplikasi ini.

  • Malware Fox Anti-Malware

Aplikasi ini terbukti mampu mendeteksi berbagai jenis file berbahaya macam adware, backdoor, spyware, keyloggers, phising dan program – program lain yang tak diinginkan. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 100 ribu dan kompatibel dengan versi Android 4.1 dan diatasnya.

  • F-Secure SAFE

Paket keamanan besutan F-Secure ini memanangkan penghargaan AV-TEST Best Protection Award pada tahun 2018. Aplikasi ini akan memastikan perlindungan pada setiap folder dalam memori Anda dan menghentikan usaha peretas untuk mengenkripsinya. Fitur lain yang ditawarkan yakni kontrol orang tua dan phone finder jika ponsel Anda hilang atau dicuri.

Semua fitur tersebut tersedia di dalam paket gratis dan berbayar. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan beberapa fitur yang lebih canggih, Anda perlu membeli paket berbayarnya, F-Secure TOTAL, mulai dari USD 59,99 untuk 3 perangkat yang akan berlaku selama 1 tahun.

  • Tenorshare ReiBoot

Aplikasi ini dapat menjadi pilihan terbaik ketika perangkat Android atau iOS Anda terinfeksi virus dan ingin memulihkannya seperti sedia kala. Ketika ponsel Anda berhenti dalam mode fastboot, Anda juga dapat keluar hanya dengan satu klik tanpa menggunakan kombinasi tombol apapun.

Namun sebelum Anda memutuskan aplikasi mana yang akan Anda pakai, langkah pertama ketika Anda mendeteksi tanda – tanda invasi malware adalah mematikan ponsel. Mematikan ponsel akan menghentikan kerusakan yang lebih dalam dan mencegah penyebaran virus berbahaya ke program – program lain. (via)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *