Bad Credentials Artinya Apa? Berikut Jawabannya

  • Whatsapp
Bad Credentials

Bad Credentials Artinya Apa? – Saat ini sudah terbuka peluang bagi sobat yang ingin melakukan pendaftaran CPNS. Sobat bisa melakukan pendaftaran melalui situs resmi SSCASN yang beralamat di sscasn.bkn.go.id .

Mumpung kesempatan tersebut masih terbuka, sebaiknya sobat bersegera agar tidak ketinggalan. Tapi sebelum itu, pastikan semua ketentuan dan persyaratan sudah terpenuhi agar peluang untuk diterima lebih besar.

Read More

Untuk melakukan pendaftaran, sobat hanya perlu mengunjungi situs daftar-sscasn.bkn.go.id/akun. Kunjungi websitenya menggunakan browser yang sering digunakan. Setelah website terloading dengan sempurna, sobat tinggal mengklik tombol ‘Buat Akun’ yang terletak di bagian pojok kanan atas. Tinggal isi semua poin-poin yang diminta dan ikuti alur pendaftaran yang tertera di web.

Setelah semua progress sudah sobat lakukan, maka selanjutnya sobat tinggal menggunakan data-data login jika ingin login ke situs pendaftaran di atas.

Bad Credentials Artinya Apa Sih?

Bad Credentials

Setelah selesai melakukan pendaftaran di situs SSCASN, sobat tentu butuh untuk login ke situs tersebut. Sayangnya, saat login terkadang muncul peringatan ‘bad credentials’. Lantas apa maksudnya? Yuk simak ulasan detail di bawah ini untuk mengetahuinya.

Memang sih, sangat kesal rasanya ketika sobat lagi serius ingin llogin ke situs resmi SSCASN, tapi ternyata tidak bisa login, dan yang muncul malah peringatan bad credentials. Jika peringatan seperti itu muncul, jangan langsung frustasi dan marah, karena sobat masih bisa mengatasinya jika mengetahui penyebab munculnya peringatan tersebut.

Sebenarnya peringatan atau notifikasi di atas muncul disebabkan sobat salah memasukkan password saat hendak login ke situs SSCASN.  Meskipun sobat sudah merasa memasukkan password dengan benar, tapi faktanya ada yang salah. Mungkin sobat salah ketik satu huruf atau yang semisalnya.

Oleh karena itu, ketika notifikasi di atas muncul, sobat hanya perlu memasukkan kembali password dengan benar. Jika memang sudah benar, tentu notifikasi tersebut tidak akan muncul lagi.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Notifikasi Tersebut Muncul?

Pertanyaan di atas cukup penting, karena tidak menutup kemungkinan sobat pembaca yang mungkin belum pernah mengalami hal tersebut, akan mengalaminya di kemudian hari. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan ketika notifikasi bad credentials muncul.

Jika sobat tidak mengetahui apa yang harus dilakukan, tentu sobat akan kebingungan dalam menindaklanjuti notifikasi yang muncul. Sebaliknya, jika sobat mengetahui apa yang harus dilakukan, sobat bisa lebih tenang dan melakukan langkah-langkah yang seharusnya ditempuh. Jadi, sobat tidak sekedar tahu bad credentials artinya apa, tetapi juga solusi mengatasinya.

Baiklah, di bawah ini akan saya sebutkan secara detail apa saja yang perlu sobat lakukan jika notifikasi bad credentials muncul.

Jangan Panik, Tetap Tenang

Saat notifikasi yang disebutkan di atas muncul, maka yang paling pertama harus sobat lakukan adalah bersikap tenang dan tidak perlu panik. Jika sobat panik, segera tenangkan diri dulu. Sebab, kendala apapun akan mudah diselesaikan selama ditangani dengan tenang dan tidak dengan kepanikan.

Justru ketika panik, sobat malah akan kebingungan dan tidak tahu harus melakukan apa. Padahal, terkadang kendala yang muncul mudah diatasi atau sobat sudah mengetahui solusinya dan apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Tapi karena panik, semua itu menjadi hilang sama sekali dan sobat kesulitan untuk melangkah.

Bersihkan Cache Browser yang Digunakan

Agar notifikasi di atas tidak muncul kembali meskipun sobat sudah melakukan login dengan benar, maka cache atau history browser yang digunakan harus dihapus terlebih dahulu. Sebab, terkadang sobat tetap gagal login akibat cache atau hostori yang masih terbaca.

Oleh karena itu, tinggal hapus saja cache browser menggunakan fitur penghapus yang tersedia di browser tersebut. Jika sobat menggunakan Google Chrome, maka tinggal klik titik tiga yang terdapat di pojok kanan atas browser, lalu pilih history. Setelah itu pilih clear browsing data, lalu pilih waktu penghapusan history tersebut.

Jika sobat menggunakan browser Firefox atau yang lainnya, masing-masing memiliki cara untuk menghapus history. Mudah kok, sobat hanya perlu sedikit waktu untuk mencarinya.

Selain menggunakan fitur penghapus history bawaan, sobat juga bisa menghapus cache atau history dengan menggunakan aplikasi penghapus seperti CCleaner atau yang lainnya.  Tinggal download aplikasinya, lalu terapkan cara penghapusan yang dimiliki oleh aplikasi tersebut.

Ketikkan Data-Data Login dengan Benar

Setelah cache atau history dibersihkan, sobat tinggal kembali login menggunakan data-data login yang sudah dimiliki sebelumnya. Jika tidak ada kendala, tentu sobat sudah bisa login kembali.

Untuk mencegah agar kesalahan tidak terulang kembali, ketikkan dengan benar secara perlahan data-data loginnya. Pastikan tidak ada kesalahan dalam pengetikan data-data login baik huruf maupun angka, agar notifikasi bad credentials tidak muncul kembali.

Reset Password

Jika sobat masih tetap tidak bisa login setelah mengikuti semua langkah-langkah di atas, maka solusi terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan fitur reset password yang ada di situs tersebut.

Dengan memanfaatkan fitur reset, sobat bakalan mendapatkan data-data login baru yang bisa sobat gunakan untuk login.

Fitur reset password berada pada alamat helpdesk-sscasn.bkn.go.id/reset_password. Di situ sobat mesti memasukkan kembali nama lengkap yang pernah dimasukkan saat melakukan pendaftaran. Selain itu, sobat juga harus Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK), serta data-data yang diminta pada situs tersebut.

Masukkan saja semua data-data yang diminta. Pastikan tidak ada satupun data-data yang diminta luput sobat masukkan. Karena jika ada yang luput, tentu sobat bakal gagal untuk melakukan reset password. Oleh karen itu, jangan terburu-buru melakukannya. Masukkan semua data-data yang diminta dengan tenang dan cermat untuk menghindari terjadinya kesalahan.

Setelah memasukkan semua data-data yang diminta, selanjutnya tinggal ikuti saja semua langkah-langkah yang diminta untuk melakukan reset password. Jika langkah-langkah yang sobat lakukan benar dan sukses, tentu sobat akan mendapatkan data-data login baru yang bisa sobat gunakan untuk login lagi ke situs resmi SSCASN.

Jadi, untuk mereset kembali password yang sobat gunakan untuk login ke situs resmi SSCASN bukanlah hal yang sulit. Dijamin sobat bakalan bisa melakukannya dengan mudah meskipun hal-hal seperti ini merupakan hal yang baru bagi sobat.

Baca Juga : Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Solusinya.

Akhir Kata

Berdasarkan penjelasan di atas, tentu sobat sudah mengetahui jawaban pertanyaan Bad Credentials artinya apa? Ternyata notifikasi tersebut muncul akibat sobat salah dalam masukkan password saat login ke situs resmi SSCASN. Jadi, tidak perlu panik saat notifikasi itu muncul.

Selain itu, saya juga sudah membahas bagaimana cara mengatasi jika notifikasi tersebut muncul. Cara mengatasinya tidak sulit, bahkan sangat mudah. Sobat hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang sudah saya sebutkan di atas. Harapan saya, semoga sobat tidak kesulitan lagi setelah membaca ulasan di atas. Semoga bermanfaat bagi sobat pembaca.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *