Cara Membuat Garis Tepi Di Microsoft Word

  • Whatsapp
Cara Membuat Garis Tepi Di Microsoft Word

Cara Membuat Garis Tepi Di Microsoft Word Ketika menggunakan Microsoft word, anda mungkin pernah mendapati atau melihat sebuah dokumen yang di sekitar lembar kerjanya diberikan garis. Garis yang ada pada bagian tepi lembar kerja Microsoft Word ini disebut dengan border. Tujuan pemberian border pada lembar kerja Microsoft word biasanya untuk membuat halaman terlihat lebih menarik dan rapi.

Selain itu, border pada lembar kerja Microsoft Word juga digunakan untuk kebutuhan khusus seperti desain amplop atau juga untuk menambah desain undangan. Namun yang pastinya, penggunaan garis tepi atau border pada Microsoft Word bertujuan untuk mempercantik tampilan lembar kerja yang sedang dibuat.

Read More

Dalam membuat border pada Microsoft word terbilang sangat mudah dilakukan. Kamu hanya perlu memanfaatkan sebuah fitur yang sudah di sematkan pada menu-menu Microsoft word untuk membuat border di lembar kerja. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat menyimak dan mengikuti penjelasan berikut ini.

Cara Membuat Garis Tepi Di Microsoft Word

Cara Membuat Garis Tepi Di Microsoft Word

Ketika memberikan garis tepi atau border ke lembar kerja Microsoft word, kamu tidak hanya bisa memasukkan objek garis saja, tapi kamu juga bisa memberikan border dengan objek gambar seperti strawberry, pohon, love, lingkaran dan masih banyak lagi. Semua objek gambar yang ingin kamu gunakan tersebut sudah tersemat dalam aplikasi Microsoft Word, sehingga kamu tidak perlu melakukan langkah-langkah tambahan. Berikut tata cara memberikan garis tepi atau border di Microsoft word dengan mudah :

Menggunakan Microsoft Word Versi 2007 Ke Bawah

Pada dasarnya pembuatan garis tepi di Microsoft Word menggunakan pilihan yang sama, namun terdapat sedikit perbedaan letak antara beberapa versi microsoft. Berikut tata cara membuat garis tepi atau border di Microsoft Word versi 2007 atau yang lebih lama :

  1. Bukalah Microsoft Word 2007 yang ada pada PC atau laptop kamu.
  2. Pada tampilan awal silakan kamu klik menu “Page Layout” yang ada di bagian atas jajaran menu.
  3. Di menu “Page Layout” ini, silakan kamu cari ikon text border kemudian klik ikon tersebut.
  4. Setelah itu akan muncul sebuah jendela pop up yang berguna untuk mengatur garis tepi atau border yang nantinya akan kamu gunakan.
  5. Pada jendela pop up tersebut, silakan kamu ambil settingan “Box” yang ada di bagian kiri. Selanjutnya kamu dapat memilih style yang akan digunakan, apakah kamu akan menggunakan garis atau menggunakan gambar untuk garis tepi lembar kerjamu.
  6. Jika sudah maka klik “OK” untuk menyelesaikan dan menerapkan border pada lembar kerja Microsoft wordmu.

Menggunakan Microsoft Word Versi 2007 Ke Atas

Pada dasarnya cara pembuatan garis tepi atau border pada Microsoft Word cenderung sama untuk segala versi yang ada. Namun untuk Microsoft Word versi terbaru, terdapat sedikit perbedaan yaitu di letak border yang akan di gunakan. Berikut tata cara membuat garis tepi atau border menggunakan Microsoft Word versi 2007 atau yang lebih baru

  1. Bukalah Microsoft word 2007 ke atas yang ada di PC atau laptopmu.
  2. Pada tampilan awal silakan kamu klik menu “Design” yang ada pada jajaran menu.
  3. Pada menu design, silakan kamu cari kelompok “Page Background” yang berada di bagian tepi kanan.
  4. Selanjutnya silakan cari icon “Page Border” dan klik ikon tersebut.
  5. Maka akan muncul sebuah jendela pop up yang dapat kamu gunakan untuk mengatur garis tepi atau border yang akan kamu terapkan di lembar kerja.

Menggunakan Menu Home Di Seluruh Versi Microsoft Word

Selain menggunakan menu tertentu, kamu juga dapat membuat garis tepi atau border menggunakan menu Home. Bagusnya, kamu dapat menggunakan cara ini di seluruh versi Microsoft Word baik yang lama maupun yang baru. Berikut tata cara membuat garis tepi atau border menggunakan menu home di Microsoft Word :

  1. Buka Microsoft word yang ada di laptop atau PC kamu.
  2. Pastikan bahwa kamu sudah berada di menu home dengan melihat jendela aktif pada bagian atas lembar kerja.
  3. Selanjutnya silahkan kamu cari kelompok “Paragraf” dan pilih icon border yang berbentuk seperti jendela.
  4. Pada icon border tersebut, silakan kamu klik segitiga ke bawah untuk menampilkan drobdown pembuatan tabel. Maka pada bagian paling bawah kamu akan melihat opsi border and shading.
  5. Silakan kamu klik opsi tersebut untuk menampilkan jendela pop up dalam mengatur garis tepi atau border yang akan kamu gunakan nantinya.

Fungsi Menu Pada Jendela Pop Up Border and Shading

Border and shading merupakan sebuah jendela pop up yang akan muncul ketika kamu sudah mengklik ikon page border. Pada jendela ini, terdapat beberapa menu yang memiliki fungsi tersendiri dalam mengatur border and shading yang akan kamu digunakan. Berikut fungsi menu yang ada di jendela pop up border and shading :

Style : Merupakan menu yang mengatur gaya garis tepi yang ingin kamu buat apakah garis itu lurus putus-putus bergelombang dan lain sebagainya.

Color : Merupakan menu yang berfungsi untuk mengatur warna garis tepi yang akan kamu buat.

Width : Merupakan menu yang berfungsi untuk mengatur ukuran garis yang akan diterapkan pada border.

Art : Merupakan menu khusus untuk membuat garis tepi berbentuk gambar seperti apel, love, daun dan lain sebagainya yang sudah disediakan oleh Microsoft Word.

Baca Juga : Cara Membuat Tanda Tangan Di Word

Cara Membuat Garis Di Halaman Tertentu Microsoft Word

Ketika kamu menggunakan garis tepi atau border di Microsoft word, maka border tersebut akan diterapkan ke seluruh halaman kerja yang ada. Sebab itu, perlu dilakukan sedikit penyesuaian agar border yang dibuat hanya diaplikasikan pada halaman tertentu saja. Berikut tata cara membuat garis tepi hanya di halaman tertentu pada lembar kerja Microsoft word :

  1. Bukalah menu borders dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya.
  2. Selanjutnya silakan pilih garis tepi atau border yang akan gunakan.
  3. Jika sudah carilah opsi “Apply to” yang ada di bagian bawah jendela pop up. Pada opsi ini kamu dapat memilih salah satu opsi yang ada, setiap opsi yang dipilih memberikan dampak pengaplikasian yang berbeda-beda. Berikut fungsi dari opsi “Apply to” yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan :

Whole dokument : merupakan pilihan untuk menerapkan garis tepi pada semua halaman yang ada.

This section : merupakan pilihan untuk menerapkan garis tepi pada halaman yang dipilih aja.

This section – first page only : ini merupakan pilihan untuk menerapkan garis tepi pada halaman pertama saja.

This section – all except first page : ini merupakan pilihan untuk menerapkan garis tepi pada semua halaman kecuali halaman pertama.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan dalam membuat garis tepi atau border di Microsoft Word. Silahkan kamu sesuaikan cara yang akan digunakan dengan versi Microsft Word yang akan kamu gunakan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *