Cara Partisi Hardisk Windows 10 Tanpa Install Ulang

  • Whatsapp
Hardisk Windows 10

Mengetahui cara partisi hardisk Windows 10 sangatlah penting bagi pengguna komputer yang menggunakan system operasi Windows 10. Sebab dengan melakukan partisi harddisk, kamu bisa membuat lokasi penyimpanan khusus untuk file-file umum yang berbeda dengan file yang berisi system operasi Windows.

Saat menginstall ulang komputer, bisa saja kamu langsung melakukan partisi hardisk pada saat itu. Tapi jika lupa atau karena sebab tertentu, bisa saja kamu melakukannya saat proses install ulang selesai.

Read More

Lantas bagaimanakah cara partisi hardisk Windows 10? Jika sobat ingin mengetahui jawabannya, pastikan membaca kelanjutan artikel berikut ini.

Ulasan Detail Cara Partisi Hardisk Windows 10 Tanpa Install Ulang

Perlu diketahui bahwa drive yang asalnya terdapat pada komputer setelah selesai install ulang adalah Drive C. Ini terjadi jika kamu tidak melakukan partisi sebelumnya.

Tentu kurang bagus jika data-data penting kamu disimpan di Drive C bercampur dengan file-file system operasi yang terdapat pada komputer tersebut. Oleh karena itu, kamu butuh untuk melakukan partisi harddisk  agar file-file tersebut bisa terpisah.

Nah, jika kamu ingin melakukan partisi harddisk pada Windows 10 tanpa install ulang, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, bukan Run pada komputer kamu dengan menekan Windows + R pada keyboard.
  • Ketik diskmgmt.msc lalu tekan Enter.
  • Selanjutnya silahkan klik kanan pada partisi Windows 10 yang ingin kamu bagi, misalnya menjadikan partisi Local Disk menjadi tiga.
  • Klik Shrink Volume.
  • Lanjutkan dengan mengisi kapasitas untuk partisi baru sesuai yang kamu inginkan pada kolom Enter the amount of space to shrink in MB. Ingat, kapasitas maksimal yang kamu pilih tidak boleh melebihi nilai yang ditunjukkan kolom di atasnya.
  • Jika sudah selesai, selanjutnya klik Shrink. Sampai di sini partisi sudah terbagi, yang mana partisi baru tersebut belum memiliki nama dan belum diformat (Unallocated).
  • Selanjutnya klik kanan pada partisi Unallocated. Lanjutkan dengan mengelik New Simple Volume untuk pembuatan atau penambahan partisi baru.
  • Selanjutnya klik Next saat ada tampilan New Simple Volume Wizard. Lanjutkan dengan mengelik Next saat ada tampilan Specify Volume Size.
  • Klik Assign The following drive letter, lalu dilanjutkan dengan memilih drive yang akan digunakan untuk partisi baru tersebut. Misalnya kamu membuat local drive D, maka pilihlah D. Kemudian klik Next.
  • Setelah itu pilihlah NTFS pada File System. Isikan nama partisi baru yang kamu inginkan. Contoh menggunakan nama DATAKU. Lanjutkan dengan mengelik Next.
  • Selanjutnya akhiri dengan mengelik Finish.
  • Selesai.

Setelah semua langkah-langkah cara partisi hardisk di atas sudah dilakukan, maka di komputer kamu akan terlihat adanya drive yang baru. Pada contoh kita kali ini adalah drive D dengan nama DATAKU dan sudah diformat.

Baca Juga : Cara Menghapus Cache di Laptop Windows 10 Tanpa Aplikasi

Penutup

Demikianlah cara partisi hardisk Windows 10 yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Cara partisinya sangat mudah, dijamin kamu tidak akan kesulitan melakukannya meskipun baru pertama kali akan melakukannya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *