Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI

Cara bayar BPJS Lewat ATM BRI

Pengguna BPJS Kesehatan mandiri mungkin masih ada banyak yang bingung ya bagaimana cara bayarnya, nah pada kesempatan ini kami akan mengulas cara bayar BPJS Kesehatan lewat ATM BRI, dan berbagai ATM Bank lainnya serta cara lain seperti melalui SMS Banking dan Internet Banking. Tentu saja kami harapkan informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda.

BPJS Kesehatan menjadi asuransi wajib bagi warga di Indonesia, tentu saja ini adalah salah satu pegangan kita agar tidak terlalu terbebani dengan biaya pengobatan yang mahal, karena dengan BPJS Kesehatan kita bisa mendapatkan asuransi yang memperingan pembayaran dari beban pengobatan tersebut.

Untuk pembaharan BPJS Lewat ATM BRI, Sobat harus punya tabungan di Bank BRI terlebih dahulu dan Nomor BPJS kesehatan. Karena nantinya ketika di ATM sobat harus memasukan nomor tersebut guna mengetahui berapa biaya yang harus dibayarkan.

Melakukan pembayaran di mesin ATM Sobat tidak harus membawa kartu tanda penduduk ( KTP ) atau SIM bahkan kartu keluarga, Sobat hanya perlu mengingat nomor BPJS Kesehatan untuk di inputkan ke mesin ATM nantinya tagihan atas nama pemilik BPJS tersebut akan muncul, tentu saja membayar tagihan BPJS kesehatan lewat ATM BRI menjadi sangat mudah bukan?

Untuk memberikan informasi yang lebih terperinci, kami mengulasnya secara lengkap di halaman ini. Informasi akan mencakup penjelasan lengkap dan cara membayar iyuran BPJS Kesehatan dengan mudah di ATM BRI. Jika Anda adalah nasabah Bank Rakyat Indonesia, tentu saja ini menjadi artikel yang wajib sobat ketahui.

Apa sih Keuntungan Menggunakan BPJS Kesehatan ?

BPJS Kesehatan adalah program pemerintah yang merupakan Badan Hukum Publik yang dipertanggung jawabkan langsung kepada Presiden yang juga memiliki tugas untuk menjamin Kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia.

Dengan kata lain, BPJS Kesehatan adalah program jaminan sosial dibidang kesehatan, yang merupakan bentuk rasa peduli dari Pemerintah terhadap masyarakat agar mendapatkan jaminan kesehatan yang lebih baik. Tentunya menggunakan BPJS Kesehatan pengguna akan mendapatkan banyak keuntungan yang akan dirasakan secara langsung ataupun tidak langsung. Beberapa keuntungannya antara lain :

  • Meringankan biaya rumah sakit
  • Tarif tagihan lebih mudah daripada asuransi kesehatan lainnyaa
  • Metode pembayaran tagihan lebih mudah dilakukan
  • Tersedia tiga opsi kelas yang dapat disesuaikan dengan biaya yang kalian miliki
  • Proses pembayaran sangat mudah, bisa lewat Kantor Pos, Bank, Alfamart, Indomaret, dan yang lain
  • Berlaku seumur hidup
  • Mengcover seluruh jenis penyakit
  • Dijamin oleh pemerintah
  • Proses pendaftaran lebih gampang
  • Proses klaim yang mudah
  • Memberi fasilitas yang lengkap

Syarat Membayar Tagihan PBJS Melalui ATM BRI

Sekarang adalah saatnya Sobat mengetahui apa saja sih syarat yang harus dilengkapi untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan melalui ATM Bank BRI, hal ini harus Sobat ketahui untuk meminimalisir kegagalan pembayaran,tentu saja jadinya Sobat harus kembali lagi untuk melengkapi syaratnya. Berikut adalah syarat pembayaran tagihan BPJS Kesehatan lewat ATM BRI:

  • BPJS kesehatan berstatus aktik tak diblokir dan tidak dengan status jatuh tempo
  • Mempunyai sisa saldo ATM BRI yang cukup
  • Membawa kartu BPJS
  • Mengetahui nilai iuran BPJS kesehatan yang akan kalian bayar
  • Melakukan proses transaksi pada ATM BRI dan bukan BRI Link

Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI

Untungnya Bank BRI adalah bank milik negara yang tentunya sudah memfasilitasi segala bentuk pembayaran terkait BPJS Kesehatan, jadi fitur dan layanan yang ada di Bank BRI sudah dapat mudah digunakan untuk membayar tagihan BPJS, Sobat bisa membayarnya melalui ATM, SMS BAnking, Internet Banking atau melalui aplikasi BRIMO tentunya akan sangat lebih mudah dan Sobat bisa melakukan pembayarannya dari rumah.

Tapi jika Sobat menginginkan melakukan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan melalui ATM BRI Sobat bisa mengikuti langkahnya seperti yang kami jabarkan di bawah ini:

  • Cari ATM BRI Terdekat untuk Sobat kunjungi
  • Tentu saja Sobat harus membawa kartu ATM BRI dengan saldo yang cukup untuk bayar iyuran BPJS Kesehatan
  • Masukkan kartu ATM ke mesin ATM
  • Pilih bahasa (Indonesia) dan masukkan PIN (Jangan sampai 3x melakukan kesalahan memasukan pin karena kartu ATM bisa diblockir)
  • Pada menu, pilih ‘’Transaksi Tunai’’, atau ‘’Paket Tunai”
  • Pilih ‘’Transaksi Lainnya’’
Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI
  • Pilih ‘’Pembayaran’’
Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI
  • Kemudian pilih “Lainnya”dan temukan menu BPJS, jika belum ada Menu BPJS terus memilih menu “lainnya”
Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI
  • Setelah menemukannya Pilih ‘’BPJS’’.
  • Pilih ‘’BPJS Kesehatan’’.
Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI
  • Langkah selanjutnya adalah memasukan nomor virtual account, Nomor Virtual account adalah nomor peserta BPJS Kesehatan dan menambahkan beberapa nomor kode Bank BRI.
    • Contoh: Jika nomor peserta kamu 0123456789, kemudian di depannya tambahkan kode Bank BRI yaitu 8888 sehingga menjadi 88880123456789. Kemudian kamu masukkan nomor tersebut ke dalam inputan mesin ATM.
  • Kemudian cek nama dan kesesuaian data atau belum
  • Kemudian masukkan jumlah nominal yang harus kamu bayar sesuai kelas kamu.
  • Transaksi selesai, jangan lupa untuk simpan bukti pembayaran berupa struk ATM.

Hati-hati dan tidak boleh sampai hilang lalu simpan struk pembayaran tersebut. Dikhawatirkan tak terinput di sistem BPJS kesehatan, jadi kalian dapat mengklaim bukti dengan menggunakan struk pembayaran tersebut.

Biaya Admin Pembayaran BPJS lewat ATM BRI

Kemudahan yang didapatkan ketika membayar tagihan BPJS melalui ATM BRI memang sangat bermanfaat sekali, tapi perlu Sobat ingat, kalian juga akan dikenakan biaya admin untuk pembayaran tersebut. Untuk biaya admin yang akan dikenakan sebesar Rp. 2.500, biaya ini berlaku untuk seluruh Jenis rekening BRI pada tahun 2021.

Biaya ini juga termasuk dalam pembayaran di fitur lainnya seperti melalui Internet banking, sms banking dan juga melalui layanan Aplikasi BRImo.

Informasi Tagihan BPJS 2021

Sebagai informasi tambahan, BPJS Kesehatan sekarang ini punya tiga kelas dengan nominal tagihan yang berbeda, ketiganya juga punya fasilitas yang berbeda. Sobat yang belum mendaftar BPJS kesehatan pribadi bisa memilih kelas manapun, tapi kami sarankan untuk memilih dengan kemampuan finansial yang memang sesuai karena ketiganya dibedakan dari nominal tagihan setiap bulananya yang dihitung perkepala yang ada di dalam daftar Kartu Keluarga.

Nilai tagihan BPJS kesehatan di tahun 2021 ini juga mengalami kenaikan lho. Meski demikian, nilai kenaikan itu tak terlalu tinggi. Rincian tagihan BPJS kesehatan pada tahun 2021 adalah sebagai berikut:

  • Harga tagihan BPJS kelas 1: Rp 150 ribu per orang
  • Harga tagihan BPJS kelas 2: Rp 100 ribu per orang
  • Harga tagihan BPJS kelas 3: Rp 35 ribu per orang

Nah, demikian ulasan lengkap mengenai cara membayar tagihan BPJS kesehatan Lewat ATM BRI dengan baik dan benar. Semoga penjelasan di atas bisa membantu dan kalin tidak perlu bingung lagi ketika ingin melakukan proses pembayaran iuran BPJS kesehatan. Terima kasih.

Artikel Terkait BPJS Lainnya

Nah selain itu kami juga sudah membuat artikel terkait BPJS lainnya, jadi sobat bisa membacanya untuk menambah pengetahuan, berikut adalah artikel terkaitnya:

FAQ

Bagaimana jika terjadi kesalahan input nomor BPJS?

Jika mengalami kesalahan input nomor bpjs dan terlanjur membayarkannya silahkan simpan bukti pembayaran dan segera tlp costumer service BPJS Kesehatan atau langsung mengunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Bayar BPJS Kesehatan pakai bank apa saja?

Selain menggunakan Bank BRI, Sobat bisa menggunakan hampir semua Bank yang ada di Indonesia, termasuk BCA, Mandiri, BNI, dan Bank lainnya.

Bayar BPJS Bisa Autodebet?

Kabar terbarunya, BPJS Kesehatan mandiri diwajibkan untuk melakukan pembayaran iuran peserta dengan atau secara autodebet pada tahun lalu.

Dimana Nomor Virtual Account BPJS Kesehata Saya?

Nomor Virtual Accont BPJS Kesehatan tertera di nomor BPJS yang Anda dapatkan dengan kombinasi 5 angka unik dari kode Bank ketika melakukan pembayaran.

Berapa jumlah digit nomor virtual account BPJS Kesehatan?

Nomor Virtual Account (VA) BPJS kesehatan di Bank dimulai dengan Lima Angka Bang dan diikuti dengan 11 digit terakhir nomor kartu BPJS Kesehatan anda.



Info tech paling update! Ikuti kami di WhatsApp Channel & Google News, Jadilah bagian komunitas kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dapatkan Informasi Lebih cepat!

X
Mau selalu update? Aktifkan Notifikasi sekarang juga! OK No thanks