8 Tips Membeli iPhone Bekas

  • Whatsapp
Tips Membeli iPhone bekas

Tips Membeli iPhone Bekas – Seperti yang kita ketahui bersama, salah satu brand smartphone terbesar di dunia yaitu Apple mampu mendominasi pasar termasuk di pasar tanah air kita. iPhone menjadi smartphone yang berani menyematkan teknologi-teknologi terbaru yang canggih seperti kamera dengan resolusi tinggi, cheapset atau processor berteknologi terkini, baterai yang berkapasitas besar, body yang cukup kuat, dan lain sebagainya.

Hal inilah yang membuat brand yang didirikan oleh mendiang Steve Jobs begitu digandrungi oleh pecinta smartphone terlebih anak-anak muda yang memiliki aktivitas padat. Yang terbaru ada iPhone 12 pro Max, bisa dibilang produk satu ini mampu mengagetkan pasar, karena selain teknologinya yang baik, harganya juga bisa dikatakan mahal. Nah jika sobat salah satunya yang sedang mencari iPhone namun dengan budget minim dan ingin membeli yang second, sobat bisa ini simak tips membeli iPhone bekas dari kami! silahkan disimak ya!

Bacaan Lainnya

Tips Penting Sebelum Membeli iPhone Bekas

tipa membeli iphone bekas

Kami akan membagikan beberapa tips yang tentunya berguna dan bisa sobat coba jika ingin membeli iPhone bekas ataupun jika sobat sudah keduluan membeli sebelum menyimak tips ini. berikut ulasannya :

Pastikan Bukan Membeli iPhone Versi Yang Jadul

iphone bekas jadul

Tips yang pertama yang bisa sobat perhatikan yaitu jangan membeli iPhone bekas dengan versi yang jadul, misal iPhone 4 atau iPhone 5. Kenapa begitu? Bisa kami pastikan, dalam beberapa waktu jika sobat membelinya sobat akan mengeluh.

Pasalnya, dukungan teknologi yang disematkan sudah banyak yang tidak balanced dan tidak kompatible dengan aplikasi-aplikasi saat ini. Jika dahulu aplikasi-aplikasi rata-rata berukuran 50 sampai 200mban, sekarang aplikasi seperti Instagram sudah memiliki size yang sangat besar, bahkan pada beberapa aplikasi game bisa memiliki size dalam hitungan GB.

Selain itu, teknologi seperti kamera juga kurang baik jika dibandingkan dengan kejernihan kamera sekarang yang memiliki puluhan megapixel. Jadi, sebisa mungkin sobat tahan dulu ya membli iPhone bekas yang versi jadulnya! Kami sarankan sih sobat sekalian saja membeli iPhone 7 keatas.

Pastikan iPhone Bukan Barang Curian atau Black Market

iPhone Curian

Nah permasalahan ini kerapkali dialami oleh orang. dengan iming-imingan harga yang murah, banyak pembeli yang langsung deal tanpa mengecek terlebih dahulu apakah iPhone tersebut hasil curian / black market atau bukan.

Bagaimana kita bisa tahu iPhone tersebut hasil curian atau tidak? jangan khawatir, disini kami berikan beberapa trik. Berikut caranya :

  • Pertama, sobat bisa masuk ke setting > general > about
  • Selanjutnya sobat bisa cek Imei yang tertera
  • Kemudian sobat bisa masuk ke situs Stolen Phone Checker dan masukkan nomor IMEI iPhone tersebut
  • Nantinya situs akan memberikan informasi terkait apakah iPhone dengan Imei tersebut pernah dilaporkan hilang atau tidak.

Periksa Activation Lock

iphone lock

Tips ini masih berkorelasi dengan tips sebelumnya. Bagi sobat yang belum mengetahui apa itu Fitur activation lock, fitur ini berfungsi agar memungkinkan perangkat iPhone dapat mencegah orang lain mengakses perangkat pada saat iPhone tercuri maupun hilang.

Nah pada fitur Activation lock ini nantinya akan aktif ketika pengguna sebelumnya menggunakan fitur Find My iPhone dan pastinya sobat tidak akan dapat menonaktifkannya tanpa Apple ID milik pengguna sebelumnya, lalu sobat bisa saja tertuduh sebagai orang yang mencuri perangkat tersebut. Jadi pastikan sobat lebih berhati-hati ya sebelum deal untuk membelinya!

Cek Body dan Hardware Secara Detail

cek body iphone

Mengecek body dan hardware merupakan suatu hal yang wajib sobat lakukan agar tidak menyesal nantinya. Pastikan sobat megecek secara keseluruhan dan detail. Perhatikan mulai dari layar apakah masih mulus ataupun sudah retak, lihat body samping apakah sudah pernah terbentur atau tidak, lihat body belakang apakah ada goretan kasar atau masih mulus.

Perhatikan juga kaca kamera, lihat terdapat retakan, goretan atau tidak. Karena retakan di kaca kamera bisa sangat menganggu hasil foto nantinya. Lihat juga pada port charger ataupun headset, apakah masih berfungsi atau tidak. Jika tidak berfungsi, maka biaya reparasi nantinya akan mahal. Pastikan dicek semua ya!

Cek Suara Dari Speaker

speaker iphone

Selanjutnya sobat bisa cek keluaran suara dari speaker iPhone tersebut, apakah masih jernih atau sudah gresek. Gresek sendiri dalam artian suaranya sudah tidak enak di dengar, hal ini bisa terjadi karena sebelumnya speaker pernah terkena ataupun tercelup air.

Tentunya speaker yang tidak berfungsi dengan baik akan sangat tidak nyaman digunakan ketika sedang mendengarkan lagu maupun menonton video dan film.

Lihat Baterai Apakah Sudah Bocor

beterai iphone

Baterai merupakan salah satu komponen terpenting dalam sebuah Smartphone. Nah sebelum membeli iPhone bekas, ada kalanya sobat mengecek baterainya. Jika baru sebentar dioperasikan sudah panas atau sudah berkurang banyak persentasi baterainya, dapat dipastikan baterai tersebut sudah bocor dan tidak layak digunakan untuk jangka panjang.

Sobat juga bisa melakukan pengecekan kondisi kesehatan baterai iPhone dengan cara berikut ini;

  1. Buka settingan pada iPhone
  2. Cari menu Battery ada di bagian bawah
  3. Di dalamnya akan ditampilkan informasi mengenai kondisi kesehatan baterai iPhone, mulai dari kapasitas maksimum 100% sampai mengalami pengurunan bahkan hingga 80%

Perlu diketahui, jika kondisi baterai di bawah 80% tandanya baterai iPhone tersebut sudah tidak sehat lagi.

Tips Membeli iPhone Bekas, Pilih Yang Masih Bergaransi

tips membeli iphone bekas

Garansi sendiri berfungsi sebagai penukaran atau reparasi gratis jika suatu waktu perangkat mengalami hal yang tidak diinginkan, misal sistem error, atau ada komponen yang tidak berfungsi. Jika memungkinkan, lebih baik sobat beli iPhone bekas yang masih bergaransi.

Namun untuk garansi sendiri waktunya tidak akan lama, paling hanya 1 sampai 2 tahunan, jadi jangan harap mendapatkan garansi jika sobat membeli iPhone bekas versi lampau.

Baca juga: Daftar 3 HP Termahal di Dunia, Kamu Pilih yang Mana?

Bandingkan Harga

Tips yang terakhir yaitu sobat dapat membandingkan harga terlebih dahulu. Jika harga jual iPhone bekas tersebut tidak jauh berbeda dengan iPhone baru, lebih baik sekalian saja sobat menabung dulu dan membelinya yang baru.

Pastikan juga harga yang dijual sesuai dengan kualitas iPhone tersebut, apakah masih mulus, sudah retak, ataupun versi Hpnya sudah lampau, ingat cek kesehatan baterainya juga!

Akhir Kata

Begitulah tips yang bisa sobat lakukan sebelum membeli iPhone bekas nantinya. Jangan terburu-buru ya untuk membelinya ya, pastikan sobat sudah melakukan tips-tips yang sudah kami ulas diatas. Jika ada tips lain yang belum kami sebutkan, boleh dong berbagi atau share ke kita semua agar kita bisa sama-sama lebih tahu! 😊

Tak ketinggalan juga kami ingatkan, sobat juga bisa join ke channel @androidponsel di aplikasi Telegram untuk mendapatkan update dari berita-berita atau informasi tentang teknologi, tips and trik teknologi, dan rekomendasi HP terbaru dari kami.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *