Seri iPhone 12 Dominasi Daftar 10 Ponsel Dengan Penjualan Terlaris Januari 2021

  • Whatsapp
iPhone 12 terlaris

Tahun lalu, Apple dengan iPhone 11 – nya memuncaki daftar smartphone terlaris selama paruh pertama 2020. Perangkat tersebut kemudian menjadi salah satu ponsel yang paling banyak dijual sepanjang tahun lalu. Untuk paruh pertaman tahun ini, Counterpoin Research telah melansir sebuah laporan untuk 10 ponsel terlaris bulan Januari 2021 secara global.

Dalam laporan tersebut Apple kembali menegaskan dominasi mereka di pasar smartphone global, kali ini iPhone 12 milik mereka nangkring di urutan pertama. Secara total, perpaduan antara iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max menguasai 71 % pasar dan menempati posisi tiga besar dalam daftar tersebut. Para pengamat menilai, permintaan tinggi untuk perangkat 5G besutan Apple tersebut dikarenakan keterlambatan peluncuran pada tahun lalu yang diakibatkan pandemi global.

Read More

Sementara itu iPhone 11 malah masih mampu menempati posisi ke empat, ponsel ini dianggap masih mumpuni bagi para pecinta Apple. Selain itu dalam laporan tersebut turut pula diungkapkan bahwa sepertiga dari total penjualan Apple berasal dari Amerika Serikat.

Dua perangkat Apple lain yang berada di daftar ini adalah iPhone 12 Mini dan iPhone SE 2020. Nama pertama sebelumnya santer dilaporkan akan dihentikan produksinya, namun sepertinya Apple telah berhasil mendongkrak penjualan pada bulan Januari.

Diluar ponsel besutan Apple, dari 10 ponsel tersebut praktis hanya ada Xiaomi dan Samsung yang berhasil menembus 10 besar. Xiaomi memiliki Redmi 9A dan Redmi 9 pada posisi kelima dan keenam, sementara Samsung dengan Galaxy A21s dan Galaxy A31 menempati posisi ke tujuh dan sembilan.

Redmi 9A dan Redmi 9 sukses memenangkan persaingan smartphone kelas budget 2 jutaan, sementara Galaxy A21s dan Galaxy A31 mendapatkan apresisasi tertinggi untuk kelas menengah. Berbicara soal kedua brand tersebut, sebuah laporan mengatakan bahwa Xiaomi mengalami pertumbuhan secara bertahap di wilayah MEA sementara Samsung ingin menarik lebih banyak pendapatan  dengan perangkat Galaxy A.

Dengan dirilisnya  Galaxy A dari Samsung, kemungkinan akan lebih banyak lagi perangkat kelas menengah 5G yang diluncurkan oleh produsen asal Korea Selatan itu dalam beberapa bulan mendatang. Tentu saja hal itu dapat mengubah peta persaingan ponsel – ponsel kelas menengah kebawah yang telah tersemat teknologi jaringan 5G.

Sebelumnya laporan dari CounterPoint Research, mengungkapkan terjadinya kebangkitan pasar meskipun pandemi masih belum benar – benar berlalu. Dalam laporan itu, wilayah Belanda mencatat tingkat pemulihan tertinggi dengan peningkatan kuartal demi kuartal dalam pengiriman smartphone sebesar 19 persen, dibandingkan wilayah lain, diikuti oleh Finlandia dan Denmark dengan pertumbuhan masing-masing sebesar 14 persen dan 10 persen.

Baca juga: iPhone 12 Pro Max Punya Sensor Lebih Besar Dan Teknologi Sensor Anti Guncang

Pertumbuhan ini didominasi oleh ponsel – ponsel berkemampuan 5G yang juga tumbuh sebesar 50 persen selama waktu ini di ketiga negara tersebut. Ini lebih tinggi dari rataan di Eropa secara keseluruhan. Sementara itu, jajaran iPhone 12 adalah perangkat 5G paling populer di kawasan ini, yang juga menyebabkan pertumbuhan positif di Q4 tahun 2020. Demikian pula, jajaran Samsung Galaxy S20 dan Note 20 juga memiliki sambutan yang baik di negara-negara tersebut, sementara itu di segmen kelas menengah ada OnePlus Nord yang muncul sebagai perangkat Android 5G dengan penjualan tertinggi di Finlandia dan Denmark. (via)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *