Spesifikasi Kamera Xiaomi 12, Datang Dengan Tiga Sensor 50MP Dengan Lensa Telefoto 5x

  • Whatsapp
Xiaomi 12

Xiaomi baru-baru ini memutuskan untuk mengakhiri brand Mi dari sistem penamaan produknya. Dengan keputusan tersebut sedikit banyak mengartikan bahwa ponsel unggulan yang akan dirilis generasi berikutnya kemungkinan adalah Xiaomi 12. Meskipun ponsel ini baru akan dirilis pada tahun depan, baru-baru ini spesifikasi kamera dari Seri 12 bocor di dunia maya.

Menurut bocoran dari Digital Chat Station, kamera utama akan mengandalkan sensor 50MP, ultrawide 50MP, dan telefoto 50MP. Sensor telefoto diduga akan memiliki kemampuan periskop 5x. Sementara itu sensor 200MP Samsung yang disebutkan oleh rumor sebelumya kemungkinan akan disematkan pada Xiaomi 12 Ultra. Seri 12 sendiri masih dalam proses verifikasi desain sehingga detail dari desain dan spesifikasi yang dibawa masih mungkin untuk berubah.

Read More
Xiaomi 12

Bocoran lain yang muncul, menampilkan apa yang disebut sebagai render konsep buatan penggemar Xiaomi 12. Render tersebut hanya menampilkan bagian belakang perangkat namun menunjukkan desain kamera yang unik. Sensor kamera ditempatkan dalam sebuah modul yang berbentuk seperti huruf M.

Meski terlihat unik, namun sebuah laporan mengatakan bahwa pihak Xiaomi melalui kepala PR mereka telah membantah bocoran tersebut. Meski begitu, sebagian penggemar menyukai desain ini dan mengharapkannya akan menjadi desain modul kamera untuk Xiaomi 12.

Seri 12 akan diberi nama kode “Cupid” sedangkan model teratas dari jajaran, Seri 12 Ultra akan menyandang moniker “Zeus”. Mengingat Zeus adalah raja para dewa Yunani, Xiaomi tampaknya menggunakan nama kode yang agak ambisius.

Xiaomi Seri 12 diperkirakan akan ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 898 dengan arsitektur 4nm. Menurut laporan sebelumnya, Xiaomi 12 dapat dirilis paling lambat Desember 2021. Kami juga berharap untuk rilis November tetapi belum ada yang jelas.

Jika dirilis November berarti Seri Xiaomi 12 akan diluncurkan dengan MIUI 12.5 yang ditingkatkan, dengan jaminan pembaruan MIUI 13 segera ketika Xiaomi meluncurkan antarmuka terbarunya tersebut. CEO Xiaomi Lei Jun telah mengkonfirmasi bahwa MIUI 13 akan meluncur akhir tahun ini, yang bisa diartikan November atau Desember, akan agak mengejutkan melihat rilis Seri 12 tanpa MIUI 13. Sementara itu 12 Pro dan 12 Ultra akan dirilis menyusul pada awal tahun depan.

Mereka yang menantikan MIUI 13 harus menunggu lebih lama, sedikit banyak ini juga diakibatkan oleh perpindaahan dari Android 11 ke Android 12. Tampaknya pembaruan perangkat lunak memerlukan pengoptimalan lebih lanjut sebelum rilis, agar tidak mengalami kesalahan atau bug yang sama seperti yang menimpa MIUI 12.

Baca juga: Muncul di TENAA, Inilah Bocoran Spesifikasi Xiaomi C11.

Sementara itu Xiaomi terus mengatasi potensi masalah yang akan datang pada MIUI 13, tampaknya pembaruan Android 12 pengujian beta berjalan tanpa terlalu banyak masalah. Daftar update terbaru Xiaomi dan Redmi untuk Android 12 yang dipublikasikan oleh @xiaomiui hanya memiliki sedikit perubahan dari bocoran sebelumnya. Daftar terbaru menunjukkan bahwa POCO F2 Pro, Redmi K30 Pro, dan Redmi K30 Pro Zoom dan lainnya kini telah masuk dalam perangkat dalam beta internal Android 12. Meskipun bukan daftar resmi, namun bahwa informasi tersebut diklaim berasal dari sumber internal Xiaomi dan MIUI. (via)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *