Daftar 43 HP Yang Tak Bisa Lagi Gunakan WhatsApp

  • Whatsapp
HP Yang Tak Bisa Gunakan WhatsApp
Ilustrasi

WhatsApp, salah satu aplikasi pesan instan populer tak akan lagi bisa digunakan di ponsel – ponsel lama pada 1 November mendatang. WhatsApp memutuskan menghentikan dukungannya pada ponsel – ponsel keluaran lama yang membuat aplikasi dibawah naungan Facebook ini tak bisa lagi dinikmati oleh 43 merek ponsel.

Daftar 43 ponsel tersebut tak hanya dihuni oleh ponsel – ponsel Android namun juga ponsel besutan Apple iOS. Menurut laporan Sun, WhatsApp tak akan berfungsi lagi pada ponsel yang berjalan diatas Android 4.0 atau pada iPhone yang berjalan diatas Apple iOS 9.

Read More

Berikut daftar 43 HP yang tak bisa lagi gunakan WhatsApp mulai 1 November 2021

HP Tak Bisa Gunakan WhatsApp

Apple iPhone

iPhone SE (first generation), iPhone 6s and iPhone 6s Plus, yang tidak diperbaharui ke iOS 10.  

Samsung

Samsung Galaxy Trend Lite, Samsung Galaxy Trend II, Samsung Galaxy SII, Samsung Galaxy S3 mini, Samsung Galaxy Xcover 2, Galaxy Core and Galaxy Ace 2.

LG

LG Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus F5, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus L5 Dual, Optimus L3 II, Optimus L7,Optimus L7 II Dual, Optimus L7 II, Optimus F6, Enact , Optimus L4 II Dual, Optimus F3, Optimus L4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD and 4X HD, and Optimus F3Q.

Sony

Sony Xperia Miro, Sony Xperia Neo L, Xperia Arc S.

ZTE

ZTE Grand S Flex, ZTE V956, Grand X Quad V987 and Grand Memo.

Huawei

The Huawei Ascend Mate, Huawei Ascend G740, Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S and Ascend D2.

HP Tak Bisa Gunakan WhatsApp Lainya

Alcatel One Touch Evo 7, Archos 53 Platinum, HTC Desire 500, Caterpillar Cat B15, Wiko Cink Five, Wiko Darknight, Lenovo A820, UMi X2, Faea F1 and THL W8.

Selain menghentikan dukungan untuk ponsel – ponsel lama, WhatsApp juga dikabarkan akan memungkinkan penggunanya untuk mengenkripsi secara penuh cadangan pesan mereka. Rencana tersebut akan segera diluncurkan ke pengguna iOS dan Android dalam beberapa pekan mendatang.

Hal ini dimaksudkan untuk mengamankan cadangan yang sudah dikirim oleh pengguna WhatsApp ke Google Drive atau iCloud Apple, yang membuat cadangan tak akan dapat dibaca tanpa kunci enkripsi.

Nantinya, pengguna WhatsApp yang memilih cadangan terenkripsi akan diminta untuk menyimpan kunci enkripsi 64 digit atau membuat kata sandi yang terkait dengan kunci tersebut. Jika pengguna membuat sebuah password untuk kunci enkripsi akun mereka, WhatsApp akan menyimpan password tersebut dalam sebuah modul keamanan atau HSM yang dikelola oleh Facebook dan hanya dapat dibuka menggunakan password yang telah dibuat sebelumnya.

HSM akan bertindak layaknya brankas untuk mengenkripsi dan mendekripsi kunci digital. Setelah dibuka dengan kata sandi terkait, HSM akan menyediakan kunci enkripsi yang nantinya akan mendekripsi cadangan akun yang disimpan di server Apple atau Google.

Artikel Terkait WhatsApp:

Kunci yang disimpan di salah satu brankas HSM WhatsApp tak akan dapat diakses secara permanen jika upaya kata sandi berulang dilakukan. HSM sendiri terletak di pusat data milik Facebook yang tersebar di seluruh dunia untuk melindungi dari pemadaman internet.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *