Cara Membuat Akun PeduliLindungi Dengan Mudah

  • Whatsapp

Berhubung dengan adanya kebijakan pembatasan yang diterbitkan oleh pemerintah, sebagian besar tempat seperti Mall, rumah sakit, dan tempat pelayanan lainnya mulai menerapkan pengunjung yang wajib memiliki sertifikat vaksin minimal satu kali yang diterbitkan melalui aplikasi PeduliLindungi. Tentu bagi sobat yang sudah vaksin tidak perlu risau.

Nah, kehadiran aplikasi PeduliLindungi yang dapat menampilkan sertifikat vaksin sangat membantu, disamping itu juga memiliki beberapa fitur yang berguna. Namun untuk masuk ke dalam aplikasi, sobat harus daftar terlebih dahulu. Lalu bagaimana cara membuat akun PeduliLindungi? simak di sini!

Read More

Cara Membuat Akun PeduliLindungi Dan Cek Sertifikat Vaksin

Cara Membuat Akun PeduliLindungi Dengan Mudah

Aplikasi PeduliLindungi memang saat ini wajib dipasang di HP setiap orang terutama yang memiliki mobilitas tinggi. Nah, bagi yang belum tahu apa itu aplikasi PeduliLindungi, menurut situs resminya, PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

Itulah pengertian dan kegunaan aplikasi PeduliLindungi. Jika sudah mengerti apa itu aplikasi PeduliLindungi, sobat bisa simak langkah-langkah membuat akun sekaligus cara mengecek sertifikat vaksin milik sobat.

Berikut adalah cara membuat akun dan melihat sertifikat Vaksin di aplikasi Pedulilindungi.

  1. Buka Browser

    Langkah awal, silahkan sobat buka browser di HP atau Komputer, lalu ketik “daftar PeduliLindungi” di Google, lalu pilih opsi “Daftar”. Jika sobat ingin daftar melalui Aplikasi, silahkan unduh terlebih dahulu di Google Play Store atau Apps Store.

  2. Daftar Melalui Email

    Jika sobat ingin mendaftar/membuat akun melalui alamat email, silahkan pilih opsi Alamat Email, dan isi data yang dibutuhkan dengan benar dan sesuai. Lalu klik centang di syarat penggunaan dan klik Daftar

  3. Datftar Lewat Nomor Telepon

    Jika sobat ingin membuat akun PeduliLindungi dengan menggunakan nomor HP atau telepon, silahkan pilih opsi Nomor Telepon. Lalu isi data yang dibutuhkan dengan benar dan sesuai. Kemudian klik centang di syarat penggunaan dan klik Daftar

  4. Periksa Kode Verifikasi

    Setelah sobat mengisi data dan kik daftar, maka PeduliLindungi akan mengirim kode verifikasi 6 digit ke email atau telepon sobat. Silahkan periksa email/sms untuk mengetahui kode ini, dan masukkan kode dengan benar.

  5. Masuk Ke Laman Utama

    Setelah berhasil mendaftar, sobat akan masuk ke halaman utama dari aplikasi PeduliLindungi. Nantinya sobat akan di minta untuk menyalakan lokasi/GPS. Silahkan nyalakan GPS sobat

  6. Masuk ke Akun

    Setelah sobat menyalakan GPS, sobat bisa masuk ke menu Akun yang berada di pojok kanan atas. Jika ada data yang diminta, silahkan lengkapi dengan sesuai.

  7. Cek Sertifikat Vaksin

    Jika sudah, sobat bisa langsung masuk ke menu Sertifikat Vaksin untuk nantinya dapat mengecek status vaksin serta serifikat vaksin sobat

  8. Cek Sertifikat Vaksin

    Di menu ini nantinya akan ditampilkan status vaksin pertama maupun kedua sobat. Selain itu, sobat juga bisa melihat serifikat vaksin milik sobat dengan identitas dan barcode yang sesuai

  9. Download Sertifikat Vaksin

    Jika sobat ingin mencetaknya atau hanya sekedar menyimpan di galeri HP, silahkan klik sertifikat tersebut dan scroll ke bawah lalu klik Unduh Sertifikat untuk mulai mendownload sertifikat. Begitupun dengan sertifikat vaksin kedua.

Bagaimana? cara membuat akun PeduliLindungi sangat mudah dan cepat bukan? silahkan sobat ikuti langkah-langkahnya ya agar berhasil!

Bagaimana PeduliLindungi Bekerja?

Bagi sobat yang penasaran bagaimana aplikasi PeduliLindungi bekerja, sobat bisa ketahui bahwa Pada saat Sobat mengunduh PeduliLindungi, sistem akan meminta persetujuan sobat untuk mengaktifkan data lokasi. Dengan kondisi lokasi aktif, maka secara berkala aplikasi akan melakukan identifikasi lokasi sobat maupun selalu memberikan informasi terkait keramaian dan zonasi penyebaran COVID-19.

Hasil tracing ini akan memudahkan pemerintah untuk mengidentifikasi siapa saja yang perlu mendapat penanganan lebih lanjut agar penghentian penyebaran COVID-19 dapat dilakukan. Sehingga, semakin banyak partisipasi masyarakat yang menggunakan aplikasi ini, akan semakin membantu pemerintah dalam melakukan tracing dan tracking.

Tentunya aplikasi PeduliLindungi sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi sobat. Jangan khawatir, Data milik Sobat disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data sobat hanya akan diakses bila sobat dalam resiko tertular COVID-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Bagimana? canggih bukan aplikasi ini? begitulah cara membuat akun PeduliLindungi dan cara aplikasi PeduliLindungi bekerja.

Fitur Aplikasi PeduliLindungi

Cara Membuat Akun PeduliLindungi

Tentunya apllikasi ini memiliki beberapa fitur, Berikut fitur PeduliLindungi yang dapat sobat simak.

Melacak Penyebaran Virus

Fitur pertama yaitu sistem ini dapat melacak penyebaran virus. Bagaimana bisa? hanya dengan sobat mengaktifkan lokasi, sobat akan membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Sehingga sobat dapat turut serta menjaga keluarga bahkan orang lain sehingga sama-sama menjadi aman.

Informasi Zonasi dan Notifikasi Keramaian

Fitur lainnya yaitu ada informasi zonasi dan notifikasi keramaian. Dimana fitur ini sobat akan mendapatkan infomasi area zonasi persebaran COVID-19 (merah, kuning, hijau) sesuai dengan lokasi tempat tinggal sobat maupun lokasi yang spbat pilih dan mendapatkan notifikasi jika sobat sedang berada di dalam keramaian. Tentu fitur ini sangat membantu bukan jika sobat sedang memiliki mobilitas tinggi karena urusan bisnis atau pekerjaan.

Pemeriksaan Kesehatan

Fitur lainnya yaitu ada pemeriksaan kesehatan. Jika sewaktu-waktu Sobat memerlukan bantuan tenaga kesehatan, sobat bisa langsung menggunakan fitur Teledokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mandiri dan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan terkait kondisi kesehatan sobat dengan mudah lho! Tentu fitur ini sangatlah penting, pasalnya dapat mempermudah jika kita sedang dalam keadaan sakit atau gejala.

Cara Cek Fasilitas Kesehatan Yang Menyediakan Vaksinasi dan Daftar Vaksin

cara membuat akun pedulilindungi

Bagi sobat yang saat ini belum melakukan vaksinasi karena terhambat pekerjaan ataupun karena wilayah yang kurang mendukung, sobat bisa coba fitur temukan fasilitas kesehatan yang melayani vaksinasi. Bagaimana langkah-langkahnya?

Melalui Website

  • Pertama, silahkan sobat Melalui website resminya di sini https://pedulilindungi.id/
  • Jika sudah, silahkan scroll dan lihat pada kolom, lalu isikan alamat yang sobat inginkan. Misal sobat memiliki tempat tinggal di Manggarai, silahkan ketik Manggarai (jika ingin spesifik, sobat bisa klik opsi “cari berdasarkan provinsi/kabupaten/kecamatan)”
  • Maka nantinya akan muncul alamat lengkap daripada layanan kesehatan yang menyediakan vaksinasi terdekat dari wilayah yang sobat pilih
  • Selesai!

Daftar Vaksin Melalui Aplikasi

Tidak jauh berbeda, sobat juga bisa menemukan layanan fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan vaksin, berikut caranya

  • Pertama buka aplikasi PeduliLindungi
  • Lalu login dengan akun sobat
  • Setelah itu sobat akan masuk ke laman utama, nah di sini silahkan pilih opsi “Pendaftaran Vaksin”
  • Setelah itu sobat bisa isi data NIK dan Nama Lengkap di kolom yang tersedia
  • Lalu Silahan lengkapi formulir yang ada
  • Terakhir Konfirmasi
  • Selesai!

Itulah cara cek fasilitas kesehatan dan cara daftar vaksin melalui Aplikasi. tentu sangat mudah bukan? silahkan di ikuti ya!

Kontak PeduliLindungi

cara membuat akun PeduliLindungi

Bagi sobat yang mengalami kendala terkait aplikasi PeduliLindungi ataupun sertifikat yang belum keluar, sobat bisa menghubungi kontak PeduliLindungi di sini :

  • Instagram : PeduliLindungi.id Instagram PeduliLindungi
  • Twitter : PLindungiTwitter PeduliLindungi
  • Youtube : Peduli LindungiYoutube Channel PeduliLindungi
  • Email pedulilindungi@kominfo.go.id

Simak juga ulasan lainnya tentang cara cek nomor BPJS Kesehatan yang bisa sobat coba!

Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang cara membuat akun PeduliLindungi dengan mudah, cara cek sertifikat vaksin, cara cek fasilitas kesehatan yang melayani vaksin, serta cara daftar vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi yang dapat kami sampaikan. Dengan begini, sobat jadi bisa lebih aware terhadap diri sendiri dan sekitar bukan? Semoga bermanfaat!

FAQ

Apa itu Aplikasi PeduliLindungi?

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Dimana saya dapat mengunduh aplikasi PeduliLindungi?

Sobat bisa mengunduhnya melalui Google Play Store untuk pengguna Android, dan Apps Store untuk pengguna iOS. Atau sobat juga bisa mengunduhnya langsung melalui situs resminya.

Bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi Tidak Bisa Dibuka ?

Untuk Sobat yang tidak bisa membuka aplikai peduliLindungi Sobat bisa simak artikel kami sebelumnya yaitu Cara Mengatasi Aplikasi PeduliLindungi tidak bisa dibuka.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *