Cara Mengetahui MAC Address Android

  • Whatsapp
Cara Mengetahui MAC Address

Mengetahui nomor Mac Address memang berguna untuk beberapa hal, salah satunya untuk setelan jaringan Internet. Namun Mac address sendiri masih kurang umum di kalangan pengguna, dan banyak yang tidak tahu cara mengetahui Mac Adress di Android. Nah daripada bingung, kami akan mengulas beberapa cara untuk dapat mengetahui Mac Adress Android dengan mudah, silahkan disimak ya!

Bagi yang belum tahu, Media Access Control Address atau yang sering disebut Mac Adress merupakan sebuah alamat berupa kode yang digunakan sebagai identitas fisik untuk jaringan di komputer, laptop, maupun Smartphone Android sendiri. seperti pengertiannya, Mac Adress sendiri umumnya digunakan untuk terkait jaringan, seperti mengontrol akses, juga memonitoring jaringan.

Bacaan Lainnya

Memang MAC Adress sendiri sangatlah berguna bagi beberapa hal, nah jika sobat saat ini sedang membutuhkannya untuk beberapa keperluan, sobat bisa mengikuti bberapa cara yang akan kami ulas di bawah ini.

Bagaimana Cara Mengetahui MAC Adress Android?

Cara Mengetahui MAC Address

Di sini kami akan menampilkan beberapa cara, silahkan sobat pilih salah sau caranya saja yang menurut sobat cocok, silahkan diikuti ya!

Melalui Kode

Terkhusus bagi sobat yang pengguna Samsung, cara ini mungkin sangat lah mudah, sobat hanya perlu memasukka kode untuk mengetahui Mac Adress. Tapi bukan hanya Samsung, bagi pengguna Android lain juga bisa mencobanya, berikut langkahnya :

  • Pertama, sobat bisa pergi ke Call Log
  • Jika sudah, sobat bisa masukkan kode ini di panggilan *#*#232338#*#*
  • Maka secara otomatis di layar sobat akan muncul nomor Mac Address.
  • Silahkan untuk sobat Screenshot ataupun dicatat
  • Selesai!

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Namun jika cara ini tidak bekerja di Android sobat, tidak perlu khawatir, silahkan sobat coba cara lainnya di bawah ini.

Menggunakan Aplikasi

Cara selanjutnya yaitu sobat bisa menggunakan bantuan aplikasi, tepatnya dengan aplikasi “What’s my MAC address?”. Nah aplikasi ini sangat berguna, karena langsung bisa menampilkan alamat MAC Address sobat. caranya sobat tinggal download saja aplikasinya melalui Google Play Store atau mudahnya klik disini. Lalu sobat bisa jalankan aplikasinya.

Melalui Netcut

Bagi sobat yang pengguna Wifi, mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini. Aplikasi Netcut sendiri merupakan aplikasi yang bisa diakses di HP maupun di PC yang berguna untuk memonitoring pengguna Wifi, sekaligus bisa memutus jaringan yang tersambung ke Wifi.

Nah, dengan Netcut juga sobat bisa melihat masing-masing Mac Address pada tiap wifi atau jaringan. Silahkan sobat unduh aplikasinya.

Melalui Settings di HP

Cara selanjutnya sekaligus cara universal atau bisa diterapkan di semua tipe HP Android adalah dengan melihat melalui Settings di HP. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, silahkan sobat buka HP sobat
  • Setelah itu sobat bisa pergi ke Settings atau dalam bahasa Indonesia Setelah / Pengaturan
  • Lalu sobat bisa pilih opsi “About Phone
  • Kemudian gulir ke bawah dan pilih “Status”
  • Silahkan cari opsi “Wifi Mac Address”, maka disitu terdapat MAC Address yang bisa sobat lihat dan catat.
  • Selesai!

Bagaimana> tidak kalah mudah dan simpel bukan cara ini? silahkan untuk diikuti ya!

Melalui Wifi Settings

Cara terakhir untuk megetahui Mac Address adalah dengan melihatnya melalui Wifi Settings. Cara ini juga cara universal, sobat bisa coba di berbagai tipe android. Nah berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, silahkan sobat pergi ke Settings atau Pengaturan.
  • Kemudian klik opsi “Connections”
  • Disini silahkan sobat klik jaringan Wifi yang sedang terhubung di HP Sobat.
  • Lalu dilanjutkan dengan memilih menu 3 titik di pojok kanan atas,
  • Klik “Advanced”
  • Nah maka sobat akan melihat berbagai informasi pada menu Advanced, salah satunya MAC Address ini. biasanya Infor MAC tersedia di paling bawah, jadi sobat bisa scroll ke bawah.
  • Selesai!

Baca Juga : Cara Login Admin Indihome Semua Tipe (Fiberhome, ZTE, dan Huawei)

Akhir Kata

Begitulah beberapa cara mengetahui MAC Address yang bisa sobat ikuti. Terlihat tidak ada yang sulit bukan? Jika sobat ada pertanyaan, mari kita diskusikan pada kolom komentar di bawah. Selamat Mencoba!

FAQ

Apakah Jaringan Wifi Publik Aman?

Jawab : Tergantung, ada yang memang benar aman dan ada yang sengaja menyusupkan Spyware, dan semacamnya. Jadi pastikan sobat jangan sembarang mengkoneksikan Wifi publik.

Bagaimana Cara Memutus pengguna Yang Terhubung Ke Wifi Kita?

Jawab : Sobat bisa mencoba memutuskan pengguna yang tersambungtanpa izin dengan aplikasi, salah satunya aplikasi Netcut. Atau juga sobat bisa langsung meggunakan pengaturan di admin Wifi.

Bisakah Membuat Internet Lebih Cepat?

Jawab : Bisa, sobat bisa mengikuti beberapa trik yang dibagikan oleh orang di internet. Sebagai contoh, kami pernah menuliskan juga cara mempercepat koneksi Wifi. Silahkan sobat cek di artikel kami sebelumnya, atau mudahnya sobat bisa cari di kolom pencarian di atas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *