Android Device Manager, Aplikasi Untuk Temukan Ponsel yang Hilang

  • Whatsapp
Android Device Manager

Kehilangan smartphone adalah suatu hal yang sangat ingin dihindari oleh siapa saja, baik itu karena kelupaan maupun karena kecurian. Sebab smartphone saat ini telah menjadi barang yang rasanya tidak dapat lepas dari rutinitas sehari-hari. Namun jika hal tersebut tidak dapat lagi dihindari, beruntunglah jika Anda telah menggunakan layanan Cloud untuk backup data dari ponsel tersebut.

Akan tetapi, saat ini kehilangan ponsel bisa ditaktisi dengan menggunakan aplikasi pelacak. Seperti Apple misalnya yang meluncurkan layanan Find my iPhone untuk melacak device iPhone yang hilang. Sedangkan bagi pengguna Android, ada aplikasi bernama Android Device Manager yang mampu menemukan lokasi dari smartphone yang hilang serta mampu mengamankan data didalamnya.

Bacaan Lainnya

Sekilas Mengenai Android Device Manager

Android Device Manager (ADM) adalah fitur dari Google yang dibuat untuk membantu pengguna smartphone Android dalam melakukan pelacakan terhadap keberadaan smartphone mereka. Fitur ini umumnya telah tersedia di hampir semua perangkat Android, terutama pada versi 2.2 ke atas dengan Google App terinstalasi.

Akan tetapi, meskipun kerap diandalkan sebagai aplikasi pelacak device, namun ada beberapa kondisi tertentu yang membuat penggunaan dari ADM ini tidak dapat difungsikan sebagaimana fungsinya, seperti ketika smartphone yang ingin dilacak sedang dalam kondisi tidak aktif. Selain itu, hal-hal lain yang tidak dapat dilakukan oleh aplikasi ADM ini, diantaranya:

  • Mengendalikan smartphone dari jarak jauh,
  • Mengetahui lokasi smartphone yang telah direset,
  • Mengambil data dari smartphone yang hilang.

Baca Juga : Mengenal Aplikasi Gambar Digital Procreate untuk Android

Kelebihan dan Kekurangan Android Device Manager

Mengenal pengertian dari aplikasi ADM ini rasanya tidak cukup jika tidak mengetahui kelebihan serta kekurangannya juga. Mengenal hal-hal tersebut adalah suatu cara agar Anda dapat menentukan pada kondisi apa saja aplikasi ini dapat Anda andalkan. Adapun kelebihan dari ADM ini, yaitu:

  1. Dapat membuat smartphone berbunyi ketika dilacak, sehingga memudahkan Anda dalam menemukan smartphone yang terselip atau tersembunyi di suatu tempat.
  2. Dapat mengamankan smartphone dengan melakukan penguncian menggunakan password.
  3. Dapat menghapus semua data yang ada pada ponsel yang hilang. Mungkin hal ini akan menjadi hal yang cukup berat, akan tetapi dapat dijadikan solusi agar semua data penting yang ada dalam ponsel tidak jatuh ke tangan orang yang salah. Namun hal ini juga bisa jadi penanda bahwa Anda akan kehilangan akses sepenuhnya  terhadap smartphone Anda.

Selain kelebihan dari Android Device Manager yang telah disebutkan, ada beberapa aspek dari aplikasi ini yang bisa dikatakan sebagai kelemahan atau kekurangannya. Namun kelemahan atau kekurangan berikut ini tidak mengindikasikan bahwa aplikasi IDM ini tidak begitu layak digunakan.Justru, hal-hal berikut adalah kondisi-kondisi yang harus diperhatikan sebelum melakukan pelacakan. Berikut adalah kekurangan aplikasi ADM ini:

  1. Tidak dapat melakukan pelacakan atau pengendalian terhadap smartphone yang hilang jika Anda kehilangan akses terhadap email aktif pada ponselAnda tersebut.
  2. GPS yang umumnya ditunjukkan oleh smartphone tidak selalu benar-benar akurat, sehingga cukup sulit untuk menentukan  titik pasti keberadaan ponsel yang hilang.
  3. Aplikasi ADM ini tidak bisa digunakan ketika tidak ada jaringan internet.

Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *