5 Penyebab Printer Tidak Bisa Mencetak Dokumen

  • Whatsapp
Penyebab Printer Tidak Bisa Mencetak

Penyebab printer tidak bisa mencetak cukup beragam, namun yang pasti kondisi tersebut sangat mengganggu aktivitas sobat yang butuh untuk mencetak dokumen tertentu, entah terkait pekerjaan atau tugas-tugas kuliah.

Jika printer yang sobat gunakan tidak bisa mencetak dokumen, tidak perlu panik. Sebab umumnya penyebab tersebut masih bisa diatasi sendiri. Jika memang tidak memungkinkan diatasi sendiri, barulah sobat membawanya ke tukang service printer.

Read More

Ulasan 5 Penyebab Printer Tidak Bisa Mencetak Dokumen

Berikut ini beberapa masalah yang seringkali menjadi penyebab printer tidak bisa mencetak dokumen :

Kabel Daya Printer Tidak Terhubung

Salah satu penyebab yang seringkali mengakibatkan printer tidak bisa mencetak dokumen yaitu tidak terhubung baik dengan sumber listrik. Terkadang kualitas kabel printer yang jelek mengakibatkan koneksi dengan listrik kurang bagus. Akibatnya, printer tidak bisa mencetak dokumen.

Saat itu terjadi, coba cek kabel printer sobat. Jika memang kurang terhubung baik dengan listrik, tinggal perbaiki saja koneksinya. Jika kabelnya bermasalah, ganti saja dengan kabel lain.

Kabel Penghubung Printer Tidak Terhubung Baik

Agar printer bisa bekerja dengan baik untuk mencetak dokumen dari komputer, diperlukan kabel USB sebagai penghubung antara kedua perangkat tersebut. Nah, seringkali terjadi kondisi di mana kabel tersebut ternyata tidak terhubung dengan baik, ada kelonggaran, dan semisalnya. Akibatnya, printer tidak bisa menjalankan perintah untuk mencetak atau ngeprint dokumen dari komputer.

Oleh karena itu, saat printer tidak bisa mencetak dokumen, jangan buru-buru mengklaim printer rusak. Coba cek kabel USB tersebut, barangkali belum terhubung dengan baik ke port yang tersedia.

Driver Printer Belum Terinstall atau Bermasalah

Terkadang karena tergesa-gesa ingin segera ngeprint dokumen biar cepat selesai, sobat tidak memperhatikan ternyata driver printer belum terinstal di komputer atau laptop yang sobat gunakan. Jika demikian, wajar saja jika printer tidak bisa bekerja sebagaimana harusnya.

Terkadang driver printer sudah terinstall, tapi printer tetap tidak bekerja. Setelah diperiksa, ternyata penyebabnya karena driver laptop bermasalah. Solusinya, uninstall driver tersebut dan coba install ulang kembali.

Jika masalahnya karena driver printer tidak compatible dengan spesifikasi komputer atau laptop yang sobat gunakan, maka tidak ada jalan lain kecuali mencari perangkat yang compatible. Jika sulit menemukan, print saja dokumen tersebut melalui smartphone sobat.

Pengaturan Printer Kurang Tepat

Terkadang pengaturan printer yang kurang tepat menjadi penyebab printer tidak bisa mencetak dokumen. Solusi mengatasi hal ini adalah dengan mengubah settingan printer. Sebaiknya sobat merubah settingan menjadi default.

Baca Juga : Cara Sharing Printer Dengan Mudah!

Cartridge Tidak Terpasang Baik atau Rusak

Penyebab lain yang juga seringkali mengakibatkan printer tidak bekerja untuk mencetak dokumen yaitu posisi cartridge yang tidak terpasang dengan baik. Solusinya yaitu dengan memasang kembali cartridge tersebut pada perangkat printer dengan benar.

Jika posisi cartridge sudah terpasang dengan benar, coba periksa kondisi cartridge. Bisa jadi permasalahan terletak pada kondisi cartridge yang mulai rusak. Jika benar demikian, tinggal diperbaiki saja. Jika tetap tidak bisa, maka satu-satunya solusi adalah dengan menggantinya.

Selain kelima penyebab printer tidak bisa mencetak dokumen di atas, tentu saja masih ada beberapa penyebab lain yang tidak sempat saya sebutkan, seperti printer mengalami paper jam, roll penarik kertas rusak, kapasitas penyimpanan data tidak mencukupi, dan beberapa penyebab lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *