Samsung, Xiaomi, Oppo Dan Vivo Akan Rilis Ponsel Dengan Kamera Di Bawah Layar

  • Whatsapp
hp kamera bawah layar
Ilustrasi

Teknologi yang terus berkembang membuat kita disuguhi sesuatu hal yang menarik dari ponsel – ponsel terbaru yang hampir datang setiap harinya. Yang terbaru, para produsen ponsel sedang beramai – ramai bersiap untuk mengembangkan teknologi kamera depan yang disematkan di dalam layar.

Teknologi ini juga dikenal sebagai Under Display Camera, pada dasarnya ini hampir mirip dengan pembaca sidik jari yang terkubur di bawah layar. Kamera semacam itu pertama kali muncul di ZTE Axon 20 5G pada akhir tahun 2020, namun sayangnya kemampuan fotografi ponsel itu banya menuai kritikan oleh para reviewer  dan teknologi kamera di bawah layar yang mereka usung dianggap masih  setengah matang.

Bacaan Lainnya

Namun saat ini laporan terbaru mengklaim bahwa kamera dengan teknologi tersebut akan ditampilkan pada setidaknya lima smartphone, dari lima produsen berbeda, sebelum akhir tahun ini. Sebuah hal yang tepenting laporan tesebut juga memastikan bahwa kamera yang mereka gunakan akan jauh lebih baik daripada upaya pertama yang dilakukan ZTE.

Sebuah akun twitter bernama Ice Universe, yang memiliki rekam jejak baik dalam hal bocoran – bocoran smartphone dan prediksi tentang model masa depan khususnya yang diproduksi oleh Samsung mencuit beberapa waktu lalu :

“Paruh kedua tahun ini adalah ketika Under Display Camera secara resmi memulai debutnya, termasuk setidaknya Samsung (lipat), Xiaomi (MIX4), OPPO (lipat), Vivo dan ZTE (versi yang sangat ditingkatkan)”

Meskipun belum ada kejelasan soal spesifikasi kamera yang dibawa, dan belum jelas pula tentang model mana yang akan mengusung teknologi ini, namun dari informasi itu dapat ditarik berapa asumsi.

Jika informasi tersebut terbukti kebenarannya maka kemungkinan kita bisa melihat kamera under display pada Samsung Galaxy Z Fold 3 yang akan dirilis tahun ini, lalu ada ponsel lipat pertama Oppo yang sebelumnya dikabarkan akan diluncurkan pada bulan Juni, dan  sementara Xiaomi kemungkinan juga akan menyemarkan kamera di bawah layar pada Mi Mix 4.

Disisi lain ZTE juga akan kembali, mereka belum menyerah dan akan mengusung Axon 30 Pro 5G dengan versi teknologi kamera bawah layar yang tentu lebih baik ketimbang pendahulunya. Produsen lain seperti Vivo juga tak akan mau ketinggalan dengan rencana mereka yang akan merilis ponsel dengan kamera di bawah layar, meskipun belum jelas model mana yang akan mengusung teknologi ini.

Samsung Galaxy Z Fold 3 akan memiliki desain yang lebih ramping daripada Flip 2  yang ada saat ini, tampilan lipat yang lebih baik, dan tentu saja kamera di bawah layar. Ponsel ini diyakini akan meluncur ketika liburan musim panas tiba. Satu hal lain yang menarik ponsel ini juga dikabarkan akan mendapatkan dukungan untuk stylus S Pen Samsung untuk pertama kalinya, ini merupakan sebuah langkah yang bisa menandakan akhir dari jajaran smartphone Galaxy Note.

Jika teknologinya berfungsi dengan baik, kamera di bawah layar kemungkinan akan muncul di ponsel – ponsel generasi berikutnya dan meninggalkan desain notch yang ada saat ini. Dengan kamera di bawah layar, akan memungkinkan bezel layar menjadi lebih tipis.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *