WhatsApp Perkenalkan Fitur Gelembung Obrolan dan Emoji Reaksi

  • Whatsapp
WhatsApp Perkenalkan Fitur Gelembung

WhatsApp dilaporkan telah meluncurkan versi beta terbaru untuk Android dan iOS. Dengan peningkatan versi, aplikasi pesan singkat populer tersebut membawa beberapa fitur baru untuk penggunanya di sistem operasi. WhatsApp kabarnya akan membawa fitur gelembung obrolan yang ditingkatkan, fitur ini kemungkinan akan segera diperkenalkan bagi pengguna WhatsApp di iPhone. Peningkatan tersebut nampaknya sedang dalam tahap pengembangan dan kemungkinan akan diluncurkan dalam versi penguji beta iOS di pembaruan yang akandatang.

Sebelumnya versi penguji beta telah tiba di Android, yang memberikan petunjuk tentang apa yang diharapkan dari desain gelembung obrolan yang baru. Seperti dilaporkan  WABetaInfo, gelembung obrolan yang baru didesain ulang dengan menampilkan tampilan yang lebih bulat dari sebelumnya. Ini juga nampak lebih besar dan lebih “modern” daripada yang biasa kita lihat di iPhone.

Read More

Gelembung-gelembung tersebut menampilkan warna hijau baru yang lebih terang dan lebih berkilau daripada hijau tua yang kita lihat saat ini. Warna baru menambahkan lebih banyak semangat ke jendela obrolan, berbeda dari warna hijau sebelumnya yang terlihat jauh lebih pucat.

WhatsApp Perkenalkan Fitur Gelembung
WhatsApp Gelembung

WABetaInfo juga mengungkapkan bahwa WhatsApp sekarang bekerja untuk membawa desain ulang ini ke penguji beta iOS. Desain ulang gelembung obrolan ini meluncur di WhatsApp beta untuk pembaruan Android 2.21.13.2. Sekarang perusahaan bekerja untuk membawa perubahan ke basis pengguna iOS-nya juga. Dari apa yang dapat kita lihat, desain ulang terlihat menarik dan tentu saja akan menambah kesegaran pada pengalaman WhatsApp.

Desain ulang ini juga sekaligus meyakinkan pengguna tentang upaya terus-menerus WhatsApp untuk menyegarkan pengalaman penggunanya. Contoh lain dari upaya aplikasi di bawah naungan Facebook tersebut adalah fitur reaksi. Fitur ini dikatakan sedang dalam tahap pengerjaan  dan mungkin akan segera diluncurkan. Setelah diilis, fitur reaksi akan membuat pengguna bereaksi dengan emoji terhadap pesan orang lain, seperti halnya obrolan Instagram. Pengguna akan dapat memilih dari total 7 emoji untuk reaksi. Sesuai apa yang dikatakan WABetaInfo, fitur tersebut saat ini sedang berfungsi dan akan segera diluncurkan ke penguji beta Android dan iOS.

Sebelumnya WhatsApp juga telah menambahkan fitur untuk memindahkan riwayat obrolan pengguna dari iOS ke Android, yang meliputi semua catatan suara, foto, dan percakapan. Fitur ini pada awalnya akan mengakomodasi transfer dari iOS ke Z Fold 3 dan Z Flip 3, dan akan segera disusul oleh  ponsel – ponsel Samsung lainnya dalam beberapa pekan kedepan.Fitur ini pada akhirnya akan bisa dinikmati semua ponsel Android, meskipun belum ada kejelasan jelas kapan ketersediaannya.

Fitur baru ini akan mengatasi salah satu kesulitan pengguna WhatsApp yang banyak membuat frustrasi, yaitu tak adanya fitur resmi untuk memindahkan riwayat obrolan antar sistem operasi ponsel. Saat ini jika pengguna memilih untuk menggunakan fitur pencadangan cloud, maka riwayat obrolan iOS disimpan di iCloud, dan Google Drive untuk Android, artinya fitur ini hanya memungkinkan untuk mentransfer obrolan antar ponsel yang menjalankan sistem operasi yang sama.

Baca juga: Android 12 Memungkinkan Kita Mengontrol Ponsel Hanya Dengan Gestur Wajah.

Nantinya fitur baru ini bakal memindahkan riwayat obrolan menggunakan kabel fisik tanpa harus terhubung ke jaringan internet. Sayangnya, jika pengguna sebelumnya pernah memindahkan riwayat dan memiliki dua cadangan cloud terpisah, fitur pemindahan ini tak bisa menggabungkannya menjadi satu riwayat obrolan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *