Cara Membuat Tanda Tangan Di Word

  • Whatsapp
Cara Membuat Tanda Tangan di Word

Menggunakan Microsoft Word untuk menunjang kegiatan sehari-hari memang sudah menjadi hal yang sangat umum bagi para penggunanya. Dengan microsoft word, kita dapat membuat atau mengolah file dokumen yang bisa dibagikan ke orang lain.

Namun terkadang dokumen Microsoft Word juga sering digunakan untul hal-hal yangbersifat sangat penting, misal untuk surat perjanjian, untuk pembuatan proposal, pembuatan surat undangan, dan sebagainya. Tentu saja dokumen-dokumen penting tersebut wajib ditambahkan dengan tanda tangan, bagik dari sobat sendiri maupun dari pihak yang dituju atau terkait.

Bacaan Lainnya

Nah bagi sebagian pengguna Word masih bingung bagaimana cara untuk membuat tanda tangan di word. Pasalnya kita tidak dapat langsung membuat coretan layaknya di paint. Jangan khawatir, jika sekarang sobat sedang membutuhkan cara membuat tanda tangan di word dengan mudah, sobat bisa menemukan jawabannya di bawah ini!

Cara Membuat Tanda Tangan di Word

Silahkan sobat simak dan ikuti penjelasan yang akan kami jabarkan di bawah ini agar berhasil, kami juga memberikan bebeapa cara, jadi jika salah satu cara tidak bisa, sobat bisa mencoba cara yang lainnya. Berikut penjelasannya!

  • Pertama, silahkan sobat buka file di Word yang ingin sobat tambahkan tanda tangan
  • Selanjutnya sobat bisa arahkan ke sisi atau bagian yang ingin diberi ruang untuk tanda tangan.
  • Kemudian sobat bisa lihat menu bar diatas, lalu klik tab Insert
  • Selanjutnya silahkan klik ikon menu Signature Line 
Cara Membuat Tanda Tangan di Word
  • Disini sobat bisa pilih Microsoft Office Signature Line. Ini berfungsi untuk  membuka kotak dialog Signature Setup
  • Pilih OK
  • Nah pada kotak Signature Setup akan terdapat form-form yang bisa sobat isi, seperti nama, jabatan, email adress, dan sebagainya.
Cara Membuat Tanda Tangan di Word
  • Lanjutkan dengan Klik OK
  • Maka akan muncul kotak signature seperti ini.
Cara Membuat Tanda Tangan di Word

Nah jika sobat ingin menambahkan langsung tanda tangan dari Word tanpa menggunakan aplikasi tambahan / pihak ketiga, berikut langkah-langkahnya :

  1. Silahkan sobat buat tanda tangan di kertas putih
  2. Kemudian silahkan sobat foto tanda tangan tersebut dan simpan sebagai file gambar dengan format .bmp, .gif, .png, atau .jpg
  3. Jika sudah, kirim tanda tangan tersebut ke laptop atau PC
  4. Silahkan buka word kembali, dan pilih menu Insert, lalu klik Pictures
  5. Silahkan pilih foto tanda tangan yang sudah sobat kirim barusan
  6. Selanjutnya sobat bisa edit foto tanda tangan tersebut dengan menghilangkan background kertasnya. Caranya sobat bisa pilih Picture Tools Format atau juga bisa menggunakan opsi Remove Background
  7. Silahkan sobat save
  8. Selesai! Tanda tangan berhasil ditambahkan!

Baca juga: Cara Menghilangkan garis Merah di Word

Menambahkan Teks Keterangan Pada tanda Tangan

Jika sudah membuat tanda tangan, pastinya kita harus menambahkan keterangan teks dibawah tanda tangan seperti nama lengkap, nama jabatan, atau nomor unik (nomor kepegawaian, nomor induk, nomor mahasiswa, dsb). nah silahkan sobat ikuti langkah-langkahnya :

  1. Pertama, silahkan sobat klik bagian di bawah tanda tangan, lalu ketikk teks yang diinginkan.
  2. Klik Insert > Quick Parts
  3. Klik Save Selection to Quick Parts Gallery
  4. Langkah tadi akan membuka kotak dialog Create New Building Block
  5. Silahkan pilih kotak Name, disini sobat bisa tulis nama untuk signature block
  6. Lihat pada kotak Gallery, lalu silahkan pilih AutoText, dan klik OK
  7. Nah pada saat sobat akan menggunakan tanda tangan tersebut, arahkan kursor ke area yang akan dibubuhi tanda tangan (signature block), lalu silahkan Klik Insert > Quick Parts > AutoText
  8. Silahkan pilih nama signature block, lalu klik Insert.
  9. Selesai!

Cara Membuat Tanda Tangan Di Aplikasi Simple Scanner

Jika sobat bingung atau kesulitan dengan cara yang kami jabarkan diatas, jangan khawatir, kami akan memberikan cara alternatif yaitu dengan menggunakan aplikasi Android.

Aplikasi yang akan sobat gunakan bernama Simple Scanner, nah untuk memulai membuat tanda tangan, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini!

  1. Download Aplikasi

    Pertama, silahkan sobat donload dahulu aplikasi Simple Scanner di Android Google Play Store, atau mudahnya klik disini

  2. Buat Tanda Tangan

    Sebelum menggunakan aplikasinya, silahkan sobat buat tanda tangan dahulu di secarik kertas dengan pulpen

  3. Foto tanda Tangan

    Setelah itu, sobat bisa buka aplikasi Simple Scanner, lalu klik ikon kamera, dan silahkan foto tanda tangan tersebut

  4. Atur dan Edit Warna

    Jika sudah di foto, maka nantinya sobat akan diarahkan ke laman editing hasil foto yang ingin di scan. Nah disini silahkan sobat atur pewarnaan, dan menentukan tingkat kejelasan / opacity dari tanda tangan tersebut.

  5. Beri Nama File Tersebut

    Agar tidak keliru saat dicari nantinya,, silahkan sobat beri nama pada file tanda tangan tersebut

  6. Simpan

    Terakhir, silahkan sobaat simpan tanda tangan ini, disini akan diberikan tiga opsi format. Karena sobat ingin menggunakan tanda tangan tersebut di word, maka sobat bisa save gambar tersebut via JPG (image).

  7. Pindahkan Ke Word!

    Terakhir, tinggal sobat pindahkan tangan tangan ini ke word, dan sobat tidak perlu repot-repot mengatur settingan seperti cara sebelumnya yang sudah kami jelaskan.

Menggunakan aplikasi Simple Scanner memiliki beberapa keunggulan daripada cara sebelumnya, dan kami sangat merekomendasikan sobat untuk menggunakan aplikasi ini, karena memungkinkan sobat membuat tanda tangan dengan lebih mudah, cepat, sederhana, dan gambar yang dihasilkan bisa HD.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Fitur Terjemahan Bahasa di Microsoft Edge

Akhir Kata

Begitulah beberapa cara untuk membuat tanda tangan di word yang bisa sobat ikuti. Bagaimana? terlihat cukup rumit atau mudah? jika ada permasalahan yang ingin ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini ya!

Jika sobat penggemar berita teknologi atau senang membaca tips-tips seputar teknologi, sobat bisa join ke channel Telelgram kami di @androidponsel.com. Cara untuk joinnya sangat mudah sekali, tinggal sobat klik id telegram tersebut lalu klik tombol JOIN, maka sobat sudah masuk ke channel kami dan akan mendapatkan berita ter-update secara gratis 😊

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *