Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp
Laptop Sering Mati sendiri

Penyebab Laptop Sering Mati Sendiri – Keberadaan laptop yang membantu pekerjaan sehari-hari begitu terasa manfaatnya. Oleh karena itu, ketika terjadi gangguan semisal laptop sering mati sendiri terasa sangat menjengkelkan. Pasalnya, pekerjaan yang harus kita selesaikan secepat mungkin menggunakan laptop jadi terhambat.

Berbagai gangguan yang terjadi pada laptop, termasuk pada kasus di atas tentu ada penyebabnya. Maka dari itu, penyebab tersebut harus diketahui agar bisa dicarikan solusi untuk mengatasinya.

Bacaan Lainnya

Masalah laptop sering mati sendiri sebenarnya disebabkan oleh beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Untuk lebih detailnya, masalah-masalah tersebut akan saya sebutkan di bawah ini.

Laptop Sering Mati Sendiri? Begini Cara Mengatasinya

Laptop Sering Mati sendiri

Laptop Terlalu Panas

Laptop yang terlalu panas atau overheating merupakan penyebab paling umum laptop sering mati sendiri. Penyebabnya bermacam-macam, di antaranya pendingin laptop yang bermasalah, menggunakan laptop di tempat yang bersuhu tinggi, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi gangguan di atas tentu saja dengan memperbaiki/mengganti kipas laptop yang bermasalah. Ssebaiknya bawa ke tempat service dan jangan memaksakan diri untuk memperbaikinya sendiri jika tidak memiliki keahlian untuk itu.

Selain itu, hindari juga penggunaan laptop di tempat-tempat yang bersuhu panas dan jauhkan laptop dari sumber panas yang ada di sekitarnya.

Kerusakan Pada Perangkat Keras

Gangguan berupa laptop sering mati sendiri bisa juga disebabkan oleh kerusakan pada perangkat keras laptop. Kerusakan perangkat biasanya terjadi pada laptop yang sudah usang atau dipakai dalam waktu yang sangat lama.

Untuk mengatasi gangguan ini tentunya dengan memperbaiki atau mengganti perangkat keras yang mengalami kerusakan. Ingat, jangan pernah mengganti sendiri perangkat keras laptop jika tidak pernah melakukan sebelumnya. Lebih aman jika sobat membawanya ke tempat service untuk mendapatkan penanganan yang paling tepat.

Perangkat keras yang seringkali bermasalah dan mengalami kerusakan pada laptop adalah CPU, RAM, motherboard, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Tutorial Cara Setting Bios Laptop HP Untuk Instal Ulang

Baterai Laptop Rusak

Kerusakan pada baterai laptop juga bisa mengakibatkan laptop sering mati sendiri. Kerusakan pada baterai biasanya diakibatkan oleh pengisian daya yang berlebihan karena dicolok terus menerus dalam waktu lama meskipun daya baterai sudah full.

Penyebab lain yang juga mengakibatkan baterai laptop rusak karena penggunaan charger laptop yang tidak sesuai dengan voltase yang seharusnya. Kondisi ini sering terjadi pada pengguna yang gonta-ganti charger tanpa memerdulikan kecocokan voltase charger laptop.

Cara untuk mengatasi masalah ini tentu saja dengan mengganti baterai laptop yang rusak. Setelah itu, perbaiki cara penggunaan charger baterai agar kejadian di atas tidak terulang kembali.

Gangguan Pada Sistem Operasi

Kebiasaan mengotak atik sistem operasi atau mengganti driver laptop seringkali mengakibatkan gangguan sistem operasi yang terinstall pada laptop. Gangguan tersebut seringkali memicu masalah pada sistem BIOS. Akibatnya yang ditimbulkannya beragam, salah satunya adalah laptop sering mati sendiri.

Untuk mengatasinya, sobat tinggal memperbaiki masalah yang terjadi pada BIOS tersebut. Jika tidak memiliki keahlian dalam hal ini, tentu sobat akan kesulitan untuk mengetahui jenis gangguan yang terjadi. Solusi terbaik adalah membawanya ke tukang service.

Selain berbagai penyebab yang sudah disebutkan di atas, gangguan berupa laptop sering mati sendiri juga bisa diakibatkan oleh serangan virus pada laptop. Untuk mengatasinya, gunakan anti virus yang bisa membantu menghilangkan virus tersebut. Jika terlanjur parah, install ulang windows saja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *