Gadget  

Apple IPhone 13 Bakal Didukung Satelit, Bisa Telepon Saat Tak Ada Sinyal

IPhone 13 Bakal Didukung Satelit

Jelang tanggal rilisnya, Apple IPhone 13 dikabarkan bakal memiliki dukungan konektivitas komunikasi satelit. Menurut  Apple, Ming-Chi Kuo, Dukungan tersebut akan memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan ketika berada di wilayah yang tak memiliki jaringan seluler.

Seperti dirilis Cnet, ponsel ini akan dibekali dengan perangkat keras yang memungkinkannya untuk memanfaatkan satelit orbit rendah Bumi. Perangkat tersebut akan memungkinkannya untuk tetap terhubung di area yang tidak memiliki jangkauan 4G atau 5G.

IPhone 13 Bakal Didukung Satelit

IPhone 13 kemungkinan akan menggunakan chip baseband Qualcomm X60, yang kabarnya mendukung komunikasi satelit. Fitur ini akan menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi calon konsumen yang tinggal di daerah yang tidak terjangkau dengan baik oleh layanan seluler, juga bagi para wisatawan yang menjelajah ke daerah-daerah yang tidak memiliki jangkauan namun tetap ingin selalu terhubung.

Komunikasi jenis itu biasanya hanya tersedia jika menggunakan satelit. Namun, semenjak SpaceX milik Elon Musk meluncurkan Starlink, muncul harapan untuk kehadiraan layanan broadband yang baru dapat hadir untuk menjangkau hampir di mana saja di dunia. Meski begitu, SpaceX bukan satu-satunya perusahaan yang diharapkan bisa mengoperasikan konstelasi satelit di orbit rendah Bumi.

Ada pula penyedia layanan komunikasi satelit LEO, Globalstar, sebagai perusahaan yang disebut Kuo paling mungkin bekerja sama dengan Apple dalam hal teknologi dan cakupan layanan. Globalstar telah mengoperasikan lusinan satelit untuk layanan suara selama bertahun-tahun.

IPhone 13 diharapkan untuk meluncur pada bulan September, dengan fitur yang dikabarkan seperti desain yang ditingkatkan dengan takik yang lebih kecil, tonjolan kamera yang lebih tebal dan koleksi pilihan warna baru yang bagus seperti bubblegum pink, matte black dan bronzy sunset gold.

Menurut seorang leaker populer, Jon Prosser, seri iPhone 13 dijadwalkan akan diluncurkan pada 14 September. Menurut beberapa laporan Apple akan merilis iPhone generasi berikutnya pada tanggal 14 September, sepuluh hari sebelum tanggal peluncuran yang diyakini sebelumnya pada 24 September.

Sesuai rumor, Apple sedang menyiapkan empat model iPhone 13 seperti yang mereka lakukan pada tahun lalu. Akan ada iPhone 13, iPhone 13 mini, 13 Pro, dan 13 Pro Max. Sebuah bocoran dengan jelas menyatakan bahwa semua unit akan segera tersedia untuk pre-order. Sementara itu, foto lain yang telah bocor menunjukkan kemasan iPhone 13.

DigiTimes sebelumnya juga melaporkan bahwa Apple sedang mempertimbangkan untuk menaikkan harga iPhone 13 untuk mengimbangi semua pekerjaan ekstra dan komponen yang lebih mahal. Dengan model seri iPhone 12 yang sudah sangat. Harga kemungkinan bisa naik 3-5%, yang berarti varian tertinggi yakni iPhone 13 Pro Maxp akan naik lebih dari £50.

Baca juga: Daftar Harga HP Apple Terbaru 2021 dan Spesifikasinya.

Dengan kondisi dimana Apple dikabarkan akan mengemas iPhone 13 dengan beberapa peningkatan besar-besaran, termasuk fitur kamera dengan spesifikasi terbaik, layar 120Hz, baterai yang lebih besar, kemampuan 5G, dan pengisian yang lebih cepat, perusahaan mungkin merasa wajar untuk menaikkan harga lebih jauh. Apple telah memesan lebih dari 100 juta chip untuk mendukung peluncuran produk terbaiknya tahun ini, termasuk iPad mini baru, untuk mengantisipasi permintaan yang sangat besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.