Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka? Ini Penyebab dan Solusinya

  • Whatsapp
PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka

PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka–Seperti yang kita tahu bahwa saat ini Indonesia sedang dilanda virus corona. Untuk itu, hadir aplikasi peduli lindungi.Ya, banyak orang yang sudah tahu, kalau aplikasi ini salah satu aplikasi yang ada untuk menangkal virus covid 19. Namun, ada kalanya aplikasi ini tak bisa dibuka. Tentu ini akan sangat mengganggu, sebab Anda tak bisa menggunakannya. Ada beberapa hal yang bisa menjadi alasan kenapa aplikasi ini error.

Nah, jika Anda ingin mengetahui penyebab dan cara mengatasi aplikasi ini yang tidak bisa dibuka, maka Anda bisa memperhatikan ulasan yang ada dibawah.

Read More

Apa itu Aplikasi PeduliLindungi?

PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka

Menurut informasi, Aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang dibuat pemerintah, tepatnya adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika yang berkolaborasi dengan Kementerian BUMN. Baru kemudian, gugus tugas penanganan virus corona menngunaknnya bersama dengan Kementerian Kesehatan. Oleh sebab itu, kita semua harus mendukung program pemerintah yang satu ini.

PeduliLindungi hadir untuk untuk menghentikan penularan Corona di Indonesia, sehingga tak jatuh korban jiwa dalam jumlah yang besar seperti di Negara tetangga.  Aplikasi ini bekerja dengan mengajak masyarakat agar mau peduli dan berpartisipasi untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian. Dengan begitu, maka proses penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 bisa dipantau dengan mudah.

Cara download Aplikasi PeduliLindungi

Jika Anda tertarik dengan manfaat dari aplikasi ini, Anda bisa mendapatkannya secara gratis. Caranya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menggunakan hp yang terkoneksi dengan internet. Kemudian Anda bisa buka playstore dan menulis nama aplikasi “PeduliLindungi” di kotak pencarian.

Nah, jika sudah maka klik cari dan akan muncul aplikasi tersebut. Lalu, Anda bisa mengunduhnya dan menginstalnya. Apabila sudah terinstal, maka lakukan pendaftaran akun dan isilah form dengan data diri yang sesuai. Pastikan pengisiannya benar, sehingga tak ada masalah PeduliLindungi tidak bisa dibuka nantinya.

Cara Kerja Aplikasi PeduliLindingi

PeduliLindungi bekerja dengan memanfaatkan koneksi bluetooth di hp Anda untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Data akan diproses secara otomatis apabila ada hp lain yang berada dalam jangkauan bluetooth yang sama-sama menginstal PeduliLindungi.  Selanjutnya, aplikasi ini akan melakukan proses identifikasi. Terutama identifikasi pada orang yang ada disekitar Anda, seperti ketika Anda berada di dekat lokasi orang yang positif COVID-19.

Ini tentu akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak bisa ingat tentang riwayat perjalanannya dan dengan siapa saja ia melakukan kontak. Anda pun juga akan dihubungi oleh petugas kesehatan. Khususnya saat Anda berdekatan dengan penderita COVID-19 positif, atau ODP. Namun itu semua akan jadi masalah jika PeduliLindungi tidak bisa dibuka. Oleh sebab itu, Anda harus tahu sebabnya.

Seperti yang kita tahu, bahwa tidak sedikit pengguna yang mengalami masalah pada aplikasi ini. Salah satunya adalah dengan macet atau errornya aplikasi sehingga tidak bisa dibuka. Alasan apa saja yang membuat aplikasi eror akan dijelaskan pada pembahasan dibawah ini.

Kenapa Aplikasi Pedulilindungi Tidak Bisa dibuka ?

Perlu diketahui, bahwa memang ada masalah yaitu aplikasi tidak bisa dibuka. Hal ini terjadi karena beberapa faktor, sehingga aplikasi error. Berikut beberapa  alasan yang menyebabkan Peduli Lindungi tidak bisa dipakai:

Kesalahan Pada Proses Daftar Akun

Penyebab pertama bisa jadi karena Anda salah dalam tahap ini. Untuk menghindari, maka lihatlah form pendaftaran di aplikasi dengan teliti. Pastikan bahwa semua data sudah benar, sehingga Anda bisa menuju langkah selanjutnya. Mengapa harus demikian, sebab jika terjadi kesalahan pada proses pendaftaran, maka Anda bisa jadi tak bisa menggunakan aplikasi ini. Jadi, jangan tergesa-gesa saat daftar ya!

Lupa Menghidupkan Bluetooth dan Koneksi Internet

Perlu Anda tahu, bahwa agar bisa menggunakan aplikasi ini, Anda perlu mengaktifkan bluetooth dan koneksi internet. Seperti yang dijelaskan pada ulasan sebelumnya, bahwa Bluetooth ini berfungsi untuk merekam informasi serta sebagai pertukaran data dengan gadget lain yang bisa dijangkau bluetooth.Dengan cara ini, maka Anda bisa tahu, apakah Anda berada dekat dengan orang yang normal atau sedang terpapar corona.

Terjadi Bug Atau Error di Aplikasi

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwa aplikasi ini masih tergolong baru. Karena tergolong baru saja diluncurkan, tidak mustahil kalau hal yang menyebabkan aplikasi Pedulilindungi tidak bisa dibukaadalah adanya bug atau Error. Nah, jika memang ada bug, bisa dibilang aplikasi ini belum seutuhnya sempurna, sehingga perlu perbaikan lagi dari developer aplikasi.

Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Mengatasi Aplikasi yang Tidak Bisa Dibuka

Jika terjadi permasalahan pada sebuah aplikasi, maka Anda harus segera mengatasinya. Sebab jika dibiarkan terus-terusan, maka akan mengganggu Anda karena aplikasi tidak bisa dipakai. Nah, apabila Anda adalah pengguna aplikasi ini, maka saat ada masalah, Anda dapat menerapkanbeberapa cara mengatasinya.

Perbaharui Aplikasi

Masalah bisa terjadi karena Anda belum mengupdate aplikasi ke versi baru. Masalah ini akan selesai dengan sendirinya jika Anda mengupdatenya lewat play store. Caranya adalah dengan pergi ke playstore, lalu ketik nama aplikasi tersebut. Jika ada perintah atau tombol update, maka klik tombol tersebut. Tunggulah sampai update berhasil dan aplikasi bisa dibuka.

Hapus Cache yang Menumpuk

Anda juga bisa mencoba untuk menghapus cache. Cache yang menumpuk akan membuat berat sistem pada aplikasi ini. Dengan menghapusnya, maka aplikasi jadi lebih ringan dan bisa dibuka.

Restart Aplikasi Peduli Lindungi

Anda juga bisa mencoba lakukan hal ini jika aplikasi tak bisa dibuka. Anda bisa buka aplikasi dan mencari tombol restartnya.

Baca Juga : Indo Today APK, Portal Penghasil Uang Masa Kini

Melakukan Komplain Ke Sosial Media Peduli Lindungi

Jika Anda sudah menggunakan cara di atas namun tidak berhasil, maka Anda bisa langsung komplain ke orang yang mengurus aplikasi tersebut. Anda bisa menghubunginya melalui sosial media yang tersedia. Beberapa sosial media mereka berikut adalah:

  • Instagram: PeduliLindungi.id
  • Twitter: PLindungi
  • Email: pedulilindungi@kominfo.go.id
  • Page Facebook: PeduliLindungi.id

Anda bisa mengirim chat ke alamat tersebut dan menuliskan kenapa PeduliLindungi tidak bisa dibuka. tunggu beberapa waktu hingga Anda mendapat balasan dari CS yang memegang aplikasi tersebut. Namun jika Anda masih belum mendapat balasan, maka coba mengirim pesan ke alamat lain. Misal jika Anda mengirim pesan di twitter dan tidak ada tanggapan, maka coba kirim pesan ke FB nya.

Manfaat aplikasi ini cukup banyak. Selain masyarakat bisa berpartisipasi disana, ada juga info mengenai perkembangan Covid. Dengan aplikasi ini, maka update terbaru kondisi wilayah tertentu akan diinfokan ke hp Anda. Anda juga akan diberitahu melalui getaran apabila Anda berada di keramaian atau wilayah dengan zona merah.

Nah, itulah ulasan mengenai penyebab, hingga cara menangani PeduliLindungi tidak bisa dibuka. Jika Anda sudah tahu ragam manfaatnya, maka apakah Anda masih ragu untuk mengunduhnya?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *