Membandingkan Spesifikasi Galaxy Z Flip 3 dengan Galaxy Z Flip dan Z Flip 5G

  • Whatsapp
Galaxy Z Flip 3

Samsung dikabarkan bakal merilis Galaxy Z Flip 3 dalam acara Galaxy Unpacked pada 11 Agustus mendatang, ponsel ini akan menjadi penerus dari Galaxy Z Flip dan Z Flip 5G yang telah dirilis sebelumnya. Meskipun belum diresmikan, ada banyak bocoran yang membantu kita mengetahui peningkatan apa yang dibawa dari model baru dan perbedaan Z Flip generasi ke 3 5G dengan varian sebelumnya.

Daftar isi

Desain Galaxy Z Flip 3

Galaxy Z Flip 3
image via Sammobile

Samsung Galaxy Z Flip 3 5G diyakini akan mempertahankan desain clamshell seperti yang ditampilkan Galaxy Z Flip 5G dan Z Flip original. Desain clamshell memiliki lipatan horizontal namun ini akan memberikan ruang yang lebih luas bagi layar bagian depan. Rumor menunjukkan kamera ganda di bagian luar perangkat akan lebih menonjol, dengan desain yang secara keseluruhan lebih mempesona. Dikatakan juga bahwa Z Flip 3 akan memiliki sertifikasi tahan air IPX8.

Read More

Z Flip 3 memiliki pilihan warna ungu, kuning, hijau dan hitam, meskipun tentu saja Samsung kemungkinan memberikan penamaan yang lebih menarik bagi warna – warna tersebut. Beberapa laporan juga menyebut bahwa Z Flip 3 memiliki bingkai yang lebih kuat.

Disisi lain Galaxy Z Flip berukuran 87,4 x 73,6 x 17,4mm ketika dilipat dan 167,3 x 73,6 x 6,9-7.2mm ketika tidak dilipat. Muncul dalam pilihan warna Mystic Bronze dan Mystic Grey, sedangkan model LTE memiliki ukuran yang hampir sama tetapi hadir dalam pilihan warna Mirror Purple, Mirror Black, dan Mirror Gold. Baik model LTE atau 5G tidak memiliki kemampuan tahan air.

Layar

Galaxy Z Flip 3

Samsung Galaxy Z Flip 3 akan hadir dengan layar utama 6,7 ​​inci , serupa  dengan Z Flip 5G dan Z Flip, namun akan menawarkan kecepatan refresh 120Hz. Belum ada bocoran tentang resolusi yang ditampilkan layar ini, namun jika Z Flip 5G dan Z Flip memiliki resolusi Full HD+ dan memberikan 425ppi, kemungkinan Z Flip 3 akan menampilkan setidaknya setara dengan yang dibawa para pendahulunya,

Samsung Z Flip 3 juga akan hadir dengan layar penutup 1,9 inci, sedangkan Z Flip 5G dan Z Flip memiliki layar  1,1 inci. Z Flip 5G dan Z Flip mengandalkan panel AMOLED dengan resolusi 300 x 112 yang menghasilkan kerapatan piksel 303ppi.

Spesifikasi Galaxy Z Flip 3

Belum ada keterangan tentang prosesor apa yang mungkin diusung Samsung Galaxy Z Flip 3 di dapur pacunya, namun beberapa leaker menyebut salah satu dari Snapdragon 888 atau Snapdragon 888 Plus yang mendukung konektivitas 5G juga. Ini juga akan membawa setidaknya 8GB RAM dan 256GB penyimpanan.

Pada sisi sumber daya, Samsung memberikan  baterai berkapasitas 2300mAh. Ini tentu nampak kecil, sebagai perbandingan Galaxy Z Flip 5G memiliki baterai 3300mAh dan berjalan pada chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus, didukung oleh RAM 8GB dan penyimpanan 256GB. Sementara Z Flip berjalan pada chipset Qualcomm Snapdragon 855 Plus, yang didukung oleh RAM  dan penyimpanan yang sama dan juga memiliki kapasitas baterai 3300mAh.

Kamera

Samsung Galaxy Z Flip 3 5G diharapkan hadir dengan sistem kamera ganda di bagian luar dengan dua sensor 12 MP, bersama dengan kamera selfie 10 MP di bagian dalam. Kamera selfie kemungkinan hadir dengan desain punch hole, seperti Z Flip 5G.

Disisi lain baik Z Flip 5G dan Z Flip hadir dengan kamera ganda di bagian luar, dengan sensor utama 12 MP yang menawarkan aperture f/1.8, dan sensor sudut ultra lebar 12 MP dengan aperture f/ 2.2. Keduanya juga memiliki kamera selfie 10 MP dengan aperture f/2.4, jadi sepertinya tidak akan ada terlalu banyak perubahan di departemen kamera.

Baca juga: Samsung Targetkan Galaxy Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 Capai 5 Juta Penjualan.

Pada akhirnya berdasarkan spekulasi yang dirangkum diatas, Samsung Galaxy Z Flip 3 akan membawa beberapa peningkatan desain dibandingkan pendahulunya, terutama dalam hal tampilan penutup yang lebih besar dan ketahanan terhadap air, juga prosesor yang lebih canggih. Salah satu yang kurang adalah kapasitas baterai, namun saat ini ponsel ini belum diresmikan sehingga semuanya masih ada kemungkinan berubah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *