Cara Menambah Durasi Status Video Whatsapp dengan Mudah

  • Whatsapp
cara menambah durasi status video Whatsapp

Aplikasi Whatsapp selain populer digunakan sebagai media chatting juga kerap digunakan oleh para penggunanya untuk membagikan story atau ceritanya kepada para teman Whatsapp-nya. Hal ini tentunya didukung oleh adanya fitur status yang disediakan oleh aplikasi satu ini. Sehingga, para pengguna bisa saling mengirim kabar secara tidak langsung kepada orang-orang di kontaknya.

Namun ada beberapa hal yang kerap mengganggu beberapa orang saat memanfaatkan fitur status Whatsapp ini, yaitu durasi videonya yang terbilang cukup singkat. Berbagi status dengan video memang kian menjadi favorit beberapa orang. Namun jika durasi video yang dihasilkan juga begitu singkat, hal tersebut tentunya bisa sangat mengganggu dan menyebalkan.

Read More

Umumnya, durasi video yang diizinkan oleh fitur Whatsapp satu ini hanya sekitar 30 detik saja. Waktu yang terlalu singkat untuk mengabadikan moment-moment tertentu yang istimewa. Namun bagi kamu pengguna Whatsapp jangan khawatir lagi, sebab artikel berikut akan memaparkan beberapa cara menambah durasi status video Whatsapp dengan mudah.

Cara Mengupload Foto Atau Video Di Status Whatsapp

cara menambah durasi status video Whatsapp

Mengabadikan moment-moment penting dan istimewa adalah suatu hal yang wajib bagi beberapa pengguna media sosial saat ini.Terutama mereka yang kerap mengandalkan aplikasi Whatsapp untuk berbagi cerita ke teman-teman terdekat yang ada di kontaknya.

Maka bukan tidak mengherankan lagi jika terbatasnya durasi video status yang disediakan oleh fitur yang ada di Whatsapp tersebut akan terasa menyebalkan, karena bisa saja banyak detail-detail dari suatu moment yang akhirnya tidak berhasil dibagikan dengan sempurna.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu tentunya butuh suatu trik cara menambah durasi status video Whatsapp di ponselmu. Namun sebelum melangkah ke bagian itu, bisa jadi kamu adalah pengguna Whatsapp yang juga baru saja mengetahui adanya fitur status di Whatsapp yang bisa sangat menyenangkan.

Bukan hal yang mustahil tentunya, karena beberapa orang memang mengaku baru-baru saja mengetahui bahwa Whatsapp ternyata bukan hanya untuk berkirim pesan antar person ke person, tapi juga bisa berbagi kabar melalui status. Jika kamu memang orangnya, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengupload foto atau video di status Whatsapp kamu.

Melalui Kamera Whatsapp

Ada sebuah fakta menarik dibalik cara upload status Whatsapp melalui kamera ponsel berikut ini, yaitu bahwa ada beberapa orang yang ternyata lebih sering menggunakan kamera yang ada di fitur status Whatsapp-nya untuk memotret suatu objek ketimbang menggunakan kamera bawaan ponselnya. Hal tersebut jika ditelisik lebih dalam ternyata memang cukup wajar.

Sebab selain ukuran foto atau video yang dihasilkan dari kamera status Whatsapp lebih kecil dibanding yang dihasilkan dari kamera bawaan ponsel, beberapa pengguna juga mengaku bahwa ada efek-efek kamera tertentu yang bisa membuat hasil jepretan dari kamera Whatsapp terlihat lebih memukau, meskipun jelas-jelas kualitas dan ukurannya berbeda. Kamu mungkin bisa membuktikannya sendiri. Namun tanpa lebih jauh membahas hal tersebut, berikut adalah cara mengupload status Whatsapp menggunakan kamera.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih menu Status yang ada di samping menu Chatting atau Obrolan. Kamu juga bisa cukup menggeser tab dari bagian Chatting ke Status.
  3. Pada opsi paling atas, ketuk bagian Status Saya dan mulailah membuat status video ataupun foto. Kamu juga bisa langsung menekan fitur kamera yang ada di bagian bawah layar halaman menu Status.

Melalui Galeri Ponsel

Selain mengabadikan moment secara langsung dengan kamera Whatsapp, kamu juga bisa mengakses video atau foto yang ingin kamu upload dari galeri ponselmu. Langkah-langkahnya pun termasuk cukup mudah, yaitu diantaranya:

  1. Buka galeri pada ponsel.
  2. Pilih video atau foto yang ingin diupload.
  3. Klik menu opsi pada foto/video tersebut yang biasanya ditandai dengan titik tiga. Namun jika opsi Bagikan atau Share sudah tersedia, maka silahkan langsung memilih opsi tersebut.
  4. Pilih Whatsapp sebagai media untuk membagikan, lalu klik pada kolom Status Saya.
  5. Secara otomatis video/fotomu akan siap untuk diupload, namun tentunya durasi video akan dipangkas menjadi 30 detik.

Cara Menambah Durasi Status Video Whatsapp

Setelah mengetahui langkah-langkah mengupload video ke status Whatsapp, selanjutnya yaitu mengetahui trik-trik tertentu untuk mengupload video dalam durasi yang lebih lama. Ada beberapa cara yang umumnya bisa digunakan dalam hal ini. Berikut adalah cara menambah durasi status video Whatsapp tersebut yang bisa kamu lakukan.

Menambah Durasi Status Video Whatsapp Menggunakan Format GIF

Pada dasarnya, video yang dapat diupload ke status Whatsapp bisa berupa format asli atau format orisinil dari video tersebut maupun dalam format GIF. GIF sendiri adalah singkatan dari Graphics Interchange Format, salah satu format foto yang banyak digunakan di komputer. Format ini biasanya digunakan untuk menghasilkan format foto yang bergerak sehingga nampak seperti video. Adapun cara menambah durasi status video Whatsapp dengan menggunakan GIF, yaitu sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, download dan install terlebih dahulu aplikasi GIF Maker di Playstore.
  2. Setelah itu, buka aplikasi dan pada menu utama aplikasi pilih menu Video to Gif untuk mengkonvert video kedalam format GIF.
  3. Selanjutnya, cari video yang akan kamu convert ke dalam format GIF di ponselmu, lalu klik video tersebut.
  4. Kemudian silahkan mengatur durasi video yang diinginkan.
  5. Tunggu prosesconvert-nya hingga selesai.
  6. Jika sudah berhasil, hasil video GIF kamu tersebut sudah bisa diupload ke status Whatsapp.

Namun, bagi kamu yang ingin menggunakan cara ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelumnya. Sebab jangan sampai hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan ekspektasimu.Beberapa hal yang perlu ditekankan tersebut, diantaranya bahwa format GIF pada dasarnya adalah format gambar yang dibuat seolah-olah bergerak. Oleh sebab itu, jangan kaget jika hasil convert videomu ke dalam bentuk GIF malah menghasilkan video yang tidak memiliki suara.

Menambah Durasi Status Video Whatsapp Menggunakan Teknik Split

Cara split ini mungkin bisa dibilang cara menambah durasi status video Whatsappdengan memotong video ke dalam beberapa bagian dengan durasi yang sama, yang tak lain selama 30 detik. Namun, jika kamu memotong videonya dengan cara yang sempurna, hasil video status yang kamu hasilkan di Whatsapp juga akan terasa seperti satu durasi video yang panjang. Untuk menghasilkan potongan-potongan video yang pas, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi Video Splitter untuk Status Whatsapp dan Instagram. Dengan memanfaatkan fitur Split Video yang ada di dalamnya, kamu akan menghasilkan potongan-potongan video 30 detik yang sempurna untuk dijadikan status Whatsapp.

Baca Juga : Cara Mengganti Nomor Whatsapp Tanpa Mengganti Akun

Menambah Durasi Status Video Whatsapp Ketika Ponsel Sudah Root

Jika ponselmu sudah dalam keadaan root, atau semua akses di sistem Android telah terbuka, maka secara otomatis akan ada berbagai macam aplikasi tambahan yang bisa digunakan. Salah satunya yaitu aplikasi WA Tweaks. Aplikasi ini adalah aplikasi tiruan Whatsapp yang memungkinkan kamu membuat status video dengan durasi panjang. Adapun cara menambah durasi status video Whatsapp ketika hp sudah root, yaitu cukup dengan mengunduh dan membuka aplikasi WA Tweaks tersebut, lalu pilih opsi Lewati 45 Detik Media Limit. Dengan begitu, kamu sudah bisa mengupload video panjangmu ke status akun Whatsapp-mu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *