Melacak HP dengan IMEI, Bisakah? Bagaimana Caranya?

  • Whatsapp
melacak hp dengan imei

Terkadang hp yang kita miliki hilang karena dicuri orang atau tercecer. Hal ini tentu menimbulkan rasa sedih, karena bisa saja hp tersebut mahal harganya atau banyak data-data penting yang ada di dalamnya. Nah untuk itu, kami akan mencoba mengulas untuk Anda cara melacak HP dengan IMEI, apakah itu memungkinkan?

Jika kamu mengalami kondisi yang demikian, tidak perlu sedih. Sebab, kamu bisa melacak hp tersebut dan menemukannya kembali. Benarkah? Bagaimana caranya? Yuk kita ulas secara detail pada artikel di bawah ini.

Read More

Apa Itu Nomor Imei? Bagaimana Cara Mengetahuinya?

melacak hp dengan imei

Mungkin masih sedikit pengguna yang tahu kalau setiap ponsel memiliki nomor identitas yang diistilahkan dengan imei (International Mobile Equipment Identity). Padahal, nomor Imei yang memiliki deretan angka sebanyak 15 sampai 16 digit tersebut bisa digunakan untuk membantu melacak hp ketika hilang atau tercecer.

Agar bisa melakukan pelacakan dengan nomor Imei, kamu tentu harus menghafal atau mencatat nomor tersebut. Untuk mengetahui nomornya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan :

Cek Bagian Bodi HP

Produsen hp biasanya menaruh nomor imei di bagian belakang perangkat tersebut, seperti pada baterai atau di bagian dalam yang tertutupi baterai (baterai removable).  Nah, coba lihat saja langsung nomor imei hp kamu di situ dan hafalkan atau catat buat jaga-jaga.

Baca juga: Inilah Daftar Aplikasi Pelacak Android Terbaik 2021

Menggunakan Kode *#06#

Cara berikutnya yang juga bisa kamu lakukan untuk mengetahui nomor imei hp kamu adalah dengan menggunakan kode *#06#. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama, tekan *#60# pada hp kamu. Nah, tunggu saja beberapa saat sampai layarnya selesai loading dan menampilkan data.
  • Jika langkah ini sukses, nomor imei hp kamu akan tertera pada tampilan layar ponsel tersebut.
  • Tinggal hafalkan atau catat nomornya buat jaga-jaga.

Menggunakan Settingan HP

Cara lain yang juga bisa kamu lakukan untuk mengetahui nomor imei hp kamu adalah dengan menggunakan settingan hp. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  • Pertama, buka terlebih dahulu menu “Pengaturan” atau “Settings”.
  • Selanjutnya pilih menu “About” atau “Tentang ponsel”.
  • Nanti pada tampilan about tersebut akan tertera nomor imei dan informasi penting lainnya yang dimiliki oleh ponsel kamu.
  • Hafal atau catat nomor imei-nya buat jaga-jaga.

Selain menggunakan ketiga cara di atas untuk mengetahui nomor imei hp, cara paling mudah lainnya yang bisa kamu lakukan adalah melihat nomor imei tersebut di box pembelian hp. Saat kamu pertama kali membelinya tentu mendapatkan box-nya kan? Nah, di box itu tertera nomor imei ponsel tersebut.

Baca Juga : Cara Cek IMEI Samsung Dengan Mudah!

Bagaimana Melacak HP Hilang dengan Nomor Imei Tersebut?

Saat hp kamu hilang, tinggal hubungi saja call center operator seluler atau datangi gerai operator jaringan yang digunakan oleh hp kamu. Jika kamu menggunakan Telkomsel misalnya, hubungi saja call center Telkomsel atau datangi gerai terdekat dari lokasi kamu.

Beritahukan kepada pihak operator atau call center kalau hp kamu hilang dan minta mereka untuk melacaknya. Jangan lupa sampaikan berapa nomor imei ponsel tersebut sehingga mereka bisa melacaknya.

Kamu juga bisa mendatangi pihak yang berwajib untuk menyampaikan kalau hp kamu hilang dan minta mereka untuk melacaknya. Nantinya pihak yang berwajib akan meminta nomor imei ponsel tersebut. Nah, berikan saja kepada mereka nomor imei-nya agar bisa melakukan pelacakan dengan mudah.

Lacak HP Menggunakan Google Find My Device

Selain melacak hp menggunakan nomor Imei yang sudah kita jelaskan di bagian atas, Sobat pengguna hp Android juga bisa melacak HP menggunakan layanan yang dihadirkan khusus oleh Google, yaitu Google Find My Device.

Google tidak hanya memikirkan kecanggihan dari sistem operasi Android besutannya, tentu mereka juga memikirkan sistem keamanan perangkat bahkan yang terpenting adalah data yang ada di dalam HP tersebut. Tentunya setiap orang yang kehilangan HP sangat memikirkan data di dalamnya, apalagi semua sumber finansial dan keuangan sekarang ini sudah dapat diakses dengan mudah di HP.

Jika Sobat mengalami musibah kehilangan HP namun ternyata nomor imei HP tidak diketahui, atau memang sobat tidak pernah mencatatnya, menggunakan Google Find My Device adalah salah satu solusinya.

User HP Android tentu wajib mengkoneksikan satu akun Google yang terhubung ke HP Android, dan tentu saja Sobat harus punya dan bisa login ke akun Google yang terhubung ke HP yang hilang tersebut, jika sudah bisa login, langkah selanjutnya adalah;

  • Buka situs Google Find My Device , kalau belum login silahkan untuk login terlebih dahulu dengan akun google yang terhubung ke HP Android, setelah berhasil laman web akan menampilkan peta beserta lokasi smartphone Anda berada.
  • Dengan layanan Find My Device ini, ada terdapat 3 opsi yang bisa Anda lakukan. Jika Sobat merasa lupa meletakan HP di aman, Sobat bisa menggunakan opsi bunyikan suara, tapi jika HP sobat ternyata di curi Anda bisa memilih amankan handphone dan terakhir dengan cara hapus data yang ada di HP.
  • Jika ingin mengamankan HP, silahkan klik Secure Device, dengan mengaktifkan fitur ini, perangkat akan langsung terkunci dan sign out otomatis dari akun Google, tapi tenang perangkat masihbisa dilacak walaupun sudah sign out.
  • Cari HP Sobat dengan melihatnya di peta yang tersedia
  • Jika sudah dilokasi yang ditunjukan, lakukan play sound untuk membuat HP berbunyi dan mengetahui keberadaan perangkat tersebut
  • Langkah akhir dan darurat adalah dengan memilih menu Erase Device yang akan menghapus semua data yang ada di HP.

Baca juga: Inilah Website Untuk Melacak Posisi No HP Beneran

Akhir Kata

Bagaimana sudah mengerti cara hp dengan imei ? Jika Sobat lupa atau memang tidak mencatat nomor imei dari HP yang Anda miliki, silahkan gunakan cara kedua yaitu dengan Google Find My Device. Semoga informasi ini dapat membantu Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *