Kirim Aplikasi Android Tanpa Internet dengan Google Nearby Share

  • Whatsapp
Google Nearby Share

Pada Android, Sobat bisa memanfaatkan fitur berbagi di sekitar, karena dapat dengan mudah berbagi tautan, foto dan lainnya dengan orang yang berada didekat kita. Kini fitur sudah dapat memungkinkan pengguna untuk mengirimkan Aplikasi dengan mudah.

Google Nearby Share atau Google berbagi di sekitar diluncurkan pada akhir tahun 2020, dan kini fitur tersebut dapat memungkinkan penggunanya berbagi aplikasi dari Google Play ke Android lainnya, yang kerennya lagi untuk mengirimkan aplikasi pengguna tidak memerlukan koneksi internet.

Bacaan Lainnya

Caranya cukup buka Google Play, buka menu ‘Bagikan Aplikasi‘ di ‘Aplikasi & Game Saya‘, pilih aplikasi yang ingin Anda bagikan, dan biarkan teman Anda menerima aplikasi yang masuk.

Aplikasi Berbagi di Sekitar (Google Nearby Share)

Berbagi di Sekitar adalah cara cerdas untuk berbagi aplikasi dan game favorit Anda dengan teman dan keluarga. Ini adalah jenis fitur kualitas hidup yang menghilangkan gesekan saat meraba-raba menu dan mengkhawatirkan koneksi Wi-Fi. Berkat fitur seperti inilah yang mengubah Google Di Sekitar Berbagi menjadi alternatif yang bagus untuk AirPlay Apple.

9to5Google yang telah menguji fitur baru Berbagi di sekitar tersebut dengan mengirimkan aplikasi ke teman dikatakan “sangat cepat” dan mungkin lebih cepat dari koneksi internet di rumah Anda.

Selain itu setelah Anda membagikan aplikasi dengan seseorang, mereka dapat menginstalnya tanpa keluar dari menu bagikan dan Anda kemudian dapat memutuskan perangkat.

Jika Anda ingin berbagi namun tidak adanya jaringan WiFi dan koneksi internet terbatas, fitur Google Nearby Share ini tentu menjadi pilihan yng sangat bagus. Tapi perlu digaris bawahi, siapa saja yang ingin dikirimkan atau menerima file harus berada di dekat Anda.

Baca juga: Cara Kirim Aplikasi Lewat WhatsApp

Cara Menggunakan Google Nearby Share

Untuk menggunakan fitur Google Nearby Share, perlu diperhatikan apakah Sobat sudah menggunakan OS Android 6.0 atau lebih tinggi, karena di bawah itu fitur tidak tersedia.

Nah untuk mengetahuinya, di HP Samsung Anda bisa melakukan pengecekan dari Setting >> Konektivitas dan cari fitur pindai perangkat terdekat. Masing-masing merek handphone Android mungkin akan berbeda.

Jadi sebelum berbagi file ke perangkat lain, sebaiknya cek terlebih dahulu apakah Nearby Share sudah diaktifkan atau belum.

Cara paling mudah untuk mengaktifkannya adalah dengan membuka Google Play > Aplikasi & Game Saya > Bagikan Kemudian pilih Kirim atau Terima Aplikasi atau File.

Google Nearby Share

Baik pengirim dan penerima file atau aplikasi harus mengaktifkan fitur Nearby share ini.

Untuk mengirimkan file foto bisa melalui File Manager dan pilih Opsi Share kemudian pilih Opsi Nearby Share atau berbagi orang di sekitar, setelah itu ponsel akan mencari perangkat terdekat untuk mengirimkan file.

Sedangkan untuk menerima data, pengguna akan mendapatkan notifikasi jika ada data yang akan masuk dan pengguna akan melihat opsi untuk menerima atau menolak data yang dikirim. File akan tersimpan di folder download.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *