Proxy Telegram, Penjelasan dan Cara Menggunakannya!

proxy telegram

Proxy Telegram adalah sebuah solusi yang tepat untuk membantu pengguna Telegram dalam meningkatkan kecepatan akses unduh dan unggah berkas.

Seperti yang kita ketahui, walau Telegram memiliki fitur yang powerful, akan tetapi Telegram memiliki kelemahan dalam hal kecepatan download dan upload-nya. Nah, Proxy Telegram ini banyak dicari pengguna karena memiliki banyak kegunaan.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkannya? Jangan khawatir, di bawah ini kami akan membahas penjelasan Proxy Telegram secara lengkap. Yuk simak artikel ini hingga tuntas.

Proxy telegram

proxy telegram

Mungkin bagi sebagian besar pengguna internet sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Proxy. Namun bagi yang belum tau, secara sederhana Proxy sendiri ialah sebuah server atau program komputer yang merupakan bagian dari server gateway atau komputer lain yang memisahkan jaringan lokal dari jaringan luar.

Pada Saat menggunakan proxy pada peramban internet, pengguna dapat memanajemen internet terlebih dahulu mengarah ke server independen, memungkinkan alamat IP pengguna untuk disembunyikan.

Jika sobat sudah memahami Proxy secara garis besar, maka sobat juga dapat memahami Proxy Telegram seperti yang akan kami bahas. Nah, server Proxy pada Telegram sendiri berfungsi (utama) untuk menerobos pembatas yang dilakukan operator serta juga memfokuskan koneksi ke server telegram dengan efektif.

Itu mengapa proxy sangat dicari dan disarankan. Dengan menggunakan proxy di Indonesia, kita dapat menjadikan jaringan lebih cepat. Proxy memiliki beberapa tipe. Umumnya, Proxy kebanyakan gratis.

Proxy gratisan sendiri kurang direkomendasikan karena fiturnya yang tidak lengkap. Jika ingin mendapat lebih banyak fitur, sobat dapat menggunakan proxy berbayar yang akan di pasang pada aplikasi Telegram. Dengan begitu, maka akan memperlancar dan memaksimalkan komunikasi dengan sobat dengan teman chat di Telegram.

Tipe Proxy

Nah jika sobat ingin menggunakan Proxy Telegram, di sini terdapat dua tipe proxy yang dapat sobat manfaatkan.

Adapun Proxy tersebut yaitu SOCKS5 dan MTProto Proxy. Masing-masing proxy tersebut dapat digunakan sesuai, tergantung kebutuhan pengguna saja. berikut penjelasan singkat tentang kedua tipe proxy tersebut.

  1. SOCKS5

Versi proxy yang pertama adalah SOCKS5. Proxy tipe ini merupakan sebuah versi terbaru dari protokol SOCKS. Dengan kata lain, pada versi proxy Telegram ini lebih ditingkatkan daripada versi sebelumnya yaitu proxxy tipe SOCKS4.

Selain iu, tipe ini juga mendukung UDP dan TCP, dan menawarkan lebih banyak metode otentikasi. SOCKS5 sendiri bisa dikatakan cepat ketimbang versi sebelumnya.

2. MTProto Proxy

Versi proxy yang pertama adalah MTProto Proxy. Tipe ini MTProto ini sebelumnya merupakan sebuah sistem keamanan tingkat tinggi yang digunakan oleh Telegram dalam melakukan enkripsi pesan penggunanya. Maka dari itu, MTProto ini bisa sobat manfaatkan dalam menambah keamanan akun saat mengakses Telegram.

Hal tersebut merupakan satu dari beberapa fungsi proxy Telegram. Fungsi dan manfaat lainnya bisa kamu cek pada poin-poin di bawah ini:

Manfaat Proxy Telegram

manfaat proxy telegram

Bukan tanpa alasan, Proxy Telegram banyak dicari karena beragam manfaat yang ditawarkannya. Adapun beberapa manfaatnya, yaitu:

Memungkinkan Membuka Akses dengan Lebih Luas

Proxy Telegram memiliki fungsi utama yang salah satunya adalah untuk membuka akses ke konten di Telegram atau situs yang diblokir oleh provider.

Hal ini dapat dilakukan karena Proxy yang dipasangkan pada APK Telegram dapat menerobos pembatas yang dilakukan operator. Ini mengapa Sobat akan bisa mengakses dengan lebih leluasa.

Privasi Data Pribadi Lebih Terjaga

Manfaat lainnya selain membuka akses lebih luas, Proxy Telegram juga lebih melindungi data pengguna karena bisa dikatakan telah terenkripsi dengan protokol MTProto.

Memang Telegram sendiri juga memiliki teknologi enkripsi bawaan yang akan membantu mengamankan data-data setiap pengguna.

Dengan data-data akun Telegram Sobat yang dienkripsi, maka resiko penyalahgunaan data pribadi oleh pelaku kejahatan cyber akan lebih bisa dihindari. Data-data yang dienskripsi pun juga meliputi data pesan teks yang dikirim oleh pengguna ke pengguna lainnya, dan data-data pembicaraan.

Membuat Koneksi Lebih Cepat

Manfaat inilah yang paling berpengaruh terhadap popularitas Proxy Telegram. Yup, Proxy telegram dapat membuat penggunanya mendapat previleged pada server tertentu. Output-nya, koneksi saat Sobat menggunakan tools Proxy Telegram ini akan lebih lancar dan cepat tanpa terpengaruh koneksi lain.

Cara Menggunakan Proxy Telegram

cara menggunakan proxy telegram

Jika sobat sudah membaca dan memahami tentang proxy Telegram dan jenis proxy serta fungsinya. Di sini kami akan jelaskan tentang cara memasang dan menggunakannya. Silahkan sobat ikuti langkah-langkah sederhananya :

  • Pertama, sobat bisa buka aplikasi Telegram di HP atau di Web.
  • Setelah itu, sobat bisa klik menu ikon garis tiga di pojok kanan atas.
  • Kemudian silahkan tap menu Pengaturan.
  • Lalu silakan masuk ke opsi Data dan Penyimpanan.
  • Kemudian, sobat dapat melanjutkan dengan gulir kebawah sampai sobat mendapati menu Pengaturan Proxy.
  • Langsung saja sobat klik menu Pengaturan Proxy tersebut.
  • Jika sudah, geser toggle button pada Pengaturan Proxy hingga on, lalu sobat bisa memilih proxy mana yang akan digunakan (sesuai kebutuhan). 
  • kemudian, sobat bisa mengisi detail proxy yang mau dihubungkan dengan mengisi kolom server, port, dan rahasia sesuai kebutuhan.
  • Langsung saja sobat klik ceklis, lalu pastikan tombol gunakan Pengaturan proxy telah on (aktif).

Maka secara otomatis Proxy yang Sobat gunakan akan berstatus connected. Itu artinya Proxy Telegram di HP Sobat telah aktif dan sudah bisa digunakan.

Cara Mematikan Proxy Telegram

Mungkin suatu waktu Sobat berubah pikiran untuk mengganti atau mematikan Proxy Telegram tersebut, Sobat tidak perlu khawatir akan kesulitan cara menonaktfkan Proxy Telegra. Karena cara mematikannya tidak sulit.

Lantas, bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkah yang bisa Sobat ikuti:

  • Pertama, silakan Sobat buka aplikasi Telegram.
  • Selanjutnya silakan pilih menu ikon garis tiga di pojok kanan atas.
  • Lalu masuk ke menu Pengaturan.
  • Pilih opsi Data dan Penyimpanan.
  • Kemudian Sobat bisa gulir atau scroll ke bawah, dan pilih opsi Pengaturan Proxy.
  • Terakhir tinggal Sibat tap atau geser toggle button sampai OFF untuk mematikan proxy.

Tidak sulit bukan?.

Baca juga: Cara Nonton Film di Telegram Android Dengan Mudah

Fungsi Lain Proxy Telegram

fungsi proxy telegram

Tentu saja, Proxy tidak semata-mata hanya dipasangkan di Teegram begitu saja tanpa ada kegunaan. Nah, proxy Telegram sendiri dapat berfungsi banyak, misalnya untuk membuka konten yang diblokir oleh provider, lalu dapat meningkatkan security akun dan perangkat, dan juga dapat dimanfaatkan untuk mempercepat koneksi yang kurang baik.

Selain itu, kegunaan proxy pada aplikasi Telegram juga dapat meningkatkan kecepatan akses Telegram, misalnya saat pengguna mengakses dan nonton film, mengunduh konten, menggunakan bot dan memanfaatkan fitur lainnya.

Namun perlu digaris bawahi, kendati Proxy berguna untuk mempercepat koneksi, namun proxy sedikit banyak juga dipengaruhi oleh koneksi internet yang digunakan dan juga tipe proxy yang sobat manfaatkan.

Dengan kata lain, jika sobat menggunakan proxy gratisan yang fiturnya tidak lengkap dan kinerjanya kurang baik, maka akan menjadi lamban jika digunakan oleh banyak orang.

Nah, dengan begitu kami sarankan sobat untuk menggunakan Proxy yang berbayar. Dengan uang yang dikeluarkan untuk berlangganan proxy premium, maka fitur dan kegunaan yang ditawarkan juga akan worth it. Selain itu juga, perangkat dan data sobat akan lebih aman dengan Proxy Telegram (premium).

Tips Mengamankan Telegram Dengan Mengaktifkan Fitur Active Sessions

Tips Mengamankan proxy Telegram Dengan Mengaktifkan Fitur Active Sessions

Disini kami juga akan memberikan tips seputaran mengamankan aplikasi Telegram. Nah, cara ini sobat dapat memanfaatkan fitur Active Sessions.

Apa itu fitur Active Sessions? Fitur ini memunginkan dapat membantu Sobat untuk mengecek siapa yang mengakses akun Telegram sobat, dan waktu kapan saja orang tersebut mengaksesnya.

Fitur ini memang dirancang untuk pengamanan akun. Lantas bagaimana cara mengaktifkannya? Untuk mengaktifkan fiturnya tentu sangat mudah, silahkan sobat ikuti step-by-step berikut ini:

  1. Langsung saja sobat buka Telegram di HP, lalu pergi ke “setting”.
  2. Kemudian, pergi ke privacy and security.
  3. Selanjutnya, sobat bisa klik opsi “active sessions”.
  4. Jika sudah, langsung saja masuk ke menu tersebut, dan silahkan sobat untuk melihat versi aplikasi Telegram, model perangkat, versi OS yang digunakan, IP address, dan juga lokasi di mana saja akun sobat sedang diakses.
  5. Nah, kalau sobat menemukan perangkat yang mencurigakan yang terkneksi dengan akun Telegram milik sobat, maka langsung segera putus akses perangkat tersebut, Caranya klik daftar perangkat lalu pilih hapus.
  6. Selesai!.

Baca Juga: Cara Nonton Film di Telegram Android dengan mudah!

Akhir Kata

Demikian ulasan tentang Proxy Telegram, mulai dari tipe-tipenya, fungsi & manfaat yang diberikan Proxy Telegram, serta tips mengamankan Telegram yang dapat kami sampaikan. Bagaimana? Sobat berencana menggunakan tools satu ini? Kami sarankan sobat gunakan Proxy Telegram yang berbayar ya supaya mendapatkan fitur yang lengkap dan perangkat akan lebih diamankan!

Sekian, semoga bermanfaat!

Apa Itu Proxy Telegram?

Proxy Telegram sendiri memiliki fungsi utama sebagai penerobos pembatas yang dilakukan operator serta dapat memfokuskan koneksi ke server telegram dengan efektif.

Apakah Proxy Telegram Aman?

Jika ingin lebih aman, pengguna dapat menggunaan Proxy yang berbayar (premium). Selain lebih aman, juga fitur yang didapatkan akan lebih banyak.

Proxy Telegram Gratis Atau Berbayar?

Masing-masing tersedia, namun perbedaannya terletak pada fitur dan keamanannya. Selain itu, jika menggunakan Proxy yang gratisan, pastikan mengunduhnya dari situs yang aman!


Feedback: Jika ada informasi dari artikel/berita yang keliru/salah tolong bantu kami untuk merevisinya dengan cara menyampaikannya di kotak komentar di bawah ini atau melalui email di info(at)androidponsel.com. Kami sangat berterima kasih jika sobat bisa membantu kami memperbaikinya. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *