Rayakan 10 Tahun Chrome OS, Google Rilis Fitur- Fitu Baru

  • Whatsapp
10 Tahun Chrome OS

Chrome OS telah genap berusia 10 tahun dan untuk merayakannya, Google menambahkan beberapa fitur baru ke dalam sistem operasi tesebut. Fitur baru ini antara lain Phone Hub, Quick Answers, clipboard yang telah ditingkatkan dan banyak lainnya

Fitur – fitur baru yang hadir di dalam Chrome OS

Phone Hub

Dengan Phone Hub, pengguna akan mampu mengontrol ponsel yang telah terhubung melalui Chromebook. Akan ada sebuah ikon telepon yang berada di sebelah bar status informasi. Ketika Anda mengklik, akan ada informasi seperti sinyal jaringan, level  baterai, dan Quck Setting untuk Hotspot, mode dering, dan cara untuk dengan mudah menemukan lokasi ponsel Anda.

Read More

Fitur ini juga akan menampilkan dua tab Chrome terakhir yang terbuka di ponsel Anda dan juga memungkinkan Anda untuk menanggapi teks dari perangkat Anda.

Screen Capture dan mode Anotasi

Anda akan dapat merekam apa yang ada di dalam layar tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Fitur ini dapat diakses melalui bilah yang ada di menu Quick Setting. Hasil dari perekaman tersebut juga akan dapat dengan mudah diakses melalui sebuah ruang bernama Tote di dalam Chrome OS Shelf.

Sinkronisasi Wi-Fi

Pembaruan pada fitur ini membuat perangkat akan lebih mudah terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Jika ponsel atau perangkat lain yang menggunakan Chrome OS telah masuk ke dalam satu akun google yang sama dan telah tersambung dengan sebuah jaringan Wi-Fi, maka Anda tak perlu lagi memasukan sandi untuk jaringan tersebut di Chromebook.

Dengan Sinkronisasi Wi-Fi, perangkat Anda terhubung secara otomatis dalam jaringan yang terpercaya. Fitur ini dapat diakses dengan membuka Pengaturan > Perangkat yang terhubung, lalu klik panah di samping telepon dan aktifkan Sinkronisasi Wi-Fi.

Kontol Media

Google telah berupaya untuk menambhakan lebih banyak kontrol media ke dalam Quick Setting. Hal ini memudahkan Anda dalam mengontrol pemutaran apapun yang Anda dengarkan.

Perubahan Ikon

Google mencoba untuk mempercantik tampilan Chrome OS dengan mendesain ulang ikon pada sistem operasi ini. Ikon di dalam shelf dan peluncur aplikasi saat ini berbentuk melingkar atau ditempatkan dalam sebuah lingkaran dengan latar belakang berwarna putih. Terdapat pula pembaruan ikon untuk aplikasi kalkulator dan kanvas.

Clipdoard yang Ditingkatkan

Kini dalam clipboard dalam Chrome OS akan menampilkan lima hal yang sebelumnya telah Anda salin, termasuk gambar. Intem yang disalin, unduhan terbaru, tangkapan layar dan filr yang disematkan akan muncul di dalam ruang yang disebut Tote yang memiliki fungsi serupa dengan ruang penyimpanan.

Berbagi di Sekitar

Ketika Google mengumumkan fitur Berbagi di Sekitar untuk perangkat Android pada tahun lalu, mereka berjanji akan menyediakannya untuk Chromebook. Dan kini mereka telah menepati janjinya, yang memungkinkan Anda untuk berbagi aplikasi, foto dan tautan ke Chromebook dan perangkat Android yang ada disekitar.

Quick Answers

Ketika Anda mengklik kanan pada sebuah kata, Chrome OS akan memberikan definisi atau terjemahan dari kata tersebut. Fitur ini juga dapat memberikan konversi satuan secara langsung , tergantung pada apa kata atau objek yang disorot.

Baca juga: Chrome Memakan RAM 10X Lebih Banyak dari Safari di macOS

Chrome OS sendiri mulai dikembangkan sejak tahun 2009 dengan menggunakan basis Gentoo Linux. Pada awal kemunculannya, Chrome Os sempat membingungkan para analis karena konsep yang diusung Google dimana aplikasi pengguna meeka simpan dengan sebuah teknologi berbasis cloud.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *