10 Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Mahasiswa

laptop terbaik untuk mahasiswa

Mengetahui jenis laptop yang bagus untuk mahasiswa merupakan hal yang penting. Sebab, saat menjalani aktivitas perkuliahan, terkadang mahasiswa membutuhkan laptop untuk kegiatan belajar atau mengerjakan tugas yang membutuhkan bantuan laptop untuk menyelesaikannya.

Tentu tidak sembarang laptop yang dibutuhkan oleh mahasiswa, karena yang menunjang kegiatannya hanyalah laptop-laptop dengan spesifikasi yang handal dan mumpuni saja. Meskipun laptop dengan spesifikasi standar bisa digunakan, tetapi hasilnya tidak maksimal.

Di sisi lain, sebagai mahasiswa yang umumnya memiliki budget terbatas, laptop Low End dengan harga terjangkau yang paling dibutuhkan. Sebab, spesifikasi dan fitur yang dimilikinya sudah tergolong memadai untuk memenuhi semua kebutuhan belajar mahasiswa.

Cukup dengan menyediakan budget sekitar 5-6 juta rupiah saja sebenarnya sudah memungkinkan untuk membeli laptop dengan processor AMD ataupun Intel Core i3, dengan variasi ukuran 11, 13 serta 14 inci. Kriteria tersebut sudah memenuhi standarisasi laptop yang bagus untuk mahasiswa.

Tips Memilih Laptop Terbaik Untuk Mahasiswa

Pertimbangan paling penting untuk memilih laptop yang cocok untuk mahasiswa ada pada sisi prosesor yang digunakan.

Ini adalah komponen penting untuk menunjang performa perangkat dan juga mengetahui sampai dimana laptop tersebut mampu digunakan.

Karena prosesor adalah bagian yang sangat penting, tentu makin canggih penggunaan chipnya akan semakin mahal juga harga laptop yang ditawarkan.

Untuk mempermudah sobat menentukan prosesor mana yang menjadi pilihan, Sobat bisa melihat daftar rekomendasi prosesor laptop berdasarkan jurusan di bawah ini.

  • Intel Core i7 dan AMD Ryzen Untuk Jurusan Multimedia.
    Pada chip prosesor, misal Intel dan AMD semakin tinggi serinya tentu saja performanya juga semakin tinggi, misal Intel Core i7 dan AMD Ryzen 9 yang menjadi chip kelas atas, dan chip ini bisa digunakan untuk menunjang produktifitas mahasiswa jurusan multimedia, mengingat kebutuhan software kelas berat banyak digunakan dijurusan ini.
  • Intel Core i5 dan AMD Setara untuk Jurusan IT dan Statistik.
    Sedangkan untuk sobat mahasiswa statistis atau IT bisa hanya menggunakan Intel Core i5, karena chip ini sudah mampu menjalankan berbagai software kebutuhan IT dan statistik.
  • Intel Core i3 atau Celeron dan AMD Setara Untuk Kebutuhan Umum.
    Sedangkan di seri bawah ini, chipset bisa digunakan untuk pekerjaan ringan seperti penggunaan software Office dan aplikasi ringan lainnya.

Tapi pengklasifikasian di atas tidak perlu sobat jadikan patokan, ini hanya sebagai batasan agar sobat mahasiswa bisa menyesuaikan perangkat laptop dengan kebutuhan dan juga dengan buget yang dimiliki.

Semua jurusan bisa kok menggunakan chipset i7 tentu pekerjaan akan semakin cepat ya, tapi jika buget terbatas tentu penggunaan seri di bawahnya bisa dipertimbangkan jika sobat bukan mahasiswa jurusan multimedia.

Kapasitas RAM dan Penggunaan SSD

Selain chip prosesor, sobat juga wajib mempertimbangkan penggunaa RAM dan juga SSD. Untuk RAM paling tidak sobat sudah menggunakan RAM sebesar 8 GB agar laptop mampu melakukan multitasking dengan lancar tanpa gangguan.

Bisa saja menggunakan RAM 4GB, tapi sobat wajib mengatur jumlah aplikasi yang sedang berjalan, karena jika kebanyakan, aktivitas belajar sobat bisa terganggu karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan dan akan membuat lag.

Sedangkang SSD sudah wajib dipertimbangkan, karena jaman sekarang SSD sudah menjadi perangkat wajib untuk dapat mempercepat proses baca dan tulis di laptop tersebut, walaupun memang HDD masih bisa digunakan, tapi paling tidak pemilihan SSD perlu sobat masukan dalam pertimbangan sebelum membeli laptop.

Pertimbangkan pemiliha spesifikasi penting lainnya

Selain prosesor dan RAM, ada beberapa spek yang juga wajib sobat pertimbangkan;

  • Pertama dalah layarnya usahakan sudah menampilkan resolusi FHD agar tampilannya jernih dan tidak membuat mata sakit.
  • Kedua adalah ukuran laptop, ini juga wajib sobat pertimbangkan karen laptop akan sobat selalu bawa dalam aktivitas belajar, jadi sobat wajib sesuaikan dengan tas yang sobat miliki dan bobot laptop tersebut.
  • Selanjutnya adalah pertimbangkan kapasitas baterainya, biasanya normal mahasiswa melakukan pelajaran sehari adalah 8 jam, jadi paling tidak sobat harus memilih laptop yang kuat digunakan di durasi tersebut.

10 Rekomendasi Laptop Terbaik Untuk Mahasiswa

Dan untuk mempermudah sobat menemukan laptop terbaik yang bisa menjadi pilihan, kami akan jabarkan beberapa rekomendasi laptop terbaik untuk kegiatan perkuliahan. Jadi sobat bisa menyesuakan dengan buget dan spek sesuai kebutuhan.

Acer Aspire 3 Slim Essential Laptop (A314-35)

Acer Aspire 3 Slim

Laptop terbaik untuk mahasiswa pertama adalah Acer Aspire 3 Slim yang dibandrol di harga 5,5 jutaan. Menariknya laptop ini punya kapasitas penyimpanan yang lega, yaitu 1 TB walaupun sayangnya masih menggunakan HDD.

Urusan performanya, laptop ini hanya berbekal INtel Celeron dengan RAM 4 GB, sedangkan layarnya berukuran 14 inci. Kelebihan laptop ini terletak pada HDDnya yang sudah 1TB yang tentu saja ini sangat besar.

Tapi untuk spesifikasinya, ini hanya dapat digunakan untuk pekerjaan ringan seperti office dan software ringan lainnya. Jadi untuk sobat multimedia sobat harus skip laptop ini ya.

HP OMEN 16-b0064TX 488F1PA

HP OMEN 16-b0064TX

Nah untuk sobat mahasiswa multimedia yang membutuhkan laptop dengan spek gahar, Sobat bisa lirik HP Omen 16-b0064TX yang memiliki harga di angka 24 jutaan. Harga yang fantastis, tapi tentu saja spek yang ditawarkan bukan kaleng-kaleng.

Performanya ditunjang dengan chip Intel i7 yang disandingkan dengan GPU graphics card NVIDIA® GeForce RTX™ 3060 yang tentu saja akan membantu mahasiswa multimedia membuat desain atau animasi dengan lancar.

Selain itu kemampuan multitaskingnya akan sangat terjamin dengan penggunaan RAM mencapai 16 GB, dan menariknya laptop ini sudah dilengkapi dengan sistem pendingin sehingga mencegah laptop mengalami overhead saat digunakan dalam waktu yang lama.

Tentu saja laptop ini menjadi idaman seorang mahasiswa mutlimedia ya!.

Microsoft Surface Go

Umumnya mahasiswa sering bepergian di dalam maupun di luar kota terkait dengan urusan studinya. Oleh karena itu, mahasiswa membutuhkan laptop yang ringan serta durable untuk digunakan kapanpun dan di manapun. Nah, salah satu jenis laptop yang cocok untuk ini adalah Microsoft Surface Go.

Performa laptop yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, laptop ini dibekali dengan CPU Intel Pentium Gold Processor 4415Y dan Grafik Intel HD Graphics 615.

Ukuran layarnya sebesar 10 inci dan RAM 4GB/8GB. Sedangkan kapasitas penyimpanannya cukup besar yaitu 64GB eMMC / 128GB SSD. Untuk harga jualnya, laptop ini bisa diberandol dengan kisaran harga 6.000.000 rupiah.

Toshiba Portege X20W-E

Toshiba Portege X20W-E juga termasuk salah satu laptop yang bagus untuk mahasiswa. Dengan adanya proteksi layar yang menggunakan gorilla glass, menjadikan laptop ini aman terhadap goresan dan benturan ketika membawanya.

Laptop yang satu ini dibekali dengan engsel dual-action 360 derajat yang kokoh, sehingga mampu melakukan transisi yang halus ke lima mode tampilan, yaitu Laptop, Tablet, Tabletop, Presentasi, serta Audience.

Untuk kebutuhan presentasi, kamu tinggal memutar layar laptop. Sedangkan untuk menikmati hiburan atau berkarya, fungsi tablet yang paling cocok digunakan pada laptop ini.  Saat berganti mode, fitur smart-locking yang disematkan pada laptop yang bagus untuk mahasiswa ini akan melindungi keyboard dan mencegah kerusakan yang tidak diinginkan.

ASUS VivoBook 14 K413

Salah satu jenis laptop yang juga cocok digunakan oleh mahasiswa adalah Laptop ASUS VivoBook 13 K413. Desainnya yang simpel dan elegan menjadikan laptop ini nyaman digunakan untuk kegiatan belajar. Terlebih lagi desainnya tergolong tipis dan bobotnya ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

Dengan penyematan mesin berupa prosesor Intel Core i3 dan i7 beserta fitur fingerprint dan fitur-fitur penunjang lainnya, menjadikan ASUS VivoBook 14 K413 ini sangat menunjang untuk keperluan studi mahasiswa.

HP 15 Athlon Gold 3150U

HP 15 Athlon Gold 3150U juga termasuk salah satu jenis laptop yang bagus untuk mahasiswa dikarenakan bodinya yang tidak terlalu tebal dengan desain yang tipis, sehingga cocok dibawa ke kampus untuk mengikuti perkuliahan atau mengerjakan tugas.

Laptop HP 15 Athlon Gold 3150U dibekali dengan baterai berkualitas yang mampu bertahan hingga 11 jam dan 30 menit untuk pemakaian campuran. Oleh karena itu, bagi pengguna yang sering menggunakan laptop di luar ruangan yang minim sumber daya, laptop ini merupakan pilihan yang tepat. Sebab, cukup sekali melakukan pengisian penuh, laptop ini sudah bisa digunakan seharian.

Selain digunakan untuk keperluan biasa sehari-hari, laptop ini sangat cocok digunakan untuk keperluan hiburan berkat prosesor yang tertanam di dalamnya. Kini kamu bisa sepuasnya bermain game-game ringan dengan nyaman menggunakan laptop yang layarnya besar plus mendapatkan dukungan pengeras suara stereo ini.

Acer Aspire 5 A514-52G

Acer Aspire 5 A514-52G juga termasuk salah satu jenis laptop yang cocok digunan oleh para mahasiswa disebabkan berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh laptop ini, meskipun harganya agak sedikit mahal, yaitu berkisar 8 juta rupiah.

Bagi mahasiswa yang membutuhkan laptop untuk belajar atau mengerjakan tugas, laptop ini merupakan pilihan yang tepat. Pasalnya, daya baterainya bisa bertahan hingga 14 jam lamanya, sehingga bisa digunakan dalam waktu lama tanpa harus mengkhawatirkan charger ulang dalam waktu singkat. Jika digunakan untuk bermain game, laptop besutan Acer ini mampu bertahan hingga enam jam.

Zyrex Sky 360 2in1

Laptop Zyrex Sky 360 2in1 merupakan brand lokal dan juga termasuk salah satu jenis laptop yang cocok digunakan oleh mahasiswa. Pasalnya, laptop ini dibekali dengan layar Full HD yang menampilkan gambar yang tajam disebabkan tingkat kerapatan pikselnya tinggi. Selain itu, layarnya menggunakan fitur layar sentuh untuk menunjang mode tablet berkat layarnya yang bisa diputar hingga 360 derajat.

Desain laptop ini tergolong stylish dan tipis, dengan bobot yang tidak terlalu berat meskipun tidak juga disebut ringan (1,5 kg). Hanya saja, saat laptop ini dipegang dengan satu tangan dalam mode tablet, mungkin akan terasa melelahkan bagi sebagian orang.

Lenovo IdeaPad S145 14

Lenovo IdeaPad S145 14

Lenovo IdeaPad S145 14 juga termasuk salah satu laptop terbaik bagi mahasiswa untuk keperluan belajarnya. Laptop ini hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu Granite Black Gloosy atau hitam mengkilap, Granite Black Texture atau warna hitam namun tidak mengkilap, serta Platinum Grey Glossy atau abu-abu mengkilap.

Laptop yang satu ini memiliki bobot 1,6 kg, serta dibekali dengan mesin berkualitas berupa prosesor Intel Core i7 dan grafis NVDIA GeForce MX110. Tidak heran jika laptop Lenovo IdeaPad S145 14 ini digolongkan sebagai salah satu laptop yang cukup memadai untuk mahasiswa.

Baca Juga : Informasi Seputar Harga Laptop Lenovo Ideapad Slim 3 dan Spesifikasinya

Dell Inspiron 14-3481

Dell Inspiron 14-3481

Dell Inspiron 14-3481 juga berhasil mendapatkan posisi sebagai laptop terbaik bagi mahasiswa disebabkan spesifikasi dan fitur yang dimilikinya. Selain itu, daya tahan laptop ini sudah teruji sehingga lebih awet dan tahan lama digunakan.

Untuk penggunaan normal, baterai Dell Inspiron 14-3481 mampu digunakan hingga enam jam. Dengan waktu selama itu, tentu sudah sangat mencukupi bagi mahasiswa untuk keperluan belajar atau mengerjakan tugas.

Fitur anti-glare pada layar laptop yang disematkan pada laptop ini bakalan menjadikan pengguna tetap nyaman meskipun menatap layar dalam waktu lama maupun terkena sinar matahari langsung.

Rekomendasi Laptop Lainnya

Nah itu adalah 10 laptop terbaik untuk Mahasiswa kuliahan, sebenarnya masih banyak banget laptop yang keren bagus, sobat bisa menambahkannya di kolom komentar agar kita bis diskusi nih bagus yang mana.

Nah sebelumnya kami juga sudah membahas beberapa rekomendasi laptop lainnya, berikut rekomendasi lain yang bisa sobat baca-baca.

Kesimpulan

Demikianlah rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa pada artikel kali ini. Jika kamu seorang mahasiswa yang sedang mencari informasi mengenai laptop yang tepat untuk digunakan dalam kegiatan perkuliahan, kami sarankan pilihlah laptop yang sesuai dengan kebutuhan dan juga buget dana yang tersedia ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.