Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Prosesor

Prosesor

Salah satunya komponen inti pada perangkat smartphone atau komputer yang disebut prosesor, sebutan lainnya yaitu Central Processing Unit (CPU) atau mikroprosesor. Prosesor adalah bagian yang sangat penting, sebab ia adalah otak dari kinerja sistem operasi perangkat yang sobat miliki. Tanpa CPU ini, perangkat-perangkat yang disebutkan tadi tidak dapat berfungsi.

Untuk lebih memahami mengenai apa itu prosesor, bagaimana perannya dalam perangkat yang sobat gunakan hingga bagaimana fungsi, cara kerja, hingga berbagai merk yang bisa digunakan, maka berikut pembahasan seputar hal-hal tersebut.

Prosesor Adalah?

Prosesor adalah

Pengertian prosesor secara sederhana adalah sirkuit inti yang menjalankan seluruh operasi perangkat yang umumnya sobat gunakan dalam keseharian, seperti smartphone, komputer, maupun laptop/PC. Sirkuit elektronik ini memiliki desain yang sangat kompleks dan berfungsi menerima, menjalankan, serta mengeluarkan hasil perintah yang diberikan terhadap perangkat tersebut. Komponen ini juga berinteraksi dengan komponen-komponen lain dalam komputer sobat secara terintegrasi.

Chip prosesor dalam sebuah perangkat dapat ditemukan pada salah satu slot atau soket di motherboard-nya. Motherboard sendiri adalah papan sirkuit induk atau sirkuit cetak utama di perangkat komputer. Tanpa CPU, semua perangkat pada motherboard tidak dapat berfungsi karena semua kontrol berada pada komponen ini.

Prosesor sendiri dalam penerapannya dalam perangkat-perangkat elektronika, umumnya pada perangkat-perangkat modern, memiliki tingkat efisiensi yang berbeda-beda. Semakin tinggi tingkat efisiensinya, bisa dipastikan kinerja sistem operasi perangkat tersebut juga semakin baik. Oleh karena itu, jangan lupa untuk sering mengecek spesifikasi prosesor pada setiap perangkat yang hendak sobat beli.

Fungsi Prosesor

Seperti halnya fungsi otak pada tubuh manusia, komponen CPU ini dalam menjalankan perannya saling berinteraksi dengan komponen-komponen lain yang ada. Dari interaksinya dengan komponen-komponen lain tersebut, ia berfungsi dalam melakukan kinerja aritmatika, logika, input/output (I/O), serta instruksi dasar lain yang diteruskan dari sistem operasi (OS). Berdasarkan bagian-bagiannya, berikut beberapa fungsi prosesor:

CU (Control Unit)

Control unit dalam prosesor menjadi bagian yang cukup penting karena berfungsi sebagai pengendali utama yang akan mengatur semua bagian komputer. Sebagai pengendali utama, CU ini akan menentukan kapan alat input dapat menerima data, memprosesnya, hingga memperlihatkan hasil dari proses yang telah dilakukan.

Arithmetic Logic Unit (ALU)

Selain CU, unit terpenting kedua adalah ALU yang berjalan setelah perintah CU. Unit ini akan memproses data yang berupa angka. Seperti namanya, data yang diproses dapat berupa operasi perhitungan maupun data statistik.

Register (Registry)

Selain 2 unit penting sebelumnya, Register ini juga merupakan unit yang tak kalah penting, karena berfungsi sebagai media penyimpanan data. Unit ini dapat menyimpan data sesuai dengan kapasitasnya dalam menyimpan data yang telah diproses oleh CU dan ALU. Hanya saja, data dalam unit Register ini umumnya bersifat sementara dan akan disimpan pada memori utama pada prosesor nantinya.

Cara Kerja Prosesor

pengertian Prosesor

Secara teknis, komponen inti dalam perangkat-perangkat sobat ini akan menerima masukan atau perintah dalam bentuk instruksi program. Selanjutnya, ia akan menjalankan triliunan kalkulasi dan memprosesnya untuk dikeluarkan ke pengguna untuk digunakan.

Desain prosesor antar perusahaan dan model memang cukup bervariasi. Namun terlepas dari arsitekturalnya, pada dasarnya komponen CPU ini akan melewati 4 empat langkah utama setiap kali proses instruksi berjalan. Empat langkah utama itu, yaitu mengambil, mendekode, mengeksekusi, dan writeback.

Mengambil

Pada langkah pertama, inti prosesor akan mengambil instruksi yang menunggunya, seperti dari memori atau RAM. Instruksi tersebut menunggu dalam cache prosesor di inti prosesor modern. Dalam satu area prosesor, terdapat satu area penghitung program untuk bertindak sebagai penanda, memberi info tentang di mana instruksi terakhir berakhir dan instruksi berikutnya dimulai pada inti prosesor.

Mendekode

Langkah selanjutnya, yaitu membaca sandi dalam prosesor atau disebut juga langkah mengkode. Langkah ini adalah proses memecahkan kode setelah mengambil instruksi langsung. Instruksi ini seringkali melibatkan beberapa area inti prosesor, seperti aritmatika. Setiap bagiannya memiliki sesuatu yang disebut opcode. Opcode inilah yang akan memberitahu inti prosesor langkah selanjutnya sesuai informasi yang mengikutinya. Setelah inti prosesor mengetahuinya, berbagai area inti tersebut akan mulai bekerja.

Menjalankan

Selanjutnya prosesor akan melakukan langkah eksekusi ketika telah mengetahui apa yang perlu dilakukan. Proses pada langkah ini dapat bervariasi tergantung pada area inti prosesor yang digunakan dan informasi yang dimasukkan.Misalnya, ketika melakukan proses data aritmatika di dalam unit ALU, maka unit ini akan terhubung ke input dan output yang berbeda untuk menghitung angka dan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Writeback

Langkah terakhir dalam kinerja prosesor disebut sebagai Writeback.  Langkah ini menempatkan hasil yang telah dikerjakan kembali ke dalam memori. Keluaran tersebut akan dibawa tergantung pada kebutuhan aplikasi yang sedang berjalan. Sering kali keluaran tersebut akan berada di register prosesor untuk akses cepat, sebab instruksi berikut sering menggunakannya.

Beragam Merk Prosesor di Dunia

Mengetahui jenis-jenis prosesor juga merupakan salah satu modal yang harus sobat miliki ketika akan membeli perangkat serupa smartphone dan laptop. Pentingnya kehadiran prosesor itu sendiri sudah dijelaskan melalui pembahasan sebelumnya. Oleh karena itu, berikut beberapa merk prosesor yang ada di dunia dan umumnya ditemukan di pasaran.

Prosesor Intel

Prosesor ini termasuk yang paling populer di dunia. Hampir seluruh device komputer dari merk-merk yang ada telah dan masih sementara menggunakan dan mengandalkan prosesor ini. Produk ini dibuat oleh Intel Corporation yang telah berdiri sejak 1968. Perkembangannya saat ini, yakni sudah keluarnya seri Core i9 dan tengah memasuki generasi ke 10.

Prosesor AMD (Advanced Micro Processor)

Prosesor yang diproduksi dan dikembangkan di Sunnyvale sejak tahun 1969 ini dikenal lebih terjangkau dibanding processor Intel. Umumnya prosesor ini juga lebih banyak disukai gamers karena sudah disertai dengan Graphic card. Keluaran terbarunya saat ini, yaitu Ryzen.

Prosesor ARM

Prosesor ini lebih banyak dikembangkan untuk kebutuhan ponsel, router, dan music player. Namun bukan tidak mungkin perkembangannya akan membawa prosesor ini merambah sampai ke kebutuhan laptop/PC.

Prosesor Cyrix

Perusahaan produksi prosesor ini sudah berdiri sejak 1988 di Texas dan berfokus pada pengembangan komponen mikroprosesor pada komputer. Dari segi kecepatan, prosesor ini cukup optimal. Namun dari segi kualitas, masih di bawah Intel dan AMD.

Prosesor Transmeta

Prosesor keluaran Transmeta Corporation ini telah berhenti berproduksi, sehingga untuk produknya tidak dapat dijumpai lagi di pasaran saat ini. Sebelumnya, prosesor ini menjadi pesaing berat Intel maupun AMD, karena prosesor ini mampu menghemat pemakaian listrik dan memiliki daya jual yang lebih murah.

Prosesor VIA

Perusahaan pengembang prosesor ini bertempat di Taiwan sejak 1987 dan melakukan pengembangan terhadap chipset prosesor dan memori. Beberapa jenis produknya, yaitu VIA C3, VIA Envy, dll.

Prosesor Apple

Sobat pasti sudah tidak asing lagi dengan merk ternama Apple. Selain memproduksi merk ponsel dan laptop, perusahaan multinasional ini juga memproduksi beragam processor. Pusat pengembangan dan produksi prosesor Apple sendiri juga berada di Silicon Valley, Cupertino, California, seperti produk-produk Apple lainnya.

Prosesor IBM

Perusahaan International Business Machines Corporation yang sudah berdiri sejak 1911 merupakan perusahaan produksi serta penjualan beragam hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) komputer. Perusahaan inilah yang kemudian memproduksi prosesor IBM.

Prosesor IDT

IDT atau Integrated Device Technology termasuk murah jika dibandingkan dengan produk processor dari merk lain. Pusat pengembangan dan produksinya ada di San Jose, California, Amerika Serikat sejak 1980. Salah satu prosesor andalannya, WinChip, diluncurkan pertama kali pada 1997.

Prosesor di handphone

Banyaknya merk-merk prosesor yang ada di dunia ini tersebar ke berbagai kebutuhan device yang berbeda-beda. Mulai dari smartphone hingga komputer. Adapun beberapa merk prosesor untuk kebutuhan ponsel yang bisa jadi referensi sobat, diantaranya yaitu:

  • Dimensity 1000
  • Dimensity 1200
  • Prosesor Exynos 990
  • Kirin 9000
  • A12 Bionic
  • Prosesor Snapdragon 865
  • Exynos 9825
  • A15 Bionic
  • Snapdragon 888 5G
  • A14 Bionic

Cek Pengetahuan lainnya : Teori Atom, Awal dan Perkembangannya

Seperti itulah beberapa penjelasan mengenai pengertian, fungsi, dan cara kerja prosesor, serta beberapa merk prosesor yang ada di dunia yang dapat sobat jadikan referensi. Mengetahui manfaat dan spesifikasi beberapa jenis prosesor bisa menjadi modal yang baik ketika sobat hendak membeli produk-produk, seperti smartphone maupun laptop.

Leave a Reply

Your email address will not be published.